Gingivektomi dan Gingivoplasty

Gingivektomi dan Gingivoplasty

Global Estetik – Prosedur gigi ini agak unik karena mencakup lebih dari satu prosedur khusus. Sementara gingivektomi dan gingivoplasti melibatkan eksisi bedah jaringan gusi, gingivektomi dilakukan untuk menghilangkan jaringan gusi yang sakit yang mengelilingi “kantong” atau celah pada gusi dan gingivoplasty dilakukan untuk membentuk kembali jaringan gusi – terkadang dilakukan setelah gingivektomi.

Gingivektomi adalah operasi pengangkatan gingiva (yaitu jaringan gusi). Proses gingivektomi diperlukan saat gusi mulai menjauh dari gigi yang menciptakan semacam pocket (kantong) yang cukup dalam. Kantong-kantong itu menyulitkan membersihkan plak dan kotoran. Gingivektomi biasanya dilakukan sebelum penyakit gusi telah merusak tulang yang menopang gigi. Prosedur ini melibatkan penghilangan dan pembentukan kembali jaringan gusi yang sakit dan terlepas untuk menyingkirkan pocket di antara gigi dan gusi. Dengan mengeluarkan dinding pada kantong tersebut, gingivektomi memberikan visibilitas dan aksesibilitas untuk menghilangkan kalkulus dan menghaluskan akar gigi secara menyeluruh. Ini menciptakan lingkungan yang menguntungkan untuk penyembuhan gingiva dan pemulihan kontur gingiva. Meskipun gingivektomi pada awalnya dikembangkan untuk mengobati penyakit periodontal, sekarang ini telah menjadi trend dalam bedah kosmetik yang umum di kalangan masyarakat. Hal ini digunakan untuk menghilangkan jaringan gusi yang tumbuhberlebihan  dan memperbaiki penampilan gusi.

Gingivektomi dan Gingivoplasty- Global Estetik Dental Care
Gingivektomi dan Gingivoplasty- Global Estetik Dental Care

Gingivoplasty adalah pembentukan jaringan gusi di sekitar gigi. Hal ini sering dilakukan hanya untuk membuat gusi terlihat lebih baik. Gusi mungkin memiliki bentuk yang tidak biasa atau mungkin tidak terbentuk secara normal. Penyebabnya bisa termasuk gen, penyakit, atau trauma. Gingivoplasty membentuk kembali gusi agar terlihat lebih alami. Sering dilakukan sendiri, tapi bisa dilakukan selama atau setelah gingivektomi. Gingivoplasty juga bisa dilakukan bersamaan dengan prosedur graft gusi (gum graft). Jenis operasi ini menambahkan jaringan ke garis gusi.

 

Proses Gingivektomi 

Operasi ini biasanya dilakukan dengan pisau bedah; Namun, dalam beberapa kasus, laser dengan frekuensi rendah dapat digunakan sebagai gantinya. Jaringan yang sakit akan dipangkas dan diangkat, gusi yang tersisa akan disambungkan di dalam dan sekitar gigi dengan jahitan kemudian daerah tersebut dibersihkan dengan larutan garam dan kumur khusus. Anestesi lokal digunakan untuk menjaga kenyamanan pasien selama prosedur berlangsung.

Setelah prosedur selesai, kain kasa akan ditempatkan di dalam dan sekitar gigi dan gusi. Pembalutan ini dibiarkan di tempat selama sekitar satu minggu. Berkumur dengan obat kumur antibakteri bisa membantu dalam mempercepat proses penyembuhan.

Pasca Operasi

Sebagian besar pasien dapat kembali ke kebiasaan rutin perawatan oral normal dalam waktu kurang dari sebulan setelah prosedur ini. Pemeriksaan rutin dengan dokter gigi atau periodontis untuk memastikan bahwa operasi telah dilakukan dengan sempurna. Dokter gigi pilihan anda yang melakukan operasi mungkin ingin menindaklanjuti dengan kunjungan setiap tiga bulan, dan setidaknya melakukan kunjungan kesehatan preventif dua kali untuk membersihkan di dan sekitar tempat bedah.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat