Gigi Palsu Tanam Depok

Gigi Palsu Tanam Depok

Gigi Palsu Tanam Depok

Yuk Simak!

globalestetik.com – Seiring bertambahnya usia pasti gigi seseorang mengalami beberapa permasalahan, serta tak jarang banyak gigi yang tanggal akibat bertambahnya usia. Namun karena canggihnya teknologi membuat hal ini bisa diatasi. Jika gigi seseorang lepas, orang tersebut akan merasa malu atau tidak percaya diri ketika berbicara. Untuk mengatasi hal ini seseorang dapat melakukan pemasangan gigi palsu.

Apa itu gigi palsu?

Gigi Palsu Tanam Depok – Gigi palsu atau implan gigi merupakan solusi untuk mengatasi gigi yang ompong. Gigi yang ompong akan membuat seseorang kesulitan untuk mengunyah makanan tertentu. Penggunaan gigi palsu banyak di pilih oleh seseorang sebab untuk memasang gigi palsu memiliki harga yang relatif murah. Selain efektif dalam membantu mengembalikan fungsi gigi, gigi implan maupun gigi palsu juga dapat digunakan untuk memperbaiki penampilan.

Apakah perbedaan gigi palsu dan implan gigi?

Gigi Palsu Tanam Depok – Gigi palsu dan implan gigi merupakan suatu proses yang berbeda, namun keduanya memiliki fungsi yang hampir sama. Akan tetapi keduanya memiliki berberapa perbedaan yang bisa dilihat dari kelebihan dan juga kekuragan gigi palsu maupun implan gigi.

Berikut ini kelebihan dan kekurangan gigi palsu dan juga implan gigi:

#Gigi Palsu

Gigi palsu memiliki kelebihan seperti,

  • Harga relatif lebih murah,
  • Proses pengerjaannya cepat,
  • Tidak memerlukan pembedahan,
  • Bisa digunakan oleh semua orang.

Kekurangan gigi palsu,

  • Harus dilepas saat dibersihkan,
  • Jika pembuatannya tidak baik, akan membuat gigi palsu kurang stabil dan longgar saat digunakan untuk mengunyah,
  • Warna gigi yang berasal dari bahan akrilik dapat memudar, sehingga membuat penampilan seseorang terlihat kurang maksimal,
  • Tidak bisa digunakan untuk mengkonsumsi makanan bertekstur keras,
  • Gigi palsu yang tidak baik akan menyebabkan sariawan,
  • Timbul rasa sakit saat pemasangan gigi palsu dan juga saat pelepasan gigi palsu.

#Implan gigi

Implan gigi dinilai lebih nyaman digunakan daripada gigi palsu. Akan tetapi implan gigi tidak bisa digunakan oleh semua orang. Berikut ini kelebihan implan gigi:

  • Memberikan kenyamanan yang lebih daripada penggunaan gigi palsu,
  • Tidak beresiko longgar ataubahkan lepas, hal ini dapat terjadi sebab implan gigi ditanam secara permanen pada rahang,
  • Dapat digunakan untuk mengkonsumsi makanan bertekstur keras.

Kekurangan implan gigi:

  • Tidak disarankan bagi pasien dengan penderita sistematik, seperti diabetes,  dan jantung,
  • Hanya bisa dilakukan pada jaringan gigi yang sehat,
  • Biaya yang dikeluarkan untuk memasang implan gigi relatif lebih mahal daripada memasang gigi palsu,
  • Waktu pengerjaannya lebih lama, sekitar 3 bulan.

Jika ditanya mana yang lebih baik, hal ini tergantung pada kondisi medis serta kemampuan finansial seseorang. Untuk melakukan pemasangan gigi palsu maupun implan gigi ada baiknya seseorang untuk mengkonsultasikan terlebih dulu dengan dokter, untuk mengetahui lebih lanjut akan efek samping yang mungkin dapat terjadi setelah pemasangan gigi palsu atau implan gigi.

Implan gigi atau gigi tanam adalah titanium yang ditanam pada rahang gigi, hal ini dilakukan untuk mengantikan bagian akar. Gigi tanam akan mengurangi ketidaknyamanan seseorang saat menggunakan gigi palsu, sebab seseorang tidak perlu takut gigi akan lepas saat digunakan untuk berbicara atau saat digunakan untuk makan.

Berapa lama tanam gigi dapat bertahan?

Gigi Palsu Tanam Depok – Biaya tanam gigi-Tanam gigi tidak rentan terhadap pengeroposan,namun hal ini akan menyebabkan permasalahan pada gigi jika gigi tidak dirawat dengan baik. Seperti halnya gigi asli, gigi tanam juga perlu dibersihkan guna menjaga kesehatan gigi dan mulut. Tanam gigi dapat bertahan lama bahkan dapat bertahan secara permanen jika seseorang rajin menjaganya dan juga mengurangi beberapa aktivitas yang dapat menyebabkan kerusakan gigi.

Apa keuntungan pengunaan tanam gigi?

  • Memberikan kenyamanan, gigi tanam dapat memberikan kenyaman bagi seseorang akibat pemasangan gigi palsu.
  • Makan lebih nyaman, pasien penguna gigi palsu yang sempurna akan membuat seseorang merasakan efisiensi sebesar 15-20% dibandingkan dengan gigi asli. Dengan mengecilkan tulang rahang, efisiensi mengunyah jauh berkurang, membuat seseorang kesulitan makan makanan tertentu. Lain halnya dengan gigi palsu gigi tanam akan membuat seseorang memiliki kemampuan mengkonsumsi makanan yang hampir sama dengan gigi asli.
  • Miningkatkan penampilan, jika gigi seseorang lepas akan membuat tulang mengecil, hal ini akan membuat wajah tampak lebih tua. Tanam gigi dapat dilakukan untuk mencegah proses ini. Jika seseorang memiliki tampilan yang baik akan membuat seseorang membuat seseorang lebih percaya diri.

Apa saja prosedur implan gigi?

  • Pencabutan gigi yang rusak. Apabila gigi masih terdapat sisa-sisa kecil, biasanya dokter akan menyarankan pasien untuk mencabut sisa-sisa gigi tersebut. Pencabutan gigi bisa dilakukan dengan cara biasa atau dengan cara pembedahan.
  • Pencangkokan tulang rahang. Pencangkokan tulang rahang biasanya dilakukan apabila tulang rahang tidak tebal atau telalu lunak jika dilakukan pemasangan implan gigi. Pemasangan implan gigi  biasanya dilakukan pada tulang rahang yang paling kokoh. Tulang yang dicangkok kebanyakan berasal dari tulang anggota tubuh lainnya. Proses penyatuan tulang rahang dengan tulang lainnya memerlukan waktu beberapa bulan, hingga kedua tulang dapat melekat dengan sempurna. Jika tulang yang dicangkok hanya sedikit proses ini bisa dilakukan bersamaan dengan pemasangan implan gigi.
  • Pemasangan implan gigi di tulang rahang. Jika tulang rahang pasien sudah siap untuk dipasangi implan, gusi pasien akan dibuka dengan proses pembedahan. Setelah gusi terbuka dokter akan melubangi tulang rahang dengan alat khusus. Lubang ini akan dipasangi implan yang berfungsi sebagai akar gigi. Setelah proses ini selesai pasien dapat menunggu tulang rahang tumbuh dengan baik, sehingga pasien dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya. Umumnya tahap ini memerlukan waktu sekitar 6-12 Minggu. Selama proses penyatuan tulang dan implan, gusi yang digunakan untuk melakukan pemasangan implan akan menutup kembali. 
  • Pemasangan abutment atau penyangga. Penyangga merupakan bagian yang menghubungkan implan gigi dengan mahkota gigi. Proses ini biasanya dilakukan setelah pemasangan implan gigi.Pemasangan penyangga dapat dilakukan dengan melakukan tindakan  operasi gusi minor. Gusi akan dibuka, kemudian penyangga akan dipasangkan ke permukaan implan. Setelah selesai gusi dapat ditutup kembali dengan meninggalkan penyangga. Sebelum mahkota dipasang, gigi harus sembuh terlebih dahulu. Proses penyembuhan gusi umumnya memakan waktu sekitar 2 Minggu.
  • Pemasangan mahkota gigi buatan. Setelah gusi sembuh, pasien dapat melanjutkan tahap berikutnya yaitu pemasangan mahkota gigi.Mahkota gigi buatan dapat dipasang secara permanen atau ada juga yang secara sementara. Mahkota gigi sementara dapat dipasang dan dilepas ketika akan dibersihkan, sedangkan mahkota gigi permanen akan ditempelkan dengan penyangga dengan  menggunakan semen khusus.

Itulah beberapa tahapan yang akan dijalani pasien ketika akan melakukan pemasangan implan gigi. Untuk menjaga kesehatan implan gigi pasien dapat menerapkan beberapa cara seperti berikut ini, seperti:

  • Menjaga kebersihan gigi dan mulut,
  • Hindari kebiasaan yang dapat merusak mahkota gigi,
  • Rutin memeriksakan kondisi gigi dengan dokter.

Penggunaan implan gigi yang sesuai dengan anjuran dokter akan membuat implan gigi tidak mudah rusak, selain itu implan gigi yang bagus akan memberikan manfaat yang maksimal bagi kesehatan gigi dan mulut.

 

Global Estetik Cabang Depok di

Gedung ITC Depok Lantai Mezanine No.1 ( *Persis di Sebelah Samsat ITC Depok Di Dalam Gedung ITC nya yaa..* )

Telpon Klinik: 021 2931 8795 

https://wa.me/6285775569694

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00

Rute Gmaps : https://www.google.co.id/maps/dir/-6.3910531,106.8296376/global+estetik+itc+depok/@-6.3926825,106.8217773,16z/data=!3m1!4b1!4m9!4m8!1m1!4e1!1m5!1m1!1s0x2e69ebe1acdf3707:0x44a5e05c694dad46!2m2!1d106.8226318!2d-6.3926372 

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik

Kotak Depok – https://globalestetik.com/kota-depok/

 

Penulis oleh Drg. Arnof.