GIGI PALSU BOGOR DEPOK

 

 

Apa itu gigi palsu?

Gigi Palsu Bogor Depok – Denture atau gigi palsu adalah sebuah alat bantu yang dipasang guna menggantikan gigi yang hiang atau rusak dan jaringan gusi di sekelilingnya. Gigi palsu biasanya terbuat dari bahan-bahan seperti aklirik, nilon, resin flexi, kerangka logam, atau jenis bahan lainnya yang memenuhi standar bahan pembuatan gigi palsu.

 

gigi palsu bogor depok

gigi palsu bogor depok

 

Gigi Palsu Bogor Depok – Secara umum terdapat dua jenis gigi palsu yaitu gigi palsu yang dapat dilepas sewaktu-waktu (gigi palsu lepasan) dan gigi palsu yang terpasang secara permanen (gigi palsu permanen). Selanjutnya, gigi palsu yang dapat dilepas terbagi lagi menjadi dua jenis yaitu gigi palsu sebagian dan gigi palsu lengkap. Gigi palsu sebagian digunakan hanya untuk mengganti satu atau beberapa gigi yang hilang dan rusak. Sementara itu, gigi palsu lengkap digunakan untuk mengganti seluruh gigi, baik gigi bagian atas maupun gigi bagian bawah.

Apa tujuan pemasangan gigi palsu?

Gigi Palsu Bogor Depok – Pemasangan gigi palsu dilakukan dengan beberapa tujuan, yaitu menggantikan gigi yang hilang akibat berbagai penyebab, seperti gigi patah atau gigi abnormal yang posisinya mengganggu gigi lainnya. Selain itu, dengan pemasangan gigi palsu juga dapat memperbaiki fungsi mengunyah dan berbicara pada orang yang kehilangan gigi, memperbaiki penamplan dan meningkatkan rasa kepercayaan diri saat melakukan kontak sosial, serta melindungi gigi yang masih tersisa. Kondisi gigi yang rusak oleh karang gigi mudah menjalar ke gigi sekitarnya akibat bekteri yang terdapat pada karang gigi sehingga pemasangan gigi palsu dapat melindungi gigi yang masih tersisa.

 

 

Bagaimana prosedur pemasangan gigi palsu?

Prosedur pemasangan gigi palsu terdiri dari dua tahap, yaitu tahap prapemasangan dan tahap pemasangan. Berikut adalah prosedur pada tahap prapemasangan gig palsu.

  1. Pertama, dokter gigi akan mengukur rahang pasien terlebih dahulu. Selanjutnya, dokter gigi akan membuat model gigi palsu dari lilin untuk dicoba oleh pasien. Model lilin ini memiliki fungsi untuk mencocokkan bentuk gigi palsu dengan rahang pasien sebelum gigi palsu dicetak.
  2. Pasien yang akan menggunakan gigi palsu lengkap akan menjalani proses pencabutan gigi yang masih tersisa sesuai dengan kondisi gigi dan rahang pasien. Sementara pasien yang akan memasang jenis gigi palsu sebagian tidak perlu menjalani tindakan pencabutan gigi terlebih dahulu.
  3. Ketiga, dokter akan mencetak gigi palsu dari bahan plastic, nilon, atau logam, sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pasien. Setelah gigi palsu dicetak, selanjutnya dokter akan memeriksa kondisi kesehatan mulut pasien sebelum melakukan proses pemasangan.
Baca Juga :  Bersihin Karang Gigi Bandung

Kemudian terdapat dua jenis pemasangan gigi palsu yaitu pemasangan gigi palsu sebagian dan gigi palsu lengkap. Pemilihan gigi palsu sebagian dan gigi palsu lengkap disusuaikan dengan kondisi dan kebutuhan pasien. Berikut adalah prosedurnya:

  1. Prosedur pemasangan gigi palsu sebagian

Pemasangan gigi palsu sebagian dilakukan ketika ada satu atau beberapa gigi yang hilang, tetapi pasien masih memiliki beberapa gigi tetap yang sehat baik di rahang atas maupun rahang bawah. Gigi palsu sebagian dipasang dengan cara dikaitkan ke gigi tetap yang masih sehat dengan menggunakan pengait logam.

  1. Prosedur pemasangan gigi palsu lengkap

Pemasangan gigi palsu lengkap dilakukan ketika semua gigi atas atau gigi bawah perlu dicabut. Gigi palsu lengkap dapat dipasang setelah dilakukan pencabutan pada gigi asli (immediate denture). Immediate denture memerlukan beberapa penyesuaian. Hal tersebut dikarenakan tulang dan gusi pasien akan mengecil selama proses penyembuhan setelah cabut gigi. Dokter akan menunggu untuk memasang gigi palsu lengkap sampai kondisi gusi benar-benar sembuh (conventional denture).

Dokter akan menggunakan lem khusus untuk menempelkan gigi palsu ke rongga mulut. Penggnaan le mini berguna untuk menjaga posisi gigi palsu dan menjaga kestabilan gigi saat menggigit, serta membantu gigi palsu lebih menempel pada penderita mulut kering. Penggunaannya cukup mudah yaitu dengan mengoleskan sedikit demi sedikit lem secara merata ke seluruh permukaan gigi palsu. Jika diperlukan, lem akan ditambahkan secara bertahap sampai gigi palsu menempel dengan sempurna.

 

gigi palsu di bogor depok

gigi palsu di bogor depok

 

Hal apa sajakah yang perlu diperhatikan setelah menggunakan gigi palsu?

Menggunakan gigi palsu bukanlah hal yang mudah. Perlu adanya adaptasi dan penyesuaian gigi palsu terhadap rongga mulut setelah dilakukan pemasangan. Berikut ini adalah beberapa hal yang peru diperhatikan sebelum menggunakan gigi palsu:

  1. Makan dengan menggunakan gigi palsu mungkin akan terasa tidak nyaman. Hal tersebut akan berlangsung sampai beberapa waktu hingga gigi palsu mampu beradaptasi dengan rongga mulut. Untuk membiasakan kondisi tersebut membaik, sebaiknya mulailah makan dengan makanan yang lunak yang dipotong secara kecil-kecil. Kemudian kunyah makanan secara perlahan di kedua sisi mulut.
  2. Setelah menggunakan gigi palsu, pasien mungkin akan kesulitan dalam berbicara dan mengucapkan sejumlah kata. Kesulitan tersebut dapat diatasi dengan sering berlatih bebrbicara dan mengucapkan kata atau kalimat yang sulit diucapkan. Akan tetapi, apabila keluhan tersebut terus berlanjut, sebaiknya periksakanlah ke dokter.
  3. Untuk beberapa hari pertama, pasien mungkin akan disarankan untuk tetap menggunakan gigi palsu saat tidur. Hal tersebut bertujuan agar pasien dapat mengetahui bagan mana dari gigi palsu yang butuh penyesuaian. Selanjutnya, setelah gigi palsu bisa melakukan penyesuaian, pasien dapat melepaskan gigi palsu saat tidur sehingga gusi dapat beristirahat dengan baik.
  4. Apabila gigi palsu terasa goyah dan menimbulkan rasa tidak nyaman atau luka di gusi, disarankan segera untuk melakukan pemeriksaan ke dokter gigi. Pemeriksaan juga diperlukan apabila pasien menggunakan banyak lem gigi palsu. Kedua hal tersebut dapat menandakan bahwa gigi palsu lebih membutuhkan penyesuaian atau kemungkinan perlu diganti yang baru.
Baca Juga :  [Bagian Pertama] Ludwig's Angina Bukan Nama Orang tapi Apa ?

Bagaimanakah cara melakukan perawatan pada gigi palsu?

Menggunakan gigi palsu perlu dilakukan perawatan yang intens. Hal tersebut dilakukan agar mulut tetap bersih dan penggunaan gigi palsu tidak mendatangkan kuman dan bakteri di dalam mulut. Berikut adalah cara yang dapat dilakukan pasien untuk merawat gigi palsu agar tetap bersih dan kondisi mulut tetap sehat:

  1. Lepaskan gigi palsu setiap malam saat tidur agar gusi dan mulut dapat beristirahat dengan baik.
  2. Lepaskan gigi palsu dari mulut secara perlahan.
  3. Kemudian bersihkan gusi, lidah, dan langit-langit pada mulut dengan menggunakan sikat gigi yang lembut agar terasa nyaman.
  4. Bersihkan sisa-sisa lem dari gusi apabila pemasangan menggunakan lem gigi palsu.
  5. Bersihkan gigi palsu dengan menggunakan sikat dan pembersih khusus untuk untuk gigi palsu secara perlahan.
  6. Basuh gigi palsu dengan menggunakan air bersih.
  7. Simpan gigi palsu di dalam wadah berisi air bersih apabila tidak sedang digunakan. Perlu diperhatikan, jangan merendam gigi palsu di dalam air yang terlalu panas karena dapat menyebabkan gigi palsu rusak.
  8. Lakukan pemeriksaan gigi secara rutin. Jika terdapat keretakan pada gigi palsu, segera periksakan ke dokter gigi untuk dilakukan perbaikan atau diganti dengan gigi palsu yang baru.

 

Global Estetik Cabang Bogor di

Jl.KS Tubun No.19

Kelurahan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara,

Kota Bogor.16151,Sebelah Toko Herbal Nabawi (Persis diseberang Pintu Keluar Informa Bogor)

Telpon Klinik: 0857-7145-2584

https://wa.me/6285771452584

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00

Rute Google Maps

https://www.google.com/maps/dir//Jl.+K+S+Tubun+No.19,+RT.03%2FRW.02,+Cibuluh,+Kec.+Bogor+Utara,+Kota+Bogor,+Jawa+Barat+16151/@-6.5668256,106.8074394,17z/data=!4m8!4m7!1m0!1m5!1m1!1s0x2e69c4227acab565:0x6dc5a7b05f66cd66!2m2!1d106.8096281!2d-6.5668256

 

Dan

 

Global Estetik Cabang Depok

Gedung ITC Depok Lantai Mezanine No.1 ( Persis di Sebelah Samsat ITC Depok Di Dalam Gedung ITC nya yaa.. )

Telpon Klinik: 021 2931 8795

https://wa.me/6285775569694

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00

Rute Gmaps : https://www.google.co.id/maps/dir/-6.3910531,106.8296376/global+estetik+itc+depok/@-6.3926825,106.8217773,16z/data=!3m1!4b1!4m9!4m8!1m1!4e1!1m5!1m1!1s0x2e69ebe1acdf3707:0x44a5e05c694dad46!2m2!1d106.8226318!2d-6.3926372

 

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik

 

Penulis oleh Drg. Arnof