Gigi Bionik, Masa Depan Kedokteran Gigi? – Part 2

dokter gigi depok

Gigi Bionik, Masa Depan Kedokteran Gigi? – Part 2

Global Estetik – CAD-CAM dan teknik pencetakan 3D yang akurat dapat mengancam gagasan laboratorium gigi tradisional, dengan mahkota dibuat dalam sehari dan mungkin implan gigi dan gigi palsu yang diproduksi hanya dalam hitungan detik di masa depan, tetapi John Battersby menunjukkan bahwa bahkan dengan ‘sci-fi ‘teknologi peran teknisi gigi akan tetap penting.

Sementara generasi digital merasa nyaman dengan teknik dan peralatan baru, sebagian besar dokter gigi masih berlatih seperti yang diajarkan di sekolah kedokteran gigi, sehingga adopsi teknologi baru jauh lebih lambat daripada penemuannya:’ Alih-alih menjadi al;asan matinya lab gigi tradisional, teknologi digital, dan terutama bahan-bahan terbaru dan teknologi manufaktur cenderung melihat permintaan yang meningkat untuk prostetik dan pemulihan kerja karena mereka membawa mereka dalam jangkauan lebih banyak orang.

Namun, bisakah kita secara akurat memprediksi apa masa depan pencetakan 3D mungkin di toko untuk kedokteran gigi? Walmsley tidak berpikir: ‘Dalam beberapa hal, imajinasi kita tentang apa yang dapat kita lakukan belum sepenuhnya berhasil dengan teknologi ini.’ Ini tidak semua tentang teknologi besar sekalipun dan di zaman di mana segala sesuatu dari laptop ke ponsel semakin kecil, ‘wearable tech’ seperti kacamata, jam tangan dan pakaian bisa menjadi hal yang biasa.

Regenerasi biologis

Salah satu bidang pengembangan yang paling menarik dalam kedokteran gigi, bagaimanapun, adalah dalam regenerasi gigi dan pencegahan karies. Tanpa harus melihat terlalu jauh ke masa depan, penggantian bioaktif untuk dentin mengubah cara dokter gigi melawan pembusukan dan berpikir tentang perawatan gigi, seperti Profesor Alastair Sloan menyarankan: ‘Saya melihat perkembangan restorasi aktif secara biologis – penambalan yang memanfaatkan perbaikan alami memproses atau mendorong perbaikan. ‘

Gigi Bionik- Global Estetik Dental Care
Gigi Bionik- Global Estetik Dental Care

Sebagian besar obat regeneratif masa depan terletak pada penelitian sel induk dan kita masih belum melihat dampak penuh teknologi sel induk. Jadi apakah kita akan dapat menumbuhkan gigi baru dalam waktu 50 tahun? Pusat penelitian Dr. Ana Angelova Volponi saat ini menemukan sumber sel punca mesenkimal yang mampu mempertahankan kemampuan pembentukan gigi dan dapat dengan mudah diperluas dalam pengaturan laboratorium: ‘Penelitian yang berfokus pada menghasilkan “biotooth” telah membuat langkah besar ke depan dengan menggunakan manusia sel-sel induk gingiva dewasa sebagai salah satu sumber dalam penciptaan keseluruhan biotooth, di mana semua bagian anatomi gigi harus ada.

Pendekatan regeneratif untuk periodontologi berkembang pesat, seperti Dr Angelova Volponi menegaskan: ‘Seringkali kita melihat kombinasi terapi berbasis sel, terapi gen dan aplikasi perancah untuk memberikan sel dan gen untuk regenerasi periodontal – bahkan perancah cetakan 3D telah terbukti berguna dalam bidang ini.’

 

 

 

Sumber: Nature

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat