Gigi Berlubang Anak Pusingkan Orang Tua? Coba Tips Ini

klinik gigi bandung gigi berlubang anak

Gigi Berlubang Anak Pusingkan Orang Tua? Coba Tips Ini

Global Estetik – Untuk pencegahan gigi berlubang anak, cobalah untuk menyapih bayi dari usia 1 tahun. Perlahan gantilah susu atau minuman bergula dengan air putih, bila bayi perlu minum dari botol sebelum tidur. Hal ini akan mencegah gigi anak berlubang.

Pemberian air putih dan pembersihan mulut setelah anak minum susu botol, dengan cara pemberian botol yang diisi air putih, atau dengan cara berkumur apabila sdh bisa berkumur.

Mengedot Alasan Utama Gigi Berlubang Anak

Usahakanlah untuk tidak memberikan susu pada anak ketika hendak tidur. Orang tua harus rajin membersihkan gigi anak sedini mungkin,sebaiknya di saat gigi anak sudah tumbuh dibersihkan kapas yang dibasahi dengan air hangat agar kerusakan gigi tidak semakin parah.

gigi berlubang anakApabila gigi sudah terlanjur rusak segera dibawa ke dokter gigi anak untuk dilakukan perawatan gigi. Dilakukan upaya preventif dengan DHE (dental health education), yaitu penyuluhan kepada orangtua, pemberian fluor pada gigi (topical aplikasi), kontrol diet makanan, pemeriksaan berkala tiap 4 bulan ke dokter gigi.

Tip Agar Gigi Berlubang Anak Dapat Ditangkal

  • Kurangi penggunaan dot : jika terlalu lama menghisap dot ataupun minum susu dari botol, maka akan berdampak bagi susunan gigi berlubang anak, jika anak sudah usia 2 tahun diusahakan minum susu dari gelas.
  • Kurangi konsumsi makanan manis : batasi pemberian sirup dan es krim yang mengandung gula, kebiasaan mengkonsumsi makanan manis, permen coklat akan mengakibatkan gigi berlubang.
  • Perbanyak asupan vitamin dan suplemen gigi : asupan vitamin yang banyak akan membuat gigi kuat dan gusi sehat. Pemberian fluor dan kalsium merupakan unsure penting dalam pembentukan gigi dan tulang. Fluor diperlukan untuk mengurangi timbulnya kerusakan gigi dan mencegah karies.
  • Sikat gigi secara rutin : menyikat gigi 2x sehari, pagi hari dan sebelum tidur, untuk anak sampai usia 5 tahun di malam hari, orangtua lah sebaiknya yang menyikat gigi agar pembersihan bisa maksimal.
  • Berkunjung ke dokter gigi : biasakan anak-anak untuk berkunjung dokter gigi 4 bulan sekali, agar kesehatan dan pertumbuhan gigi bisa terpantau.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat