Gigi Behel Depok

Gigi behel depok

Gigi behel depok

 

Gigi Behel Depok

Gigi behel depok – Sering mendengar istilah behel gigi? Sebenarnya apa sih behel gigi itu? Apa saja jenis-jenisnya? dan apa tujuan dari pemakaiannya? Mari simak informasi berikut agar lebih paham ya guys.

Gigi behel depok – Kawat gigi atau lebih dikenal dengan istilah behel, dalam bahasa Inggris: dental braces, merupakan salah satu alat yang digunakan dan diterapkan pada gigi untuk mendapatkan susunan gigi yang ideal. Kawat gigi bekerja dengan cara memberikan tekanan pada gigi kemudian secara perlahan menggerakkan gigi ke posisi idealnya. Behel atau kawat gigi saat ini bukan hanya sekedar metode yang digunakan untuk kesehatan dan perbaikan gigi saja tetapi juga untuk kecantikan. Tak jarang mereka yang sudah memiliki gigi yang rapi tetap berminat untuk melakukan prosedur ini. 

Lalu, apa saja jenis Behel atau kawat gigi ini?

Behel gigi depok – Menurut cara pengunaannya, behel atau kawat gigi dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu jenis permanen yang tidak bisa dilepas pasang dan jenis lepasan yang bisa dilepas dan dipasang kembali. Lebih mendalam, masing-masing jenis kawat ini terbagi lagi ke dalam beberapa jenis yang lebih spesifik. Apa saja jenisnya? Berikut adalah penjelasannya.

A. Kawat Gigi Permanen

Kawat gigi permanen memiliki beberapa jenis di antaranya: 

  • Kawat Gigi Metal atau Metal Braces

Kawat gigi metal atau metal braces adalah salah satu behel gigi yang paling populer digunakan. Kawat ini bercirikan memiliki karet warna-warni. Kawat gigi jenis ini terdiri dari bracket dan kawat atau wire yang terbuat dari bahan metal anti karat dan berbentuk karet yang berwarna-warni untuk mengikat kawat pada bracket. Jenis kawat gigi ini menjadi paling populer salah satunya dikarenakan harganya paling murah.

  • Kawat Gigi Keramik atau Ceramic Braces

Kawat gigi ceramic memiliki karakteristik yang hampir sama dengan kawat gigi metal. Hal yang membedakan adalah warna bracket dan kawat atau wire pada jenis ini menyerupai warna gigi sehingga lebih terlihat alami dan tidak mencolok. Bahan yang digunakan untuk bracket pada jenis ini adalah keramik. Kawat gigi keramik memiliki harga lebih mahal dari kawat gigi metal. Hal ini disebabkan kawat keramik memang bahannya lebih bagus dari kawat gigi metal.

  • Kawat Gigi Lingual atau Lingual Braces

Kawat gigi lingual merupakan kawat gigi yang meliputi bracket dan kawat atau wire yang dipasang pada permukaan gigi bagian dalam. Dengan demikian kawat gigi lingual ini tidak akan terlihat dari luar.

  • Kawat Gigi Self Ligating

Kawat gigi self ligating ialah kawat gigi permanen yang paling nyaman digunakan karena tidak menimbulkan rasa sakit. Hal itu disebabkan pergerakan kawat gigi ini berbeda dengan kawat gigi lainnya, sehingga rasa sakit yang dialami pasien lebih minim.

B. Kawat Gigi Lepasan

Gigi behel depok – Beberapa jenis yang termasuk ke dalam kawat gigi lepasan ialah sebagai berikut.

  • Retainer

Retainer adalah jenis kawat gigi lepasan yang biasanya digunakan pasien untuk tetap menjaga kerapian gigi setelah penggunaan kawat gigi permanen dilepas. Retainer juga biasa digunakan pada anak-anak sebagai upaya perawatan ringan agar gigi tumbuh dengan rapi.

  • Invisalign

Invisalign adalah salah satu jenis kawat gigi lepasan paling mutakhir penggunaannya. Invisalign berbentuk seperti cetakan gigi dan memiliki warna bening. Dengan demikian, penggunaan kawat gigi jenis ini seperti tidak menggunakan kawat gigi, sebab warnanya yang transparan atau bening. Akan tetapi seiring dengan kelebihan tersebut, harga kawat gigi ini masih sangat mahal jika dibandingkan kawat gigi yang lain.

Sebenarnya, apa sih tujuan pemasangan atau penggunaan behel gigi?

Gigi behel depok – Tujuan dari pemasangan atau penggunaan behel gigi bisa meliputi berbagi macam, baik termasuk tujuan memperbaiki estetika ataupun karena alasan kesehatan.

Alasan kesehatan, utamanya adalah karena susunan gigi yang tidak ideal lebih berisiko menjadi tempat penumpukan plak. Penumpukan plak ini pada akhirnya dapat menyebabkan penyakit gigi dan mulut. Selain itu juga fungsi pengunyahan akan berkurang efektivitasnya yang bisa saja dalam jangka panjang akan dapat mengakibatkan masalah pencernaan. Selain alasan yang disebutkan di atas, susunan gigi yang tidak ideal sebenarnya juga dapat membuat komunikasi terhambat, sebab artikulasi kata-kata menjadi kurang jelas.

Terlepas dari alasan kesehatan yang sudah dijelaskan, kebanyakan alasan utama pasien menggunakan kawat gigi adalah alasan estetika. Dengan susunan gigi yang rapi dan ideal maka pasien dapat tampil lebih percaya diri dalam menjalani segala aktivitas dan pada akhirnya meningkatkan kualitas hidupnya.

Apa saja yang menjadi bagian penyusun kawat gigi?

Gigi behel depok – Behel atau kawat gigi bukan hanya sekedar kawat yang disimpulkan dan diikatkan pada gigi yang tidak rapi saja. Akan tetapi behel atau kawat gigi ini tersusun dari beberapa bagian-bagian sebagai berikut:

  • Bracket, merupakan kerangka yang terbuat dari logam, keramik, atau plastik yang terhubung dengan band. Atau bisa saja langsung terikat pada gigi dengan lem berwarna serupa gigi. Bracket menahan archwire di tempatnya dalam slot. 
  • Molar band, merupakan bagian yang berbentuk cincin metal. Miliar band biasanya dipasang pada gigi bagian belakang yang berfungsi untuk meningkatkan kekuatan apabila diperlukan.
  • Archwire, ialah bagian yang berfungsi untuk mengikat semua bracket dan berperan sebagai penyalur daya untuk menggerakkan gigi ke tempat idealnya sehingga gigi akan rapi.
  • Ligature, bagian dari behel gigi yang berfungsi untuk mengikat archwire pada bracket. Ligature dapat menggunakan bahan karet elastis dan atau kawat ulir.
  • Elastic hook dan Rubber Band, merupakan alat yang berfungsi untuk menggerakkan gigi ke posisi akhirnya.

 

Berapa lama perawatan kerapian gigi dengan menggunakan metode pemasangan behel?

Gigi behel depok – Lamanya perawatan gigi antara satu pasien dengan pasien lainnya sangat bervariasi tergantung pada tingkat kesulitan yang dihadapi. Namun pada umumnya untuk kasus yang sedang, dalam arti tidak terlalu sulit, perawatan dengan pemasangan kawat gigi dapat diselesaikan dalam 23 bulan. Lamanya perawatan gigi ini memperhitungkan beberapa faktor di antaranya sebagai berikut.

  • Jenis kawat gigi yang digunakan.

Jenis kawat gigi menentukan lamanya perawatan pemasangan behel pada gigi. Semakin bagus kualitas bahan behel semakin memiliki kekuatan yang besar untuk membuat gigi ke tempat idealnya.

  • Usia pasien.

Pemasangan behel pada usia anak akan lebih cepat dibandingkan pada usia dewasa. Hal ini disebabkan gigi pada usia anak masih memiliki pertumbuhan dan perkembangan yang cepat. 

  • Kondisi gigi pasien.

Semakin berantakan dan sulit kondisi gigi pasien semakin lama proses perawatan pemasangan behel gigi.

  • Kerjasama pasien.

Setelah melakukan pemasangan behel gigi, pasien harus dapat bekerja sama untuk merawat dan menjaga kebersihan gigi dan mulut. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga kualitas dari behel itu sendiri.

Pada umumnya, potensi permasalahan pada perkembangan rahang dan gigi yang tidak sempurna sudah dapat dideteksi sejak usia 7 tahun. Namun untuk waktu ideal melakukan perawatan dengan behel adalah ketika usia 12-13 tahun saat anak masih mengalami proses pertumbuhan tetapi gigi sudah cukup kuat untuk menerima tekanan dari kawat gigi.

 

Global Estetik Cabang Depok di

Gedung ITC Depok Lantai Mezanine No.1 ( Persis di Sebelah Samsat ITC Depok Di Dalam Gedung ITC nya yaa.. )

Telpon Klinik: 021 2931 8795 

https://wa.me/6285775569694 

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00

Rute Gmaps : 

https://www.google.co.id/maps/dir/-6.3910531,106.8296376/global+estetik+itc+depok/@-6.3926825,106.8217773,16z/data=!3m1!4b1!4m9!4m8!1m1!4e1!1m5!1m1!1s0x2e69ebe1acdf3707:0x44a5e05c694dad46!2m2!1d106.8226318!2d-6.3926372 

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik 

Kotak Depok – https://globalestetik.com/kota-depok/

 

Penulis oleh Drg. Arnof