Fungsi Gigi Depok

Fungsi gigi depok

Fungsi gigi depok

Yuk Simak!

globalestetik.com – Gigi mempunyai jenis yang berbeda dan tentu saja memiliki fungsi yang berbeda juga. Salah satu fungsi gigi adalah untuk memperindah tampilkan wajah. Pada umumnya, gigi yang cantik adalah gigi yang berwarna putih dengan ukuran kecil-kecil dan nafas yang segar.

Ada beberapa jenis gigi dan fungsinya:

  1. Gigi seri, gigi ini terletak pada bagian depan mulut dan memiliki funsgi untuk menggigit makanan. Manusia memiliki 4 gigi seri yang tumbuh di bagian atas, dan 4 di bagian bawah. Gigi seri ini muncul pada umumnya saat usia 6 bulan.
  2. Gigi taring, gigi taring adalah gigi yang memiliki bentuk paling tajam dan berfungsi untuk menghancurkan makanan. Manusia memiliki 2 gigi taring di bagian atas, dan 2 gigi taring di bagian bawah. Pada umumnya gigi taring muncul saat usia 16 – 20 bulan.
  3. Gigi premolar, gigi premolar memiliki ukuran yang lebih besar dari pada gigi taring dan gigi seri. Gigi ini berfungsi untuk mengunyah dan menggiling makanan untuk menjadi potongan kecil agar lebih mudah untuk ditelan. Pada orang dewasa memiliki  8 gigi premolar dengan 4 tumbuh dibagian atas, dan 4 tumbuh dibagian bawah.
  4. Gigi geraham, gigi geraham merupakan gigi yang memiliki ukuran paling besar. Gigi geraham berfungsi menggiling dan mengunyah makanan. Gigi geraham ini berjumlah 8. Gigi ini muncul saat usia 17 – 25 tahun di belakang gigi geraham ini akan tumbuh gigi bungsu, namun gigi ini dapat menimbulkan masalah karena tidak memiliki ruang yang cukup untuk tumbuh.

 

Cara Menjaga Gigi

Fungsi gigi depok – menjaga gigi juga sekaligus menjaga mulut harus selalu diusahakan. Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, yaitu:

  • Menggosok gigi secara rutin

Menggosok gigi sehari 2 kali setelah sarapan dan sebelum tidur. Selain melakukan gosok gigi rutin, anda juga perlu memperhatikan cara menggosok giginya. Menggosok gigi dengan lembut dan jangan terlalu keras. Digosok dengan cara memutar keseluruh bagian gigi mulai dari bagian luar sampai dengan bagian dalam terlebih bagian gigi yang selalu digunakan untuk mengunyah makanan dengan waktu 30 detik setiap bagian.

  • Membersihkan lidah. 

Di permukaan lidah terdapat bakteru yang dapat menyebabkan bau mulut dan mengganggu kesehatan rongga mulut. Membersihkan bagian permukaan lidah dengan sikat gigi atau pembersih khusus yang untuk lidah.

  • Menggunakan pasta gigi dengan bahan flouride

Flouride merupakan sal;ah satu pelindung gigi yang paling utama dari bakteri yang menyebabkan kerusakan gigi.

  • Menggunakan dental floss di malam hari

Dental floss dapat menjangkau hingga ke sela-sela gigi yang tidak dapat dijangkau sikat gigi.

  • Banyak mengkonsumsi air putih

Air putih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kita termasuk kesehatan gigi. Kandungan dari air putih ini mampu menetralisir efek buruk dari makanan yang lengket dan makanan yang mengandung asam.

  • Mengendalikan penyakit bawaan

Jika bisa meredam atau meminimalisir penyakit bawaan seperti diabetes, maka penyakit rongga mulut seperti radang gusi juga dapat di minimalisir.

  • Berkumur dengan mouthwash

Obat kumur bisa menjangkau seluruh bagian dalam mulut, menjangkau yang tidak bisa dijangkau sikat gigi dan benang gigi.

  • Mengkonsumsi makanan yang dibutuhkan gigi, seperti:

  1. Kalsium, berfungsi untuk membentuk jaringan keras. Kalsium sangat diperlukan terutama pada saat pertumbuhan dan perkembangan gigi. Jika gigi kekurangan kalsium maka gigi dapat menjadi lunak.
  2. Fosfor, berfungsi untuk memperbaiki dan memperkuat gigi dan tulang dengan vitamin D dan kalsium
  3. Flouride berfungsi sebagai pelindung dan pencegah gigi berlubang
  4. Vitamin A, berfungsi untuk membantu pembentukan email pada saat masa pertumbuhan dan mengatasi infeksi pada gusi.
  5. Vitamin D, berfungsi untuk membantu gigi unutk meningkatkan penyerapan fosfat dan kalsium
  6. Vitamin C, berfungsi untuk mrmproduksi kolagen dalam membentuk jaringan gusi. Jika tubuh kekurangan vitamin C dapat menyebabkan melemahnya serak-serat yang membentuk email gigi

Fungsi gigi depok – Macam-macam makanan yang mengandung zat yang di perlukan gigi adalah:

  1. Makanan dengan protein yang tinggi seperti kacang-kacangan, ikan, daging, telur
  2. Sayuran seperti wortel, bayam, sawi (mengandung vitamin A dan C)
  3. Minyak ikan dan telur yang mengandung vitamin D yang sangat tinggi, bagus untuk menjaga kesehatan gigi
  4. Buah-buahan seperti jeruk, melon, nanas yang kaya akan vitamin C. Buah apel dapat membersihkan plak di permukaan gigi
  5. Teh hijau, memiliki kandungan flouride yang bisa memperbaiki dan mencegah gigi berlubang, dan memiliki kandungan antibakteri yang dapat memperlambat pertumbuhan bakteri di dalam rongga mulut.

 

Gigi Palsu 

Fungsi gigi depok –  Apabila terjadi kerusakan di gigi dan mengharuskan anda untuk mencabutnya, maka ada beberapa solusi salah satunya adalah dengan menggunakan gigi palsu. Gigi palsu merupakan gigi tiruan yang dapat mengganti fungsi gigi asli yang hilang.

Gigi palsu mempunyai beberapa jenis, diantaranya adalah akrilik, gigi palsu penuh, implan gigi, gigi tiruan jembatan. Harga gigi palsu berbeda-beda tergantung pada jenisnya. Pada dasarnya ada dua kelompok jenis gigi palsu yaitu: gigi tiruan permanen dan gigi tiruan lepasan. Dua kelompok ini memiliki fungsinya masing-masing.

Jika kita sudha tidak memiliki gigi palsu dan lepas maka tidak dapat tumbuh kembali, jika kita memiliki gigi yang ompong maka menggunakan gigi palsu dapat menjadi solusi. Fungsi dari gigi palsu adalah:

  1. Menutupi gigi yang ompong. Beberapa orang yang mengalami gigi ompong merasa tidak percaya diri, dan dengan menggunakan gigi palsu ini dapat menjadi solusi.
  2. Mencegah gigi bergeder di ruang yang kosong. Jika ada bagian gigi yang ompong maka gigi asli yang ada disebelahnya bisa bergeser ke rung yang kosong tersebut, dan jika dibiarkan lama-kelamaan susunan gigi menjadi berantakan.
  3. Membantu saat mengunyah. Kondisi gigi yang ompong tentu saja mempengaruhi fungsi gigi lain, seperti gigi belakang yang bertugas untuk mengunyah bukan untuk menggigit

Fungsi gigi depok – Dua jensi gigi palsu merupakan gigi palsu lepasan, dan gigi palsu permanen. Dengan menggunakan bahan dasar akrilik, valplast, dan logam. Gigi palsu akrilik meiliki harga yang lebih murah, plat yang tebal, dan cengkeraman kawat untuk pegangan ke gigi yang lain. Beberapa jenis gigi palsu akrilik:

  1. Gigi palsu akrilik, jenis ini dipasangkan di gigi geraham bagian atas kiri dan kanan. Jenis ini dapat dipasang jika gigi yang copot hanya satu atau dua.
  2. Gigi palsu sebagian dengan bahan lentur. Jenis ini dipasangkan di gigi geraham bawah dan terbuat dari akrilik.
  3. Gigi palsu penuh, dipasangkan di rahan atas, bawah atau keduanya.

 

Global Estetik Cabang Depok di

Gedung ITC Depok Lantai Mezanine No.1 ( Persis di Sebelah Samsat ITC Depok Di Dalam Gedung ITC nya yaa.. )

Telpon Klinik: 021 2931 8795 

https://wa.me/6285775569694

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00

RuteGmaps : https://www.google.co.id/maps/dir/-6.3910531,106.8296376/global+estetik+itc+depok/@-6.3926825,106.8217773,16z/data=!3m1!4b1!4m9!4m8!1m1!4e1!1m5!1m1!1s0x2e69ebe1acdf3707:0x44a5e05c694dad46!2m2!1d106.8226318!2d-6.3926372 

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik

Kotak Depok – https://globalestetik.com/kota-depok/

 

Penulis oleh Drg Arnof