Frenektomi Jakarta selatan – gigi dan mulut ketika masih bayi ternyata bisa terkena kelainan gigi. Contohnya seperti lip tie dan tongue tie.

Jika lip tie dan tongue tie pada bayi tidak mendapat penanganan, justru dapat menghambat tumbuh kembang bayi. Lalu apa yang sebaiknya kita perbuat? Berikut sedikit pembahasannya.

Lip tie dan tongue tie pada bayi

Frenektomi Jakarta Selatan

lip tie dan tongue tie adalah salah satu kelainan yang sering orang temui pada buah hati mereka. Kondisi ini dapat kita ketahui dengan melihat bagian rongga mulut bayi.

Lip tie biasanya berupa terdapat jaringan tipis yang berada di sekitar bibir bayi yang dapat berdampak membatasi gerakan bibir. Sedangkan untuk tongue tie adalah kondisi dimana jaringan tipis ini berada di bawah lidah yang membatasi gerakan lidah. 

Lip tie dan tongue pada bayi dapat menimbulkan masalah terutama pada saat menyusui. Pada saat menyusui, bayi dengan kondisi lip tie atau tongue tie cenderung mengalami kesulitan.

Hal ini dapat kita tandai saat bayi yang sering terlepas dari putting karena merasa tidak nyaman. Selain itu, karena adanya tongue tie atau lip tie ini juga dapat menimbulkan rasa nyeri pada sang ibu. Karena proses menyusui yang tidak maksimal. 

Lip tie tongue tie baby

Kondisi lip tie dan tongue tie ini lebih sering kita temui pada bayi yang baru lahir. Kondisi ini karena terdapat frenulum atau jaringan tipis yang menyambung pada bagian bibir atas atau dasar mulut.

Menurut penelitian dari American Board of family medicine, tongue tie lebih sering terjadi pada bayi yang baru lahir. Kelainan ini juga lebiih sering terjadi pada bayi dengan jenis kelamin laki – laki ketimbang bayi perempuan. 

Kondisi Lip tie dan tongue tie ini tidak hanya berdampak pada bayi, akan tetapi juga dapat berdampak pada sang ibu. Ketika bayi mengalami kesulitan menyusui dapat membuat sang ibu mengalami stress.

Jika si kecil mengalami kesulitan menyusui, maka si kecil bisa kekurangan asupan. Hal ini tentu saja akan mempengaruhi tumbuh kembang sang bayi. 

Lip tie putus

Untuk mengatasi masalah lip tie dan tongue tie ini dapat menggunakan prosedur medis yang bernama frenektomi. Frenektomi adalah prosedur untuk mengeluarkan atau memutus jaringan tipis atau yang bernama frenulum. Nah untuk frenulum ini biasanya akan dokter potong jika memungkinkan. 

Untuk melakukan frenektomi, dokter melakukan pemeriksaan terhadap kondisi lip tie tongue tie yang ada. Jika dokter merasa frenulum yang ada memang memerlukan penanganan maka dokter akan menyarankan untuk ke tahap selanjutnya.

Ketika penanganan, dokter akan memberikan anestesi atau obat bius agar pasien tidak merasakan rasa sakit. Untuk memutus frenulum yang ada, dokter akan menggunakan pisau bedah, atau menggunakan laser.

Setelah penanganan, dokter nantinya menutup bekas penanganan dengan jahitan atau menggunakan laser.

Lip tie bayi robek

Untuk melakukan penanganan terhadapat frenulum ini, dokter akan menyesuaikan penanganan dengan klasifikasi lip tie atau tongue tie yang ada pada pasien. Klasifikasi yang ada pada lip tie ini antara lain :

  1. tipe 1 frenulum tipis ang ada tidak terlalu menganggu sehingga tidak memerlukan penanganan khusus. 
  2. Pada tipe yang kedua, frenulum yang ada melekat pada sebagian besar gusi. Kondisi ini juga tidak menganggu dan tidak memerlukan penanganan. 
  3. Pada tipe ketiga, frenulum terbentuk pada area gusi pada gigi bagian depan atas. Hal ini dapat mempersulit saat akan menggerakkan bibir. Kondisi ini juga dapat meningkatkan resiko muncul karies gigi. 
  4. Tipe ke-4 frenulum mulai meluas hingga langit – langit mulut. Bibir bagian atas tertutupi sebagian atau bahkan secara keseluruhan. Sehingga resiko karies gigi semakin besar. 

Frenektomi Jakarta Selatan

Untuk anda yang membutuhkan pelayanan freneektomi di daerah Jakarta selatan, anda tidak perlu bingung harus kemana. Di daerah Jakarta selatan ada banyak klinik yang dapat anda pilih.

Yang penting klinik yang anda pilih memiliki dokter yang berpengalaman dan kredibel. Untuk biaya melakukan frenektomi memiliki harga yang berbeda – beda. Harga ini biasanya tergantung pada penanganan yang pasien perlukan. 

Frenectomy Global estetik Jakarta selatan

Frenektomi jadi solusi masalah lip tie dan tongue tie pada bayi anda. Agar frenektomi berjalan dengan maksimal, anda harus melakukan tindakan frenektomi pada klinik kesehatan gigi yang tepat.

Tapi dimana lokasi yang tepat untuk melakukan frenektomi? Anda bisa memilih global estetik dental care sebagai pilihan anda. 

Global estetik dental care adalah klinik yang sangat rekomended  untuk anda yang sedang mencari pelayanan frenektomi di daerah Jakarta selatan.

Klinik ini merupakan klinik yang kualitas pelayanannya sangat terjamin. Dengan beranggotakan dokter yang memiliki segudang pengalaman, global estetik dental selalu memberikan pelayanan yang terbaik. 

Selain menyediakan layanan frenektomi, global estetik dental care juga menyediakan layanan perawatan gigi lainnya. Mulai dari cabut gigi, scalling gigi, pembuatan veneer gigi, pembuatan gigi palsu lepasan dan lain sebagainya.

Klinik ini juga menyediakan saran konsultasi dengan dokter kami secara gratis. 

Jadi apalagi yang anda bingungkan? Segera gunakan pelayanan yang ada di global estetik dental care untuk mengatasi masalah gigi anda. 

Jika anda ingin menggunakan pelayanan yang ada di global estetik dental care, anda dapat menghubungi kami di nomor 0811-140-832 melalui pesan whatsapp.

Anda juga bisa datang ke klinik kami di Jalan Arteri Permata hijau, grogol utara, Kebayoran lama, Jakarta selatan dan berlokasi di mall grand ITC Permata Hijau lantai 1 blok D9/B. Untuk informasi selengkapnya kunjungi saja https://globalestetik.com

Baca Juga :  Pertanyaan Penting Yang Perlu Kamu Tanyakan Saat Mengunjungi Dokter Gigi [Bagian Pertama]