Fakta tentang Tusuk Gigi yang Bisa Mengancam Kesehatan Gigi Anda

Dokter Gigi Depok

Fakta tentang Tusuk Gigi yang Bisa Mengancam Kesehatan Gigi Anda

Global Estetik -Menggunakan tusuk gigi biasa dilakukan seseorang apabila terdapat sisa makanan yang terselip di sela-sela gigi. Tapi tahukan Anda, bahwa menggunakan tusuk gigi bisa jadi berbahaya untuk kesehatan gigi Anda? Mengapa hal itu dapat terjadi?

Fakta membuktikan bahwa orang yang sering menggunakan tusuk gigi ternyata mempercepat kerusakan pada gigi. Dari gigi yang merenggang, pengikisan pada gigi, serta membuat gusi terluka. Tusuk gigi membuat gigi terluka. Fakta ini disebabkan oleh ukuran tusuk gigi yang teralu besar untuk diselipkan di antara celah gigi sehingga ketika dilakukan berulang-ulang maka akan menciptakan ruang di antara dua gigi. Penggunaan tusuk gigi hanya akan memperburuk kondisi dengan lebih besarnya kemungkinan makanan yang terjebak di tempat tersebut karena kondisi gigi dipastikan akan lebih merenggang.

Kemudian pengikisan pada gigi. Ketika gigi Anda merenggang dan semakin banyak makanan yang terselip di antara celah gigi, Anda akan semakin sering menusukkan benda pada gigi. Kegiatan inilah yang menyebabkan pengikisan pada lapisan luar gigi atau yang disebut enamel. Lama- kelamaan, Anda akan merasakan linu pada gigi lantaran secara tidak sadar, sedikit demi sedikit gigi Anda telah terkikis.

klinik gigi jakartaFakta yang terakhir yaitu tusuk gigi membuat gusi Anda terluka. Ketika membersihkan makanan dengan tusuk gigi, bisa jadi tusuk gigi tersebut meleset dan mengenai gusi Anda. Alih-alih membuat gigi Anda bersih malah membuat gigi Anda berdarah.

Dari fakta-fakta tersebut, penggunaan tusuk gigi sangat tidak disarankan. Penggunaan floss sebagai alat untuk membersihkan sela-sela gigi lebih dianjurkan daripada penggunaan tusuk gigi karena mempunyai resiko yang lebih rendah.

Meskipun lebih direkomendasikan, bukan berarti floss gigi bebas dari resiko. Penggunaan floss gigi secara berlebihan juga dapat menyebabkan infeksi. Gunakan floss gigi sekali pakai untuk mengurangi resiko infeksi pada gusi atau ketika menemukan sisa makanan pada gigi, berkumurlah dan segeralah menggosok gigi.

Sudah tahu kan bahaya penggunaan tusuk gigi? Alangkah lebih baiknya jika Anda mengetahui info ini sejak awal sehingga tidak terjadi masalah fatal pada gusi dan gigi Anda. Selain itu, Anda juga perlu memeriksakan gigi dan gusi ke dokter gigi sehingga kesehatan gigi dan gusi dapat terjaga. Ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter gigi depok di Global Estetik untuk mendapatkan pelayanan terbaik dengan harga bersaing.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat