Fakta Tentang Plak di Dalam Mulut

dokter gigi bandung

Global Estetik – Plak adalah zat yang lengket dan kadang-kadang berbau busuk yang terdiri dari partikel makanan dan air liur. Lebih khusus lagi, plak gigi adalah biofilm, definisi ilmiah yang menggambarkan sejumlah besar bakteri yang melekat pada permukaan untuk memberi makan, sering mengembangkan lapisan pelindung protein. Pada awalnya, plak gigi adalah tentang konsistensi yogurt, yang berarti dapat dengan mudah dibersihkan dengan sikat gigi.

Ketika dibiarkan berkembang, bagaimanapun, plak gigi dapat menyerap mineral dari air liur Anda untuk menjadi karang gigi. Tartar berwarna kuning atau kecoklatan dan hanya bisa dibersihkan dengan instrumen gigi khusus. Pembentukan tartar bisa memakan waktu 24 jam. Itulah mengapa sangat penting untuk menjaga jadwal kebersihan mulut yang konsisten.

Bagaimana Plak Terbentuk ?

Plak terbentuk dari bakteri yang sudah ada di dalam mulut Anda. Tubuh kita secara alami mendelegasikan banyak fungsi kepada triliunan (mungkin lebih) bakteri yang hidup di dalam dan di luar tubuh kita. Di mulut kita sendiri, kita sejauh ini telah menemukan sekitar 8 miliar bakteri. Melalui proses simbiosis kompetitif, bakteri secara alami membatasi jenis strain yang ada di luar mulut.

Baca Juga :  5 Tips Menjaga Kesehatan Gigi Selama Liburan
Plak di Dalam Mulut- Global Estetik Dental Care
Plak di Dalam Mulut- Global Estetik Dental Care

Ketika diberi makan makanan tertentu seperti gula dan pati sederhana, Streptococcus mutans dan strain lainnya memakan sumber makanan ini dan dengan cepat mengisi mulut, menciptakan plak yang merusak gigi dan gusi dengan produk sampingan yang asam. Strain ini membentuk plak dan akhirnya tartar.

Bagaimana Saya Mencegah Plak dari Merusak Mulut Saya?

Anda dapat mengatur plak dengan tiga cara: diet, kebersihan mulut, dan kunjungan gigi yang dijadwalkan secara rutin. Membatasi plak dengan diet akan mudah dimengerti tetapi sulit untuk dilakukan. Yang harus Anda lakukan hanyalah membatasi gula dan asupan karbohidrat sederhana, yang dapat membantu tubuh dan mulut Anda. The American Heart Association merekomendasikan tidak lebih dari 35 g gula per hari.

Baca Juga :  Tiga Tipe Emergency dalam Cedera Gigi dan Langkah Penanganannya - Part 1

Untuk mencegah plak melalui kebersihan mulut, sikat dua kali sehari dan floss setidaknya sekali. Waktu juga penting, jadi Anda harus mencoba menyikat sebelum tidur dan ketika Anda bangun. Berkunjung ke dokter gigi setiap enam bulan untuk pemeriksaan dan pembersihan juga merupakan bagian yang sangat penting dari proses ini.

Ini memungkinkan dokter gigi untuk mencegah komplikasi seperti penyakit gusi sebelum mereka dapat menyebabkan kerusakan yang serius. Jika Anda telah cukup lama tidak mengunjungi dokter gigi, silakan hubungi kami di Global Estetik untuk membuat pertemuan dengan dokter gigi – dokter gigi terbaik kami.

Tags:
Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat