4 Fakta Tentang Gigi Susu Anak

Fakta Tentang Gigi Susu Anak

Global Estetik – Gigi susu dan gigi permanen memang tidak bisa disamakan karena ada fakta tentang gigi susu anak yang berbeda dibanding gigi permanen. Gigi susu adalah gigi pertama yang tumbuh pada manusia. Yang harus diketahui bahwa memahami dengan betul tentang pertumbuhan gigi susu ini sangat penting.

Fakta Tentang Gigi Susu Anak

Agar bisa memastikan untuk menjaga kesehatan gigi anak. Berikut ini ada beberapa fakta yang perlu orang tua ketahui terkait gigi susu anak, sebagai berikut:

Tanggal Semuanya

Biasanya gigi susu anak ini akan mulai tumbuh saat anak masih berusia 6 bulan sampai 12 bulan. Gigi tersebut akan terus tumbuh hingga memenuhi rongga mulutnya. Yang perlu diketahui bahwa gigi susu tersebut pada akhirnya akan copot satu demi satu. Tanggalnya gigi susu ini akan dimulai dari gigi susu seri, dan terus disusul gigi susu lainnya. Lalu gigi susu yang copot tersebut akan diganti oleh gigi yang permanen.

Selanjutnya yang perlu orang tua tahu kapan waktu gigi susu tersebut akan mulai tanggal. Biasanya gigi susu tersebut akan tanggal satu per satu saat anak menginjak usia 6 hingga 7 tahun. Tetapi banyak kasus gigi geraham susu akan mulai copot saat anak sudah berusia 9 sampai 12 tahun.

Dokter Gigi Depok Fakta Tentang Gigi Susu Anak

Memiliki Jumlah yang Berbeda

Gigi permanen setiap orang umumnya memiliki jumlah sebanyak 32 buah. Sedangkan pada gigi susu anak yang akan tanggal memiliki jumlah 20 buah. Maka dari itu gigi permanen akan terlihat lebih rapat dari pada gigi susu sebab memang jumlahnya yang lebih banyak.

Gampang Terkena Karies

Faktanya bahwa kekuatan atau kekokohan gigi susu dengan gigi permanen memang beda. Gigi permanen umumnya mempunyai enamel gigi yang lebih tebal dari pada gigi susu. Enamel adalah permukaan paling luar yang ada pada gigi yang berfungsi untuk mencegah gigi alami kerusakan dan melindungi gigi.

Jika enamel gigi tipis ini akan mempermudah kerusakan gigi atau gampang terkena karies gigi. Maka dari itu ada banyak anak yang mempunyai masalah karies pada giginya. Jika sudah seperti itu sebaiknya orang tua perlu membawa anak ke dokter gigi agar dokter bisa memberi solusi terhadap masalah tersebut.

Perbedaan Akar

Gigi susu mempunyai akar gigi yang lebih pendek dan tipis ketimbang gigi permanen. Keadaan ini bisa membuat gigi permanen bisa berkembang di bawah gigi susu. Karena fakta inilah yang membuat gigi susu bisa mudah copot.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat