Fakta Penting tentang Kanker Mulut yang Harus Anda Ketahui

dokter gigi depok Cara Mempersiapkan Diri Sebelum ke Dokter Gigi

Fakta Penting tentang Kanker Mulut yang Harus Anda Ketahui

Sariawan Bisa Jadi Pertanda dari Kanker Mulut

Global Estetik – Luka di mulut atau sariawan yang tidak sembuh sendiri dalam waktu 2 minggu mungkin merupakan tanda sesuatu yang tidak normal terjadi di mulut Anda. Jika Anda mengalami sakit pada pipi, bibir, gusi, lidah, atau tenggorokan yang tidak sembuh dengan sendirinya dalam 14 hari, Anda disarankan untuk menghubungi dokter gigi dan melakukan pemeriksaan.

Kanker Mulut Memiliki Tingkat Kematian yang Tinggi

dokter gigi bandungSecara historis, kanker mulut diketahui memiliki tingkat kematian yang tinggi. Seringkali orang beranggapan ini disebabkan oleh sifat agresif dari kanker mulut tetapi pada kenyataannya adalah karena kanker mulut berkali-kali tidak terdeteksi cukup awal. Tahun ini diperkirakan bahwa hampir 46.000 orang akan didiagnosis menderita kanker mulut dan hanya 57% dari mereka yang akan tetap hidup dalam 5 tahun. Inilah sebabnya mengapa sangat penting bagi setiap orang (bukan hanya perokok) untuk melakukan skrining kanker mulut tahunan.

Kanker Mulut Tidak Hanya Mengintai Perokok

Secara tradisional kanker mulut hanya memengaruhi individu yang merupakan perokok aktif atau peminum berat. Seiring waktu penelitian telah membuktikan bahwa kanker mulut telah dikaitkan secara positif dengan HPV-16. HPV adalah penyakit menular seksual, yang mengarah ke peningkatan kasus kanker mulut di antara non-perokok dan individu yang lebih muda. Bahkan mereka yang tidak merokok atau minum miinuman alkohol juga perlu melakukan skrining kanker mulut tahunan.

Proses Screening Kanker Mulut Modern Sangat Cepat dan Mudah

klinik gigi jakartaAnda mungkin ingat skrining kanker mulut di masa lalu yang melibatkan kumuran dengan cairan pahit selama beberapa menit. Rasa busuk ini membuat banyak orang tidak ingin melakukan pemeriksaan kanker mulut seperti biasa, tetapi untungnya sekarang ada cara yang lebih mudah. Skrining kanker mulut modern, seperti VELscope, menggunakan sinar ultraviolet biru untuk mengidentifikasi sel-sel yang bersifat abnormal di mulut, pipi, dan lidah. Proses ini sangat cepat, efektif, dan benar-benar tidak menyakitkan.

Semua Orang Dewasa Disarankan untuk Melakukan Skrining Tahunan

Dalam hal kanker mulut, lebih baik aman daripada menyesal. Dokter gigi kami merekomendasikan skrining kanker mulut tahunan untuk setiap pasien yang berusia di atas 18 tahun. Banyak perusahaan asuransi akan meng-cover layanan ini, tetapi bahkan jika tidak, proses ini biasanya merupakan prosedur yang sangat ekonomis dan dapat dilakukan bersamaan dengan kunjungan kebersihan rutin 6 bulanan Anda.

Tags:

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat