Fakta Gigi dan Mulut Depok

Fakta gigi dan mulut depok

Fakta gigi dan mulut depok

Yuk Simak!

globalestetik.com – Gigi mempunyai peranan penting dalam proses pencernaan makanan. Gigi juga dapat membantu memperlancar dan kejelasan ucapan seseorang, dan membentuk jaringan wajah tampak lebih baik. Gigi memiliki fungsi untuk mengunyah makanan, yang terdiri dari 2 bagian. Bagian pertama merupakan mahkota dan bagian ini merupakan bagian yang nampak. Kemudian bagian kedua adalah akar gigi dan bagian ini tidak nampak karena tertutupi oleh gusi. 

Fakta tentang anatomi gigi

  1. Enamel merupakan bagian gigi yang paling luar dan keras
  2. Gigi merupakan bagian tubuh yang sudah ada ketika masih di dalam rahim dan akan bertumbuh pada saat sekitar usia 6 hingga 12 tahun.
  3. Manusia memiliki beberapa jenis gigi, yaitu
  • Gigi seri, gigi ini terletak pada bagian depan mulut dan memiliki funsgi untuk menggigit makanan. Manusia memiliki 4 gigi seri yang tumbuh di bagian atas, dan 4 di bagian bawah. Gigi seri ini muncul pada umumnya saat usia 6 bulan.
  • Gigi taring, gigi taring adalah gigi yang memiliki bentuk paling tajam dan berfungsi untuk menghancurkan makanan. Manusia memiliki 2 gigi taring di bagian atas, dan 2 gigi taring di bagian bawah. Pada umumnya gigi taring muncul saat usia 16 – 20 bulan.
  • Gigi premolar, gigi premolar memiliki ukuran yang lebih besar dari pada gigi taring dan gigi seri. Gigi ini berfungsi untuk mengunyah dan menggiling makanan untuk menjadi potongan kecil agar lebih mudah untuk ditelan. Pada orang dewasa memiliki  8 gigi premolar dengan 4 tumbuh dibagian atas, dan 4 tumbuh dibagian bawah.
  • Gigi geraham, gigi geraham merupakan gigi yang memiliki ukuran paling besar. Gigi geraham berfungsi menggiling dan mengunyah makanan. Gigi geraham ini berjumlah 8. Gigi ini muncul saat usia 17 – 25 tahun
  • Gigi bungsu, gigi bungsu juga disebut dengan molar ketiga yang berjumlah 4 buah. Gigi bungsu tumbuh di usia 18 tahun, namun gigi ini lebih serih mengganggu pertumbuhan gigi lainnya.

 

Fakta mengenai rongga mulut manusia

  1. Dalam hidup manusia, manusia memiliki 2 macam gigi yaitu gigi susu dan gigi permanen
  2. Manusia di dunia ini memiliki sidik jari yang berbeda-beda
  3. Air lius dalam mulut manusia dalat membunuh bakteri pada gigi
  4. Manusia dapat menghabiskan 38.5 hari untuk menggosok gigi
  5. Ada dua per tiga gigi yang berada di permukaan gusi, dan satu per tiga nya tertupi gusi.

Fakta gigi dan mulut depok – Gigi memiliki peranan penting, yang pertama enamel memiliki warna putih dan bertekstur paling keras dari yang lainnya. Terdiri atas kalsium fosfat, mineral keras. Dan yang kedua adalah dentin lapisan dasar enamel yang terdiri atas tabus mikroskopis.

 

Menjaga Kesehatan Gigi

Fakta gigi dan mulut depok – Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan gigi dari bakteri yang menyebabkan penyakit, yaitu:

  1. Jangan menggosok gigi terlalu kuta, karena dapat merusak enamel. Ini yang dapat mengakibatkan gigi menjadi sensitive dengan suhu yang ekstrem
  2. Menggosok gigi sehari dua kali untuk membersihkan permukaan gigi dari sisa makanan yang menempel di permukaan gigi dengan gerakan yang benar.
  3. Menggunakan pasta gigi dengan bahan flouride untuk dapat menjaga ketahanan gigi.
  4. Menggunakan dental floss setiap hari minimal satu kali.
  5. Mengunyah permen karet tanpa gula, yang berfungsi untuk merangsang produksi air liur
  6. Berhenti untuk merokok, karena kandungan rokok yang dapat merangsang kanker gusi dan mulut
  7. Lebih banyak mengkonsumsi air putih, karena kandungan air putih dapat merangsang air liur yang bisa membunuh bakteri yang menyebabkan gigi rusak.
  8. Mengurangi mengkonsumsi makanan yang manis dan asam
  9. Rutin memeriksakan keadaan gigi ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali.

 

Perawatan Gigi Modern

Fakta gigi dan mulut depok – Saat ini perawatan gigi dan mulut sudah semakin maju, diantaranya:

#1. Dental X-Ray

Bermanfaat untuk mengambil gambar atau untuk mengetahui struktur gigi. Dari cara ini akan diketahui apabila ada ketidaksesuaian pada akar ataupun rahang, bahkan bisa mengetahui struktur pada tulang wajah. Dental x-ray ini bekerja dengan menggunakan energi dari sinar x yang merambat kemudian diserap benda-benda yang padat seperti tulang atau gigi dan memperoleh hasil akhir berupa foto rontgen. Dari foto ini dapat diketahui apabila ada kondisi yang kurang sesuai dengan:

  1. Seperti adanyan pembusukan pada gigi
  2. Perubahan akar gigi yang disebabkan karena pembusukan
  3. Mengetahui adanya pengeroposan tulang rahan, tumor (masalah di rongga mulut)

#2. Laser Decay

Laser ini memiliki fungsi untuk melihat kerusakan pada gigi dengan menggunakan teknologi non-inovatif dengan cara memindai gambar struktur gigi menggunakan laser. Metode ini dapat melihat bagian gigi mana yang bermasalah dengan tanda laser yang akan meredup di bagian yang bermasalah. Menggunakan laser ini dapat mengetahui penyakit yang sulit untuk dideteksi dapat diketahui. Sebelum prosedur ini, pasien akan di lakukan prosedur X-Ray terlebih dahulu.

#3. CAD (Computer-assisted design) atau CAM (Computer-assisted manufacture).

Fakta gigi dan mulut depok – Merupakan teknologi untuk membuat dan mencetak dental bridge. Bride merupakan perawatan yang memiliki manfaat untuk mengisi kekosongan antar gigi supaya tampilannya lebih baik.

#4. Veneer No-Prep atau Minimal-Prep

Merupakan veneer dengan hasil yang lebih tipis dari biasanya. Jika veneer yang dulu memerlukan prosedur penipisan di emali, maka veneer ini tidak memerlukan prosedur tersebut.

 

Global Estetik Cabang Depok di

Gedung ITC Depok Lantai Mezanine No.1 ( Persis di Sebelah Samsat ITC Depok Di Dalam Gedung ITC nya yaa.. )

Telpon Klinik: 021 2931 8795 

https://wa.me/6285775569694

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00

RuteGmaps : https://www.google.co.id/maps/dir/-6.3910531,106.8296376/global+estetik+itc+depok/@-6.3926825,106.8217773,16z/data=!3m1!4b1!4m9!4m8!1m1!4e1!1m5!1m1!1s0x2e69ebe1acdf3707:0x44a5e05c694dad46!2m2!1d106.8226318!2d-6.3926372 

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik

Kotak Depok – https://globalestetik.com/kota-depok/

 

Penulis oleh Drg Arnof