Enam Perawatan untuk Mengatasi Masalah Maloklusi

dokter gigi depok

Enam Perawatan untuk Mengatasi Masalah Maloklusi

Global Estetik – Maloklusi adalah gigitan yang tidak sejajar terjadi saat gigi bagian atas menutupi bagian luar gigi bagian bawah saat keduanya bertemu. Gigi bisa tidak sejajar di sembarang tempat atau di seluruh mulut. Serta mempengaruhi penampilan gigi, bibir dan mulut, gigitan yang buruk bisa menyebabkan sakit kepala, nyeri otot, kerusakan gigi dan penyakit gusi.

Perawatan terbaik untuk gigitan yang tidak sejajar tergantung pada usia pasien dan penyebab dan jenis misalignment yang diderita. Ketika pasien masih muda dan gigi dan rahang mereka masih tumbuh, dokter gigi dapat mengendalikan pertumbuhan rahang dan gigi untuk memperbaiki gigitan yang tidak sejajar. Untuk pasien yang lebih tua, kawat gigi atau restorasi gigi dapat menjadi opsif efektif untuk misalignment ringan, tetapi jika terjadi crossbite parah, pasien mungkin akan memerlukan operasi rahang. Beberapa jenis pengobatan untuk maloklusi antara lain:

Kawat gigi dan peralatan ortodontik

Kawat gigi memindahkan gigi bagian atas dan bawah dan meluruskannya untuk menyesuaikan gigitan pada posisi yang benar. Anak-anak dan orang dewasa bisa mendapatkan hasil yang memuaskan dari penggunaan kawat gigi.

Pelebaran palatal

Dalam perawatan ini, orthodontists akan meningkatkan ukuran rahang atas dengan memasang ekspander palatal. Ekspander fixed akan terpasang pada geraham atas dan secara bertahap melebar menggunakan alat khusus, sementara ekspander yang bisa dilepas diletakkan di langit-langit atas dan dikenakan pada malam hari. Expander yang dapat dilepas cocok untuk pasien dewasa yang hanya memerlukan sedikit penyesuaian.

Headgear

Headgear dipakai di kepala dan wajah dan menempel pada gigi dengan kabel. Kekuatan pada gigi dan rahang dari headgear akan meningkat atau memperlambat pertumbuhan rahang dari waktu ke waktu, menjadikannya perawatan yang paling efektif pada anak-anak dan remaja.

Pencabutan gigi

Saat merawat pasien baik dari kelas umur dewasa atau anak-anak, dokter gigi mungkin akan perlu mencabut gigi untuk menciptakan ruangan dan menggeser gigi bawah kembali sebelum memasang kawat gigi.

Restorasi mulut

Perawatan ini meliputi banyak prosedur dari capping, bonding dan reshaping gigi yang akhirnya bertujuan untuk dapat memperbaiki kasus gigitan yang tidak sejajar pada pasien.

Operasi rahang

Bantuan bedah mungkin akan merupakan perawatan terbaik untuk pasien dewasa yang rahangnya telah berhenti tumbuh. Dokter gigi yang memiliki spesiliasi dalam ranah bedah mulut akan memisahkan rahang atas menjadi beberapa bagian, dan setelah operasi, pasien akan memakai alat yang membentuk tulang saat proses penyembuhan. Dalam beberapa kasus, bedah juga bisa dilakukan untuk me-reset rahang bawah.

Tags:

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat