Efek Samping Pengobatan pada Kesehatan Mulut

Efek Samping Pengobatan pada Kesehatan Mulut

Global Estetik – Banyak obat-obatan, termasuk vitamin, mineral dan obat alternatif herbal, dapat memiliki efek negatif pada kesehatan mulut Anda. Pastikan bahwa klinik dokter gigi memiliki riwayat medis terbaru Anda, termasuk daftar semua obat – baik yang dijual bebas maupun yang diresepkan – yang Anda konsumsi, serta setiap vitamin, obat-obatan herbal dan produk serupa yang dapat dikunyah.

Ada banyak hubungan antara obat dan masalah kesehatan mulut. American Dental Association sangat mendorong pasien untuk berkonsultasi dengan dokter gigi mereka tentang resep dan obat-obatan yang dijual bebas yang mereka konsumsi dalam satu periode. Dengan mempertimbangkan efek samping dari obat, dokter gigi pilihan Anda dapat mendiagnosa dan mengobati masalah kesehatan mulut Anda dengan lebih baik. Klinik Global Estetik memiliki tim dokter yang sangat terampil yang mengerti implikasi masalah ini dan jangan ragu untuk berkonsultasi dengan kami hari ini juga.

Efek samping obat pada kesehatan gigi termasuk:

  • Pendarahan Abnormal – Mengurangi pembekuan darah adalah efek samping aspirin dan antikoagulan, seperti heparin atau warfarin. Obat-obatan ini dapat membantu dalam mencegah stroke atau penyakit jantung, tetapi dapat menyebabkan masalah pendarahan selama operasi mulut atau perawatan untuk penyakit periodontal.
  • Efek Samping Pengobatan pada Kesehatan Mulut- Global Estetik Dental Care
    Efek Samping Pengobatan pada Kesehatan Mulut- Global Estetik Dental Care

    Perubahan Rasa – Beberapa obat dapat menyebabkan rasa pahit atau metalik atau memengaruhi kemampuan untuk merasakan. Diantaranya adalah agen kardiovaskular, stimulan sistem saraf pusat, obat anti-inflamasi nonsteroid, inhalansia pernapasan dan produk penghentian merokok seperti patch nikotin.

  • Reaksi jaringan lunak – Beberapa obat telah dikaitkan dengan perkembangan luka pada mulut, peradangan atau perubahan warna jaringan lunak di mulut termasuk yang diresepkan untuk mengontrol tekanan darah, agen imunosupresif, kontrasepsi oral dan beberapa agen kemoterapi.
  • Jaringan gusi yang membesar – Jaringan gaster yang tumbuh atau membesar dikenal sebagai “pertumbuhan berlebih gingiva” dan kadang-kadang dikaitkan dengan obat antiseizure seperti fenitoin, obat imunosupresan seperti yang diambil setelah transplantasi organ dan calcium channel blocker yang dikonsumsi oleh beberapa pasien jantung.
  • Mulut kering – Mulut kering merupakan efek samping yang potensial dari banyak obat (diresepkan dan over-the-counter). Diantaranya adalah antihistamin, dekongestan, obat penghilang rasa sakit, obat tekanan darah tinggi, relaksan otot, obat untuk inkontinensia urin, obat penyakit Parkinson, antidepresan dan banyak lainnya.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat