Global Estetik – Behel gigi dipasang dalam jangka waktu tertentu sesuai kebutuhan, seperti 6 bulan, 1 tahun, atau 2 tahun hingga 10 tahun dengan harapan setelah dilepas akan memiliki gigi yang rapi dan indah walaupun mungkin memiliki efek samping behel gigi lepas pasang.

Namun bagaimana jika ketika behel gigi dilepas dalam waktu yang ditentukan ternyata gigi kembali berantakan? Padahal selama pemasangan sudah menjalankan perawatan di klinik dokter gigi. Nah untuk memahaminya lebih lanjut, kali ini kami akan membahas secara lengkap mengenai efek samping behel gigi lepas pasang yang datang dalam bentuk relapse-nya posisi gigi.

Meskipun telah menjalankan pemasangan behel gigi di dokter gigi terbaik sekalipun, gigi yang telah dirawat dan dirapikan tersebut sebenarnya secara alami akan bergerak kembali ke posisi awal, dalam kedokteran gigi, hal ini disebut dengan relapse.

efek samping behel gigi lepas pasangRelapse terjadi bukan karena proses yang salah atau behel gigi yang tidak bermutu, namun terjadi karena tubuh memang memiliki sistem alami dan merupakan salah satu proses biologis dari perkembangan tulang, gigi, dan gusi. Penyababnya bisa karena efek samping behel gigi lepas pasang atau masalah di bawah ini.

Tidak Mengontrol Konsumsi Makanan 

Setelah behel gigi dilepas, kadang gigi akan terasa sensitif untuk sementara waktu dan terasa ngilu sehingga pasien wajib untuk menghindari hal hal tertentu yang dapat memperparah kondisi tersebut. Seperti tidak makan panas atau dingin selama beberapa minggu, menghindari makanan terlalu renyah atau kenyal dsb agar gigi mampu menyesuaikan diri dengan posisi barunya dengan sempurna terlebih dahulu.

Sebab gigi kembali tidak rapi ialah karena pasien kerap tidak memperhatikan hal tersebut. Sehingga gigi menjadi sensitif dan secara cepat mengejar untuk berada di posisi alaminya seperti sebelum memakai behel, tentunya hal ini merugikan bukan? Selain merugikan secara keuangan, masalah ini juga beresiko pada munculnya penyakit pada gigi dan mulut.

Tips utama menghindari efek samping behel gigi lepas pasang adalah dengan mendengar saran dari dokter gigi terbaik dari berkualitas di Global Estetik. Pastikan untuk mengikuti semua rekomendasi dokter untuk menjaga dan mendapatkan hasil terbaik.