Efek Salah Memakai Kawat Gigi

Efek salah memakai kawat gigi depok

Efek salah memakai kawat gigi depok

Yuk Simak!

globalestetik.com Biaya pemasangan behel gigi (kawat gigi) beragam, tergantung jenis kawat gigi dan fasilitas kesehatan. Sebagai gambaran, harga tindakan ini di rumah sakit swasta di Indonesia rata-rata mulai dari lima setengah juta rupiah sampai lebih dari lima belas juta rupiah.

Efek salah memakai kawat gigi depok – Berbeda dengan rumah sakit , biaya pemasangan kawat gigi di puskesmas mulai dari dua juta rupiah sampai tiga juta rupiah. Biaya pemasangan kawat gigi di puskesmas lebih murah jika dibandingkan dengan di rumah sakit.

Biaya pemasangan kawat gigi beragam tergantung pada pasien, tergantung juga dari bahan dan jenis kawat gigi yang digunakan, teknik pemasangan kawat gigi dan rumah sakit yang menanganinya.

Efek Memakai Kawat Gigi

Efek salah memakai kawat gigi depok – Selain mendapatkan manfaat, ada beberapa risiko pemakaian kawat gigi yang harus disadari sebelum memulai perawatan ini, diantaranya:

  • Tidak nyaman

Rasa tidak nyaman cukup bervariasi pada setiap orang. Biasanya, gigi akan terasa sedikit sakit, longgar, dan kurang mempunyai tenaga untuk menggigit selama beberapa hari pertama pemakaian.

Bagian dari behel juga bisa menggesek bibir, pipi, dan lidah sehingga menyebabkan nyeri. Terkadang, ada juga orang yang mengalami sariawan. Di samping itu, kalian juga akan mengalami peningkatan air liur dan sedikit kesulitan dalam berbicara.

  • Mengalami resorpsi akar

Resorpsi akar adalah pemendekan akar gigi. Banyak pasien ortodontik mengalami masalah ini. Perubahan panjang akar ini merupakan hal yang normal dalam perawatan ortodontik dan tidak menimbulkan efek buruk jangka panjang pada mulut yang sehat.

  • Mengalami cedera

Karena behel gigi menutupi gigi, maka benturan yang mengenai mulut dapat menggores bagian dalam bibir atau pipimu. Behel dan bracket yang longgar atau rusak bisa menggores dan membuat iritasi pipi bagian dalam, gusi, dan bibir. Ikuti arahan dokter gigi tentang kebiasaan makan yang baik dan kebiasaan lainnya untuk meminimalkan kemungkinan terjadinya cedera.

  • Gigi menjadi kuning

Lem bekas pemakaian behel gigi ada yang masih tersisa di gigi setelah pasien melepasnya. Meskipun masalah ini biasa terjadi, gigi yang menguning akan menurunkan rasa percaya diri.

Behel gigi sering dituduh sebagai penyebab pudarnya warna gigi. Padahal, penyebab gigi kuning bukanlah behel. Cara membersihkan gigi ketika memakai behel merupakan faktor utama yang dapat mempengaruhi tampilan gigi.

Gigi kuning disebabkan penumpukan plak dari sisa makanan yang terperangkap di sela-sela behel dan bracket behel. Plak adalah lapisan bakteri tidak berwarna yang terbentuk pada gigi ketika makan dan minum.

Jika tidak dibersihkan, plak akan mengeras menjadi karang gigi yang dapat terbentuk dalam 24 jam. Karang gigi inilah yang membuat gigi terlihat kuning atau coklat seperti bernoda

  • Gigi kembali ke bentuk semula

Jika kalian tidak mengikuti arahan dokter gigi dengan hati-hati setelah kawat gigi dilepas maka terdapat risiko yang menyertai. Terutama ketika kalian tidak mengikuti anjuran untuj memakai retainer, kalian akan kehilangan beberapa perbaikan yang diperoleh selama memakai behel gigi. Gigi bisa kembali berantakan apabila anjuran perawatan setelah pelepasan behel tidak diikuti.

 

Jenis-jenis Kawat Gigi/Behel Gigi

Efek salah memakai kawat gigi depok – Jenis-jenis kawat gigi ada dalam variasi bentuk dan perawatan ortodontis yang berbeda sesuai kebutuhan dan budget yang kalian miliki. Agar kalian lebih paham, simak berbagai jenis behel gigi berikut ini.

  • Behel Gigi Permanen

Jenis behel gigi yang paling umum dikenali masyarakat ini berupa kotak-kotak yang dipasang pada gigi dengan kawat penghubung. Bentuk permanen untuk memperbaiki letak beberapa gigi saat bersamaan dengan cara menariknya menggunakan bantuan kawat berbahan logam. Saat ini banyak variasi kawat dengan material alternatif berupa keramik atau plastik sehingga lebih samar.

  • Behel Gigi Lepas Pasang

Behel gigi ini mudah dipasang dan dilepaskan secara mandiri tanpa bantuan dokter. Modelnya berbentuk penampang dari plastik yang dikaitkan pada beberapa gigi sampai menutup bagian langit-langit mulut untuk memperbaiki masalah gigi yang lebih ringan. Ketika melakukan aktivitas tertentu seperti berolahraga atau menggosok gigi, behel dapat dilepaskan terlebih dahulu.

  • Behel Gigi Fungsional

Harga behel gigi fungsional  tidak terlalu mahal. Jika kalian mengalami masalah posisi rahang atas dan bawah yang tidak sejajar, jenis ini dapat digunakan karena praktis dan bisa dilepas ketika makan atau membersihkan mulut.

  • Behel Gigi Headgear

Efek salah memakai kawat gigi depok – Penggunaannya dianjurkan ketika sedang tidur dan beberapa jam di malam hari karena kurang nyaman jika digunakan ketika beraktivitas.

  • Invisible Braces

Terdapat jenis behel gigi yang tidak terlihat (invisible braces). Harga pasang behel ini cukup mahal karena ditempatkan di bagian belakang gigi sehingga kawat tidak terlihat dari luar.

  • Behel Gigi Retainer

Setelah menyelesaikan perawatan ortodontis, alat perawatan berikutnya yaitu retainer. Retainer berguna untuk menstabilkan posisi gigi yang sudah rapi. Retainer sifatnya bisa permanen atau lepas pasang tergantung kondisi masing-masing orang.

Cara Perawatan Kawat Gigi/Behel Gigi

Efek salah memakai kawat gigi depok – Orang yang mempunyai kelainan gigi atau rahang dianjurkan untuk menggunakan behel. Seperti susunan gigi tidak rapi dan telah memenuhi kriteria, dokter akan menyarankan pemasangan behel gigi setelah melakukan berbagai pemeriksaan. Berikut ini adalah cara perawatan behel yang disarankan dokter gigi.

  • Rutin kontrol ke dokter gigi

Jika kalian baru saja memakai behel gigi, maka rutin kontrol ke dokter gigi sangatlah diperlukan. Drg. Wiena mengatakan biasanya dokter gigi menyarankan waktu kontrol sekitar tiga minggu sekali atau lebih sering tergantung kondisi gigi.

  • Rajin menyikat gigi

Tindakan standar menjaga oral hygiene adalah dengan menyikat gigi minimal dua kali sehari. Bagi pemakai behel, cara menyikat gigi juga harus diperhatikan. Menyikat gigi terlalu keras dapat menyebabkan kerusakan pada email gigi. Di samping itu, terdapat risiko penurunan gusi yang membuat gigi sensitif.

Penyikatan gigi sebaiknya dilakukan perlahan, berhati-hati, dan mencakup seluruh permukaan gigi, tidak perlu menggunakan tekanan keras. Berikan perhatian khusus di daerah antara kawat gigi dan gusi, karena di situlah akumulasi plak banyak terbentuk yang berpotensi menjadi karang gigi.

Selain itu, dianjurkan untuk pemakai behel menggunakan sikat gigi khusus. Sikat gigi khusus pemakai behel gigi ini mampu membersihkan sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi dan kawat yang tidak dapat dijangkau sikat gigi biasa.

  • Maksimalkan pembersihan gigi menggunakan benang gigi dan kuas interproksimal

American Association of Orthodontists (AAO) juga menyarankan pemakai behel untuk menggunakan benang gigi supaya lebih mudah membersihkan kotoran dan plak di antara gigi, gusi, dan di bawah alat ortodontik.

Kalian juga dapat menggunakan kuas interproksimal (kuas interdental). Alat tersebut berbentuk bulat dan mempunyai bulu di sekitarnya yang bisa mencapai bagian bawah bracket untuk menghilangkan sisa makanan.

  • Jangan mengonsumsi makanan yang lengket

Orang yang tidak memakai behel tidak dianjurkan untuk makan makanan yang lengket seperti permen, apalagi kalian yang sudah memakai behel. Sisa permen yang menyangkut di sela-sela behel dapat menimbulkan infeksi gigi dan menyebabkan gigi berlubang dan terkikis. Akibatnya, gigi semakin rusak dan membutuhkan  perawatan lebih untuk menyembuhkannya.

  1. Jangan mengonsumsi makanan bertekstur keras

Selain merusak enamel gigi, makanan keras (seperti es batu, permen yang keras, dan lain sebagainya) dapat merusak kawat gigi. Jangan menggigit benda keras seperti pulpen, pensil, es batu, dan lain sebagainya. Kebersihan dan kesehatan gigi harus diperhatikan, apalagi untuk orang yang memakai behel.

 

 

Global Estetik Cabang Depok di

Gedung ITC Depok Lantai Mezanine No.1 ( Persis di Sebelah Samsat ITC Depok Di Dalam Gedung ITC nya yaa.. )

Telpon Klinik: 021 2931 8795 

https://wa.me/6285775569694

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00

Rute Gmaps : https://www.google.co.id/maps/dir/-6.3910531,106.8296376/global+estetik+itc+depok/@-6.3926825,106.8217773,16z/data=!3m1!4b1!4m9!4m8!1m1!4e1!1m5!1m1!1s0x2e69ebe1acdf3707:0x44a5e05c694dad46!2m2!1d106.8226318!2d-6.3926372 

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik

Kotak Depok – https://globalestetik.com/kota-depok/

 

Penulis oleh Drg Arnof