Efek Buruk Sinar Biru bagi Kesehatan Mata

Radiasi merupakan salah satu penyebab umum munculnya berbagai gangguan penyakit pada mata. Radiasi ini dapat berasal dari sinar biru atau blue light yang digolongkan sebagai high-energy visible light (HEV light). Matahari merupakan sumber alami terbesar dari sinar jenis ini. Namun kini sinar biru lebih banyak didapat melalui berbagai layar digital seperti televisi, komputer dan smartphone.

Pada siang hari, blue light atau sinar biru bermanfaat dalam meningkatkan mood dan perhatian seseorang. Selain itu, sinar biru yang bersumber dari matahari juga berperan dalam pengaturan siklus tidur alami seseorang, yang dikenal sebagi circadian rhythm. Namun, sinar biru juga dapat menjadi hal yang berbahaya bagi kesehatan jika seseorang terlalu sering terpapar oleh sinar biru yang berasal dari layar gadget atau perangkat elektronik lainnya pada malam hari.

Berikut risiko yang mungkin terjadi jika mata terlalu sering terpapar sinar biru dari layar ponsel.

  • Kerusakan pada retina

Seperti halnya sinar tampak lainnya, sinar biru atau blue light  juga dapat masuk ke dalam mata. Menurut penelitian dari Harvard, sinar biru diidentifikasi sebagai sinar yang paling berbahaya bagi retina. Paparan sinar biru yang berlebih, akan menyebabkan seseorang berisiko terkena glaucoma, degenerasi makula dan penyakit retina degeneratif. Sayangnya, mata manusia tidak memiliki proteksi yang cukup dari paparan sinar biru sehingga sinar biru ini dapat dengan mudah merusak retina mata.

  • Kelelahan pada mata

Digital eyestrain merupakan suatu kondisi medis yang dapat memengaruhi produktivitas seseorang. Kondisi ini disebabkan akibat seseorang terlalu lama menghabis waktu di depan layar digital. Gejala yang muncul akibat digital eyestrain antara lain susah fokus, pandangan yang kabur, sakita kepala, mata iritasi dan kering, sakit leher dan sakit punggung.

Mengurangi Efek Buruk Akibat Paparan Sinar Biru

Akibat dari paparan sinar biru yang bersumber dari perangkat elektronik pada malam hari mungkin tidak dapat dihindari karena kebiasaan memainkan perangkat elektronik pada malam hari sulit dihilangkan. Akan tetapi, ada cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko yang ditimbulkan dari paparan sinar bitu, yaitu dengan menurunkan tingkat pencahayaan yang terdapat di perangkat elektronik atau mengaktifkan mode malam hari. Selain itu, untuk cara yang lebih efektif, sebaiknya matikan ponsel atau perangkat elektronik lainnya pada malam hari beberapa jam sebelum tidur.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat