Edukasi Terhadap Pasien Terkait Kanker Mulut dan Merokok

Global Estetik – Selama satu dekade terakhir ini, kita telah melihat peningkatan dramatis kasus kanker mulut, namun kesadaran publik akan hal itu tetap sangat rendah. Kurangnya kesadaran umum tentang bahaya ekstrim merokok terhadap kesehatan mulut dan kanker mulut bisa dihadang dengan kerjasama antara praktisi kesehatan gigi dan pemerintah.

Kanker Mulut dan Merokok- Global Estetik Dental Care
Kanker Mulut dan Merokok- Global Estetik Dental Care

Kebanyakan orang sekarang menyadari risiko kesehatan yang berpotensi fatal terkait dengan merokok. Hubungan dengan kanker, penyakit jantung dan stroke semuanya berurat berakar kuat di jiwanya, namun tetap ada blind spot pada banyak orang, dan ini adalah hubungan merokok dengan kesehatan mulut mereka.

Statistik terbaru yang diterbitkan oleh Cancer Research UK menunjukkan tingkat yang mengkhawatirkan di mana kanker mulut meningkat. Mereka melaporkan bahwa selama dekade terakhir saja angka kejadian kanker mulut meningkat lebih dari sepertiga (34%), yang berarti lebih dari 7.500 orang sekarang memiliki kanker mulut setiap tahun.

Baca Juga :  Yakin Sudah Benar Cara Menyikat Giginya?

Ini benar-benar tren yang sangat mengganggu. Kanker mulut sekarang merupakan kanker yang paling umum ke 10 pada pria dan 15 paling umum pada wanita. Secara keseluruhan, kanker mulut adalah kanker yang paling umum ke 14 dan jika tren saat ini terus berlanjut, masalah ini akan terus naik dalam daftar.

Sebagian besar kasus ini, hampir dua pertiga, tetap merupakan akibat dari merokok, namun yang benar-benar mengkhawatirkan adalah jutaan orang tetap sama sekali tidak menyadari hubungan yang berpotensi fatal ini. Penelitian dari British Dental Health Foundation mengungkapkan bahwa satu dari empat orang tidak menganggap merokok sebagai penyebab kanker mulut, dan inilah saat dimana usaha untuk edukasi terletak di pangkuan pemerintah dan dokter gigi – dokter gigi di seluruh Indonesia.

Baca Juga :  Tips Menjaga Kebersihan Sikat Gigi
Kanker Mulut dan Merokok- Global Estetik Dental Care
Kanker Mulut dan Merokok- Global Estetik Dental Care

Sebagai profesional gigi, dokter bisa mengatasi masalah ini, dan berada dalam posisi untuk menggunakan pengetahuan dan akses yang dimilike dan memberikan pengetahuan kepada pasien untuk membuat mereka sadar akan bahaya merokok yang khas pada kesehatan mulut mereka dan membantu mereka berhenti.

Sebagai tim dokter gigi, berada dalam posisi yang diberkati saat membantu orang berhenti merokok. Dokter gigi memiliki kombinasi keterampilan, keahlian, pengetahuan dan akses yang bisa dibilang hanya diberikan kepada profesional kesehatan. Akibatnya, semua elemen memiliki tanggung jawab bersama untuk menggunakan ini demi kesehatan pasien.

Kerjasama ini akan memastikan bahwa semua statistik, informasi dan saran yang dihasilkan mencapai sektor masyarakat yang tepat agar mereka memiliki dampak maksimal. Bekerjasama bersama stakeholder dalam menekel kanker mulut melalui edukasi via dokter gigi dan membantu merubah persepsi masyarakat tentang bahaya merokok.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat