Global Estetik – Beberapa wanita hamil mengalami kondisi yang disebut Dysgeusia, atau perubahan pada tastebuds, selama kehamilan. Untungnya, kondisi ini akan sembuh dengan sendirinya setelah kehamilan dan pada dasarnya tidak berbahaya, namun bisa menyebalkan bagi wanita hamil yang sedang mencoba makan dengan benar, dan menjaga kesehatan gigi yang baik dan mencegah gigi berlubang.

Dysgeusia berbeda dengan keinginan mengidam makanan atau menghindari makanan yang terjadi pada kehamilan, ketika wanita hamil mereka cenderung mencari makanan tertentu yang mungkin tidak mereka sukai di masa lalu, atau menemukan bahwa makanan favorit sebelumnya tidak enak atau menghasilkan rasan yanganeh.

Kebanyakan dokter dan peneliti percaya bahwa dysgeusia pada kehamilan dikaitkan dengan perubahan hormon dan retensi air, yang mempengaruhi semua sel dalam tubuh, termasuk kuncup rasa. Selain itu, beberapa peneliti berpikir bahwa ada unsur evolusioner yang sedang bekerja, dan bahwa rasa logam tersebut meminta wanita hamil untuk mencari nutrisi tertentu yang perlu mereka ganti, seperti sodium dan kalsium.

Dysgeusia pada Ibu Hamil- Global Estetik Dental Care

Dysgeusia pada Ibu Hamil- Global Estetik Dental Care

Wanita dapat mengelola Dysgeusia dengan mengunyah permen karet tanpa gula atau mengisap permen tanpa gula untuk mengurangi rasa tidak nyaman. Dan bagi wanita yang bisa mentolerir makanan spicier selama kehamilan, kepedasan bisa mengimbangi perubahan rasa. Untuk membantu mengatasi rasa tidak enak di mulut anda coba:

  • Sikat gigi lebih  sering, dan berkumur dengan campuran baking soda dan air (1/4 sendok teh baking soda dalam satu cangkir air) untuk membantu menetralkan kadar pH.
  • Tambahkan lemon ke air, minum atau hisap jeruk lemon.
  • Gunakan alat makan dan peralatan plastik untuk membantu mengurangi rasa logam yang dirasakan.
Baca Juga :  [2] Produksi Air Liur Berlebih, Kok Bisa ?

Untuk membantu mengatasi peningkatan air liur, minumlah banyak cairan untuk menelan. Mengisap permen mungkin juga menawarkan kelegaan mesti biasanya hanya berlangsung sesaat.

Dysgeusia pada Ibu Hamil- Global Estetik Dental Care

Dysgeusia pada Ibu Hamil- Global Estetik Dental Care

Beberapa antibiotik dan obat nyeri boleh dikonsumsi selama kehamilan dan mungkin diperlukan. Namun, satu kelompok antibiotik, tetrasiklin dan antibiotik terkait dapat menyebabkan hipoplasia (keterbelakangan) enamel gigi dan / atau perubahan warna gigi permanen pada anak-anak. Pastikan untuk memberi tahu dokter gigi pilihan anda bahwa anda hamil jika dia meresepkan obat ini untuk anda.

Baca Juga :  [2] Kenapa Kok Gusi Bisa Terasa Gatal ? - Pengobatan

Seperti yang sudah anda ketahui, gaya hidup dan kebiasaan anda selama kehamilan dapat mempengaruhi kesehatan dan kesehatan bayi anda yang belum lahir. Dengan semua hal yang perlu dipersiapkan, kesehatan mulut anda mungkin tidak terlihat terlalu penting. Tetapi menjaga kesehatan gigi dan gusi anda diperlukan untuk menghindari risiko pengembangan gingivitis kehamilan dan untuk membangun kesehatan mulut yang baik dalam jangka panjang.