Dok, Habis Lepas Behel Atas Bawah Kok Gigi Saya Balik Lagi Ya?

klinik gigi bandung

Dok, Habis Lepas Behel Atas Bawah Kok Gigi Saya Balik Lagi Ya?

Global Estetik – Pada satu momen anda merasa telah berhasil: anda mendapatkan gigi yang lurus dengan penggunaan behel atas bawah. Mereka terlihat sangat baik, dan anda sangat bahagia. Tetapi sekarang anda punya masalah: gigi anda telah kembali ke posisi sebelumnya dan mulai terlihat miring lagi. Apa yang bisa dilakukan tentang ini?

Relapse atau kemunduran kembali sangat umum di antara pemakai kawat gigi, terutama pada tahun pertama setelah kawat gigi dilepaskan. Alasan utama mengapa gigi kembali bermasalah pada periode ini adalah karena gigi tersebut belum sepenuhnya duduk tetap di tempatnya yang baru.

Lepas Behel- Global Estetik Dental Care
Lepas Behel- Global Estetik Dental Care

Kawat gigi memindahkan gigi dengan memberi tekanan konstan pada gigi, menyebabkan tulang di sekitarnya untuk di-set ulang, memungkinkan gigi untuk bergerak. Setelah kawat gigi terlepas, tidak ada lagi kekuatan yang mendorong gigi ke posisi yang diinginkan. Sebaliknya, ada kekuatan yang ingin menarik gigi kembali ke posisi lama mereka.

Ligamen periodontal di sekitar gigi adalah serat yang keras dan lentur, sehingga tidak dirombak pada awalnya. Sebaliknya, mereka akan meregang, seperti karet gelang. Setelah kawat gigi dilepas, maka pada dasarnya karet gelang ini akan mencoba menarik gigi kita kembali ke tempat mereka sebelumnya. Pergerakan gigi yang kembali ini mungkin disebabkan oleh fakta bahwa tulang yang direka ulang di sekitar gigi mungkin kurang padat di sepanjang jalur dari posisi gigi yang baru ke posisi semula.

Akhirnya, kawat gigi mungkin belum diatur untuk mengubah gigitan kita. Jika tidak, anda masih menggigit dengan kekuatan gigitan yang lama, yang merupakan bagian dari apa yang membuat gigi anda bengkok di tempat pertama.

Mencegah dan Mengobati Relapse Usai Penggunaan Behel Atas Bawah

Lepas Behel- Global Estetik Dental Care
Lepas Behel- Global Estetik Dental Care

Jika anda khawatir tentang kekambuhan masalah ini, hal utama yang harus anda lakukan adalah memakai retainer setelah kawat gigi. Ikuti instruksi dokter gigi pilihan anda dengan tepat untuk mencegah kekambuhan ini. Anda harus memakai retainer secara konstan selama beberapa bulan setelah kawat gigi terlepas, lalu memakainya secara berkala selama anda ingin menjaga gigi anda tetap lurus.

Tetapi bagaimana jika anda tidak mengikuti instruksi dan sekarang gigi anda kembali ke posisi yang semula? Apakah kawat gigi satu-satunya pilihan? Tidak. Ada banyak perawatan ortodontik yang tersedia yang dapat memberi anda solusi yang tepat untuk masalah pada gigi anda. Dalam kebanyakan kasus, perawatan dapat diselesaikan lebih cepat daripada set behel atas bawah yang pernah anda gunakan.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat