Distorsi Rasa

Distorsi Rasa

Global Estetik – Distorsi rasa berarti inda perasa pemicu selera anda tidak berfungsi dengan baik. Gangguan selera bisa mengacu pada tidak adanya sensasi rasa. Ini juga bisa merujuk pada sensasi hasil dari indera yang berubah, seperti munculnya sensasi rasa logam, rasa seperti bersabun hingga sensasi manis di mulut.

Kebanyakan orang hanya mengalami gangguan selera sementara, dan hanya kehilangan sebagian dari kemampuan mereka untuk merasa. Sangat jarang distorsi rasa ini berdampak sepenuhnya. Penyebab gangguan selera berkisar dari flu biasa hingga kondisi medis yang lebih serius yang melibatkan sistem saraf. Distorsi rasa juga bisa menjadi pertanda penuaan. Diperkirakan sekitar 75 persen orang berusia di atas 80 tahun mengalami masalah ini.

Distorsi Rasa- Global Estetik Dental Care
Distorsi Rasa- Global Estetik Dental Care

Indra perasa dan pencium sangat erat kaitannya. Rasa dalam makanan bisa terasa karena kombinasi kemampuan anda untuk mencium dan merasakan. Dalam beberapa kasus, indra perasa mungkin berfungsi dengan baik, tapi indera penciuman anda adalah masalahnya. Dokter pilhan anda mungkin akan mengirim anda ke spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan, yang disebut ahli otolaringologi, untuk mengetahui apakah anda memiliki gangguan dengan indra pembau yang biasanya akan memeriksa keadaan sinus anda. Lantas apa penyebabnya ?

Terdapat berbagai penyebab yang dapat menjadi penyebab timbulnya distorsi rasa yang terganggu. Banyak penyebabnya melibatkan sistem pernafasan kita. Bahkan jika anda tidak memiliki gangguan yang didiagnosis, gangguan sementara yang anda alami saat flu atau penyakit pernafasan lainnya dapat mengganggu indra perasa. Banyak kondisi umum yang bisa mempengaruhi munculnya distorsi rasa, seperti:
  • Flu\
  • Infeksi sinus
  • Infeksi tenggorokan, seperti radang tenggorokan dan faringitis
  • Infeksi kelenjar ludah
  • Merokok
  • Peradangan gusi, seperti gingivitis atau penyakit periodontal
  • Obat-obatan, termasuk lithium, obat tiroid, dan perawatan kanker
  • Sindrom Sjogren, penyakit autoimun yang menyebabkan mulut kering dan mata kering
  • Cedera kepala atau telinga
  • Kekurangan gizi, terutama vitamin B-12 dan zinc
Distorsi Rasa- Global Estetik Dental Care
Distorsi Rasa- Global Estetik Dental Care

Gangguan pada sistem saraf juga bisa menyebabkan sensasi rasa yang berubah. Masalah pada sistem saraf mempengaruhi bagaimana saraf anda mengirim pesan ke bagian tubuh lainnya. Organ yang mengendalikan rasa mungkin juga terkena gangguan sistem saraf. Pasien yang didiagnosis dengan gangguan tertentu, termasuk multiple sclerosis dan Bell’s palsy, terkadang mengalami masalah ini.

Sering kali, perubahan gaya hidup adalah semua yang anda butuhkan untuk mengembalikan indra perasa anda. Jika anda seorang perokok, berhenti merokok dapat memungkinkan anda untuk mencicipi makanan sepenuhnya. Perokok-perokok mulai mendapatkan kembali rasa mereka secepat dua hari setelah mereka menendang kebiasaan tersebut.

Kebersihan gigi yang tepat juga bisa membalikkan distorsi rasa ini. Gingivitis adalah awal dari penyakit gusi, yang terjadi saat plak menumpuk di garis gusi anda. Dengan menyikat dan membersihkan gigi, anda bisa menghilangkan plak dari mulut, melindungi gigi dari penyakit dan pembusukan, dan membantu mendapatkan kembali sensasi perasa di mulut anda.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat