Dilema Triclosan yang Ternyata Berbahaya Bagi Tubuh

dokter gigi jakarta

Dilema Triclosan yang Ternyata Berbahaya Bagi Tubuh

Global EstetikTriclosan, agen antibakteri yang berpotensi berbahaya yang kerap digunakan dalam beberapa pasta gigi  ternyata dapat terakumulasi dalam bulu sikat gigi. Ini berarti paparan Anda terhadap bahan kimia ini dapat berlanjut bahkan jika Anda telah beralih ke pasta gigi bebas triclosan.

Di Amerika Serikat, Triclosan sekarang telah dilarang penggunaanya dalam sabun, gel, dan tisu antiseptik yang dijual bebas. Tetapi bahan pembasmi kuman ini masih diperbolehkan untuk dimasukkan dalam pasta gigi karena dilaporkan dapat mengurangi peradangan gusi, plak dan gigi berlubang, kata para peneliti yang dipimpin oleh Baoshan Xing. Ia adalah seorang profesor kimia dan lingkungan di Universitas Massachusetts.

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa triclosan dapat mengganggu hormon pada hewan dan manusia. Zat ini juga berkontribusi terhadap resistensi antibiotik dan membahayakan kehidupan laut, kata para peneliti dalam catatan latar belakang mereka.

dokter gigi depokDalam penelitian ini, tim yang dipimpin Xing menyimulasikan proses menyikat gigi dengan 22 sikat dan berbagai pasta gigi. Lebih dari sepertiga sikat gigi yang diuji, termasuk dua varietas anak-anak, mengakumulasi jumlah triclosan setara dengan tujuh hingga 12 dosis dari jumlah yang digunakan per sesi menyikat gigi.

Sikat gigi dengan “gelas pemoles” atau “pembersih pipi / lidah” ​​- biasanya terbuat dari kelas bahan yang disebut elastomer yang ternyata dapat menyerap triclosan dalam jumlah yang lebih besar. Ketika para peneliti beralih ke pasta gigi bebas triclosan tetapi menggunakan sikat yang sama, bahan kimia itu terus dilepaskan dari sikat gigi selama periode waktu setidaknya dua minggu.

Studi ini dipublikasikan pertama kali pada 25 Oktober tahun lalu di jurnal Environmental Science & Technology. Selain kemungkinan paparan triclosan yang berkepanjangan, temuan penelitian ini menunjukkan bahwa triclosan dapat menemukan jalannya ke lingkungan jika sikat gigi yang tercemar ini dibuang, kata para peneliti dalam rilis berita yang dilansir American Chemical Society.

Badan Pengawas Obat dan Makanan di Amerika Serikat telah melarang penggunaan triclosan dari pencuci antiseptik karena potensi kemungkinan efek berbahaya dan karena tidak ada bukti mereka dapat membunuh kuman lebih efektif daripada sabun dan air. Bahan kimia ini masih diperbolehkan dalam pakaian dan peralatan masak, yang tidak termasuk dalam regulasi tersebut.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat