Diet Makanan Asam, Inikah Cara Terbaik Untuk Tangani Sakit Lidah?

Global Estetik – Mungkin Anda tak menyadarinya, bahwa masalah pada lidah dapat disebabkan oleh cedera, merokok, kekurangan vitamin, minum antibiotik, menggunakan obat kumur dan reaksi alergi terhadap makanan tertentu. Tetapi bagi sebagian orang, makanan yang bersifat asam menjadi sebuah bencana. Memahami bagaimana makanan asam tinggi dapat secara langsung atau tidak langsung menyebabkan sakit lidah untuk beberapa orang, serta jenis nyeri lidah yang ada, akan membantu Anda menentukan perubahan pola makan dan pilihan pengobatan dapat meringankan sakit lidah yang diderita.

Makanan Asam
Tangani Sakit Lidah- Global Estetik Dental Care
Tangani Sakit Lidah- Global Estetik Dental Care

Definisi makanan “asam” bagi seorang profesional kesehatan mulut dapat berbeda dari yang digunakan oleh para pendukung “diet asam basa” yang bertujuan untuk menyeimbangkan kadar pH tubuh. Makanan asam yang mungkin mengiritasi lidah Anda dan mengikis email gigi termasuk nanas, buah jeruk, apel dan anggur, serta jus anggur dan buah yang dibuat dari buah anggur atau apel.

Makanan lain yang tinggi dalam keasaman jenis ini termasuk yogurt dan soda. Dalam hal keseimbangan pH dan pencernaan, lemon dan cuka sebenarnya peringkat rendah keasaman, sementara biji-bijian, susu dan kacang-kacangan adalah makanan dengan “asam tinggi”. Jika Anda khawatir tentang sakit lidah dan makanan asam, temui dokter gigi Anda dan ceritakan dengan persis makanan apa yang Anda konsumsi.

Baca Juga :  4 Panduan untuk Kesehatan Gigi Anak
Nyeri sementara

Menurut Merck Manual Home Edition, nyeri lidah sementara hanya dikenal sebagai “ketidaknyamanan lidah.” Nanas dan makanan asam lainnya dapat mengiritasi lidah, seperti juga cedera dan penyakit jamur. Buku pegangan ini menyarankan menghilangkan dugaan iritasi satu demi satu sampai Anda menentukan kemungkinan penyebabnya.

Gejala Sekunder
Tangani Sakit Lidah- Global Estetik Dental Care
Tangani Sakit Lidah- Global Estetik Dental Care

Beberapa orang mengalami sakit lidah sebagai respon sekunder terhadap rasa sakit gigi dan gusi. Dalam hal ini, diet asam bisa ikut bermain dengan memecah enamel gigi. Erosi gigi yang tererosi dapat menyebabkan gigi berlubang atau abses, sejenis infeksi yang menyebabkan sakit gigi dan sensitivitas suhu di mulut, di antara gejala-gejala lainnya. Jika Anda memiliki sakit lidah serta sakit mulut atau gigi, minta dokter gigi Anda untuk memeriksanya.

Sindrom Mulut Terbakar

Sementara beberapa lidah sakit berasal dari iritasi sementara dari makanan asam, sindrom luka bakar adalah masalah jangka panjang. Hal ini lebih umum untuk pengawet makanan asam, sebagai pemicu sindrom mulut terbakar daripada mengalaminya setelah makan makanan asam sederhana, seperti cuka atau jus lemon.

Baca Juga :  (Bagian Kedua) Tips Kesehatan Gigi Untuk Orang Tua

Sebelum membeli makanan kemasan, carilah istilah asam sorbat atau asam benzoat pada label. Hindari makanan dengan bahan pengawet ini jika Anda mencurigai mereka menyebabkan sakit lidah. Zat lain yang terkait dengan sindrom mulut terbakar adalah obat kumur, antibiotik dan kayu manis.

Pengobatan

Mengurangi makanan asam adalah langkah pertama yang jelas untuk mengurangi atau menghilangkan sakit mulut dan lidah. Untuk ketidaknyamanan sementara, bilas mulut Anda dengan air garam. Sindrom mulut terbakar mungkin memerlukan obat resep, bersama dengan tindakan seperti mengunyah permen karet atau minum air ekstra untuk memberikan kelembaban yang cukup. Jika Anda juga mengalami sakit gigi, cari bantuan dari dokter gigi Anda untuk meningkatkan kebersihan mulut dan memperbaiki kerusakan gigi dan gusi.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat