Global Estetik – Jika anda bertanya-tanya apakah sealant cocok untuk anak anda, jika anda mungkin mempertimbangkan untuk menggunakan sealant gigi sendiri, atau anda belum pernah mendengarnya sebelumnya dan ingin belajar lebih banyak, baca terus untuk mengetahui semua yang perlu anda ketahui.

Berapa lama sealant gigi dapat bertahan?

Sealant gigi dirancang untuk bertahan bertahun-tahun, seringkali selama gigi bertahan, kecuali rusak. Jika sealant gigi rusak maka sealant pengganti bisa diletakkan di atas gigi yang sama.

Bagaimana cara merawat sealant gigi?

Setelah sealant gigi diterapkan dan dipasang pada gigi, ia tidak memerlukan perawatan tambahan atau khusus. Pastikan untuk terus menyikat gigi dua kali setiap hari dan membersihkannya secara teratur. Untuk perlindungan tambahan dan senyuman ekstra cemerlang, gunakan obat kumur tanpa fluoride setelah menyikat gigi.

Bagaimana jika sealant gigi saya tidak terasa pas?
Dental Sealant- Global Estetik Dental Care

Dental Sealant- Global Estetik Dental Care

Karena gigi bagian atas dan bawah anda biasanya fit bersama dengan pas, kecuali ada masalah pelurusan, zat asing di antara gigi pada awalnya bisa terasa tidak nyaman. Ini normal dan biasanya hanya butuh beberapa hari untuk membiasakan diri. Jika nampaknya ada keanehan kecil saaat sealant gigi telah dipasang saat anda menggigit, berikan satu atau dua minggu dan itu akan hilang dengan sendirinya.

Baca Juga :  Dampak Rokok dan Diabetes pada Kesehatan Gigi dan Mulut - Part 1

Sealant gigi akan dibentuk agar sesuai dengan nuansa gigitan spesifik anda selama rutin mengunyah. Namun, jika sealanta anda dengan cara apapun menyakitkan atau lebih dari sedikit tidak nyaman, pastikan untuk memberi tahu dokter gigi pilihan anda agar penyesuaian ini bisa dilakukan.

Apa yang bisa terjadi jika anda tidak memiliki sealant gigi?

Gigi yang memiliki lubang dalam, seperti geraham, sangat rentan terhadap pembusukan karena bakteri bisa masuk ke celah-celah kecil dan tetap di sana. Sangat sulit membersihkan celah pada gigi dengan sikat gigi dan benang floss. Begitu bakteri terjebak di lubang gigi maka pada umumnya akan tinggal di sana dan membusuk gigi dengan cepat, sehingga terjadi rongga.

Baca Juga :  Penanganan Gigi Gingsul Di Klinik Gigi Terpercaya

Jika rongga dibiarkan tidak diobati, bisa mengakibatkan hilangnya gigi atau kebutuhan akan prosedur intensif seperti saluran akar. Selalu lebih baik bersikap preventif saat berhubungan dengan gigi anda daripada harus menghadapi masalah gigi yang lebih besar di depan nanti.

Haruskah anak saya menggunakan sealant gigi? Kapan waktu yang tepat?

Yang terbaik adalah memiliki sealant gigi yang diterapkan sedini mungkin sehingga tidak ada bakteri yang terperangkap di dalam alur gigi dan sama sekali tidak ada pembusukan. Ini berarti bahwa waktu terbaik untuk menggunakan sealant adalah sekitar usia enam tahun, saat gigi permane pertama tumbuh. Tidak ada peraturan yang berlaku untuk semua orang, namun untuk melindungi gigi anak anda dianjurkan dengan memiliki sealant gigi yang dioleskan ke geraham mereka saat Dokter gigi menyarankan anda untuk melakukannya.