Global Estetik – Tentu saja, gula adalah penyebab utama untuk kerusakan gigi tidak peduli bagaimana anda mengonsumsinya. Bakteri yang bertanggung jawab untuk menyebabkan rongga memakan sisa-sisa gula yang tersisa di gigi, dan proses pencernaan mereka menciptakan plak, yang merupakan langkah pertama pembentukan rongga.

Ada banyak buzz di sekitar xylitol, alternatif gula populer yang digunakan dalam permen karet, menunjukkan bahwa mereka mungkin memiliki efek antibakteri, dan bahkan dapat membantu gigi menjalani proses remineralisasi. Sayangnya, penelitian tentang hal ini belum dapat disimpulkan.

Ketika anda melakukan gerakan mengunyah, kelenjar air liur menjadi aktif, menghasilkan lebih banyak air liur. Air liur memiliki pekerjaan yang sangat krusial di mulut: cairan ini pada dasarnya “mencuci” bakteri dan sisa-sisa makanan dari gigi dan  menjaga kebersihannya. Dengan mengunyah permen karet, terutama setelah makan, anda dapat memacu produksi air liur untuk memberi gigi bilasan setelah makan, mencegah pembentukan plak. Dan permen karet itu sendiri juga dapat menjebak banyak bakteri mulut serta mengeluarkannya dari gigi.

Permen Karet Tanpa Gula- Global Estetik Dental Care

Permen Karet Tanpa Gula- Global Estetik Dental Care

Jika plak tidak terbentuk, rongga tidak akan terbentuk, dan isi dompet tidak harus didedikasikan untuk perawatan untuk rongga tersebut. Melalui proses ini, peningkatan penggunaan permen karet bebas gula dapat secara efektif mengurangi pengeluaran untuk perawatan kesehatan gigi.

Baca Juga :  10 Super Food untuk Kesehatan Gigi Prima - Part 2

Jadi bagaimana jika semua orang di dunia mengunyah satu permen karet bebas gula setiap hari? Sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan dalam American Journal of Dentistry mengatasi pertanyaan itu dan muncul dengan perkiraan yang mengejutkan: Di seluruh dunia, kita akan menghemat 3,3 miliar poundsterling atau sekitar 60 triliun rupiah untuk perawatan kesehatan gigi.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Sakit Gigi Yang Datang Tiba-tiba Dengan Cepat

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa secara global, kesehatan mulut kita belum membaik dalam 25 tahun. Dan walau dengan jelas permen karet bebas gula bisa berdampak pada itu, bayangkan dampak apa yang dapat meningkatkan kebersihan mulut dan perawatan gigi yang lebih mudah didapat.

Karena meskipun terdapat manfaat dari mengunyah permen karet, ia jelas bukan pengganti rutinitas kesehatan mulut yang baik. Cara terbaik untuk mencegah gigi berlubang adalah menyikat gigi dua kali sehari dengan pasta gigi berfluoride, floss setiap hari, dan ingatlah untuk menemui dokter gigi pilihan anda secara teratur untuk pemeriksaan dan pembersihan teratur.