Dampak Perawatan Bipolar pada Kesehatan Gigi – Part 2

Dampak Perawatan Bipolar pada Kesehatan Gigi – Part 2

Global Estetik – Gangguan bipolar telah berhasil diobati dengan lithium selama lebih dari 60 tahun. Dengan manajemen dan pemantauan yang tepat, pengobatan lithium bisa menjadi perawatan yang mengubah hidup. Lithuum sangat efektif pada pasien dengan gangguan bipolar I yang mengalami episode mania dan depresi diselingi dengan periode tanpa gejala. Namun, perawatan ini memang memiliki beberapa efek samping – termasuk efek samping gigi lithium.

The Mayo Clinic mencatat bahwa fungsi kelenjar tiroid dan paratiroid dapat berkurang saat menerima perawatan dengan lithium yang menyebabkan hipotiroidisme dan hiperkalsemia (kelebihan kalsium dalam darah). Insiden hipotiroidisme meningkat setidaknya enam kali lipat dengan lithium, menyebabkan kelelahan, kenaikan berat badan, depresi dan kurangnya kejernihan berpikir.

Efek Samping pada Gigi

Dengan obat bipolar, lansir New Life Outlook, salah satu risiko gigi yang paling umum adalah mulut kering, atau xerostomia. Kurangnya air liur mencegah gigi dan jaringan lunak di mulut agar tidak terlumasi dengan baik. Saliva juga bertindak sebagai penyangga untuk makanan dan minuman asam dan mengandung mineral penting untuk menjaga agar email tetap kuat, yang berarti kurangnya air liur membuat seseorang lebih rentan terhadap pembusukan, gingivitis dan penyakit gusi.

Gus dan mukosa mulut lainnya dapat menjadi merah, meradang dan mengalami ulserasi, yang membuatnya menyakitkan saat makan dan mengikuti rejimen kebersihan mulut yang tepat. Selain itu, gangguan bipolar sering menyebabkan masalah pada saat menyikat gigi yang dapat merusak gusi dan menyebabkan abrasi gigi. Tidak peduli apa pun kondisi kesehatan lain yang Anda kelola, perawatan gigi profesional yang teratur dan perawatan mulut yang baik di rumah sangat penting. Sikat dua kali sehari menggunakan sikat gigi berbulu lembut dan pasta gigi yang mengandung fluoride. Tanyakan kepada dokter gigi pilihan Anda tentang produk yang mungkin membantu mengelola efek samping yang Anda derita. Dokter gigi dan ahli kesehatan gigi pilihan Anda dapat memantau mulut dan gigi Anda untuk perubahan dan membantu mengintegrasikan perawatan mulut terbaik ke dalam kesehatan Anda secara keseluruhan.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat