Dampak Penyakit Gusi yang Tidak Terkendali pada Kesehatan Tubuh

Dampak Penyakit Gusi yang Tidak Terkendali pada Kesehatan Tubuh

Global Estetik – Bau mulut, nyeri, dan sensitivitas gigi yang menyertai penyakit gusi yang cukup buruk. Namun, periodontitis dapat menyebabkan lebih dari ketidaknyamanan, pembengkakan, atau pendarahan, gusi yang lembut. Ini dapat memicu masalah kesehatan di luar mulut dan di seluruh tubuh. Masalah yang sangat dapat dicegah, penyakit gusi terhubung dengan masalah pada jantung, paru-paru, dan masalah kesehatan lainnya atau dapat memperburuknya.

Dalam sebuah studi, para peneliti telah menemukan bahwa orang-orang dengan berbagai penyakit dan masalah pada gusi memiliki tanda-tanda keduanya. Mereka yang memiliki masalah pernapasan termasuk dalam kategori ini. Penyakit gusi telah dikaitkan dengan kejadian bronkitis akut, gangguan paru obstruktif kronik, dan pneumonia. Pemikirannya adalah bahwa peradangan pada gusi mempengaruhi kemampuan tubuh untuk melawan infeksi pernapasan.

Dampak Penyakit Gusi- Global Estetik Dental Care
Dampak Penyakit Gusi- Global Estetik Dental Care

Ada juga upaya berkelanjutan untuk mengeksplorasi hubungan antara bakteri yang menginfeksi gusi dan mikroba yang ditemukan di arteri paseien dengan penyakit jantung. Faktor risiko umum mungkin masih terlalu jauh. Ini termasuk usia, genetika, kebiasaan merokok, dan kondisi seperti diabetes. Pasien dengan penyakit periodontal telah ditemukan dua kali lebih rentan terhadap penyakit jantung dan arteri. Juga, bakteri mulut memiliki protein yang dapat menyebabkan pembekuan di arteri, dan bakteri yang berlebihan dapat menyumbat arteri karotid, yang berfungsi menyuplai darah ke otak.

Dampak Penyakit Gusi- Global Estetik Dental Care
Dampak Penyakit Gusi- Global Estetik Dental Care

Selain itu, mungkin juga ada hubungan antara penyakit gusi dan kehamilan serta kesuburan. Membutuhkan waktu berbulan-bulan lebih lama bagi seorang wanita untuk hamil jika dia memiliki infeksi gusi yang persisten. Juga, kehamilan dan hormon yang terkait dengannya dapat meningkatkan risiko penyakit gusi. Dapat diobati dalam kasus ini, tetapi hampir 40 persen wanita yang mengalami masalah gusi selama kehamilan berisiko mengalami masalah persalinan jika masalah ini tidak ditangani.

Kesehatan gigi yang buruk dapat mempengaruhi jantung, arteri, paru-paru, dan otak. Jika masalah gigi berkembang, menyebabkan gigi tanggal, ada risiko kehilangan memori atau penyakit Alzheimer meski hanya pada tahap awal. Penelitian medis telah mengidentifikasi zat-zat peradangan yang dapat dilepaskan dari infeksi gusi, yang dapat memicu respons peradangan di otak dan mematikan neuron.

Penyakit gusi dapat dicegah dengan penyikatan gigi dan flossing yang tepat, serta pembersihan gigi yang teratur. Oleh karena itu, anda dapat menurunkan risiko untuk mengembangkan masalah kesehatan lainnya yang telah berkorelasi dengan penyakit periodontal. Efek pada tubuh dapat dihindari dengan kebersihan mulut yang baik dan mengobati masalah pada gusi dengan tindakan lebih awal.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat