Dampak Pasca Menopause pada Kesehatan Gigi dan Mulut

klinik gigi jakarta

Dampak Pasca Menopause pada Kesehatan Gigi dan Mulut

Global Estetik – Semakin banyak penelitian menunjukkan hubungan yang kuat antara kesehatan mulut dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Penelitian terbaru yang diterbitkan dalam American Journal of Hypertension menunjukkan bahwa wanita pascamenopause yang mengalami kehilangan gigi memiliki sekitar 20% peningkatan risiko terkena tekanan darah tinggi selama masa tindak lanjut dibandingkan dengan wanita lain. Hubungan ini dikatakan lebih kuat di antara wanita yang lebih muda dan mereka yang memiliki indeks massa tubuh yang lebih rendah.

Penelitian ini melibatkan lebih dari 36.000 wanita pascamenopause dalam Women’s Health Initiative-Observational Study (WHI-OS) di Amerika Serikat, yang diikuti setiap tahun dari penilaian periodontal awal pada tahun 1998 hingga 2015 untuk masalah hipertensi yang baru didiagnosis.

dokter gigi jakartaPara peneliti percaya bahwa dengan meningkatkan kebersihan mulut di antara mereka yang berisiko kehilangan gigi serta langkah-langkah pencegahan seperti pemantauan tekanan darah lebih dekat, aktivitas fisik modifikasi diet, dan penurunan berat badan dapat mengurangi risiko hipertensi. Studi ini juga menunjukkan bahwa kehilangan gigi dapat berfungsi sebagai tanda peringatan klinis untuk peningkatan risiko tekanan darah tinggi.

Berhenti Merokok

Kebanyakan orang sadar bahwa merokok menyebabkan kanker dan penyakit kardiovaskular dan pernapasan. Tahukah Anda bahwa merokok juga menyebabkan kehilangan gigi dan penyakit periodontal (gusi)? Baru-baru ini, para peneliti menemukan bahwa wanita pascamenopause yang merokok memiliki risiko lebih besar kehilangan gigi daripada wanita yang tidak pernah merokok.

“Terlepas dari kebiasaan praktik kesehatan mulut yang lebih baik, seperti menyikat gigi dan flossing, dan mengunjungi dokter gigi secara rutin, wanita pascamenopause secara umum cenderung mengalami lebih banyak potensi kehilangan gigi daripada pria pada usia yang sama,” kata Xiaodan Mai, seorang mahasiswa doktor dalam bidang epidemiologi di Departemen Kedokteran Sosial dan Pencegahan UB di Sekolah Kesehatan Masyarakat dan Profesi Kesehatan.

Para peneliti juga mengatakan bahwa perokok berat yang didefinisikan sebagai mereka yang merokok setidaknya 26 bungkus per tahun, atau setara dengan merokok satu bungkus sehari selama 26 tahun hampir dua kali lebih mungkin dilaporkan mengalami kehilangan gigi secara keseluruhan dan lebih banyak lagi. Dan enam kali lebih mungkin mengalami kehilangan gigi karena penyakit periodontal, dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah merokok.

Tags:

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat