Dampak Konsumsi Energy Drink pada Kesehatan Gigi

dokter gigi jakarta

Global Estetik – Publik menjadi semakin sadar akan pentingnya kesehatan setiap hari, membuat keputusan untuk lebih aktif dan mencoba berbagai jenis olahraga dan aktivitas fisik. Meskipun ini adalah tren yang luar biasa dalam hal kesehatan dan kesejahteraan penduduk secara keseluruhan, dokter gigi sedang berhadapan dengan satu sisi buruk dalam peningkatan frekuensi exercise ini: peningkatan konsumi minuman olahraga selama dan setelah berolahraga.

Dampak Konsumsi Energy Drink- Global Estetik Dental Care
Dampak Konsumsi Energy Drink- Global Estetik Dental Care

Dalam penelitian terbaru oleh Australian Dental Association (ADA), ditemukan bahwa 50% orang Australia sama sekali tidak menyadari kerusakan yang dapat disebabkan oleh minuman olahraga pada gigi mereka. Plus, sekitar sepertiga orang tua mengizinkan anak-anak mereka minum minuman olahraga dan tidak menyadari kerusakan permanen yang dapat disebabkan minuman ini terhadap kesehatan gigi anak-anak mereka.

Efek Negatif Minuman Olahraga pada Kesehatan Gigi

Pada dasarnya, minuman olahraga dirancang untuk memberi para atlet karbohidrat padat, sehingga mengurangi kelelahan dan meningkatkan laju pemulihan. Dengan sendirinya, minuman dan suplemen olahraga penuh dengan karbohidrat sederhana — juga dikenal sebagai gula, terutama fruktosa dan glukosa. Bahaya yang ditimbulkan gula pada kesehatan gigi telah dipahami secara luas bahkan para orang tua telah memperingatkan anak-anak mereka tentang bahaya minuman ringan selama beberapa dekade.

Tapi, bukan hanya gula dalam minuman olahraga yang menyerang gigi Anda. Minuman olahraga membawa bahaya tambahan yang tersembunyi karena memiliki tingkat keasaman yang tinggi. Keasaman ini digunakan untuk mengubah rasa minuman, atau untuk meningkatkan umur simpannya. Minuman olahraga rata-rata membawa tingkat pH asam antara 2,4 dan 4,5, yang mirip dengan sekaleng minuman ringan seperti Coca Cola.

Dampak Konsumsi Energy Drink- Global Estetik Dental Care
Dampak Konsumsi Energy Drink- Global Estetik Dental Care

Sementara air liur adalah mekanisme pertahanan alami kita melawan asam ini, dan erosi yang ditimbulkannya, jika gigi Anda terkena asam dalam minuman olahraga secara teratur, air liur Anda tidak memiliki cukup waktu untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi pada gigi.

Cara di mana minuman olahraga dikonsumsi juga berkontribusi pada masalah gigi. Minuman olahraga dan suplemen intra-olahraga sering kali diminum sedikit demi sedikit, alih-alih diminum sekaligus. Ini berarti bahwa gigi Anda mengalami pukulan atas gula dan keasaman berulang selama jangka waktu yang panjang. Ini dikombinasikan dengan fakta bahwa selama berolahraga Anda sering mengalami dehidrasi. Ketika Anda mengalami dehidrasi, aliran air liur Anda akan menurun membuat Anda memiliki kemungkinan kerusakan gigi yang lebih besar.

Gel olahraga dan permen sama berbahayanya pada kekuatan gigi Anda. Konsumsi secara konsisten dari suplemen ini berarti bahwa mereka akan menempel pada gigi Anda, meningkatkan paparan dalam keasaman dan gula. Jika Anda mengonsumsi gel dan permen ini bersama dengan minuman khusus olahraga, bahaya bagi kesehatan gigi Anda akan meningkat lebih banyak lagi.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat