Dampak Air Minum Kemasan pada Kesehatan Gigi dan Mulut

Dampak Air Minum Kemasan pada Kesehatan Gigi dan Mulut

Global Estetik – Penting untuk menjaga diri agar tetap terhidrasi, terutama jika kita atau anak kita adalah tipikal orang yang aktif. Namun, tahukah anda bahwa air minum kemasan sebenarnya bisa meningkatkan risiko kerusakan gigi? Hal ini terutama berlaku untuk anak-anak.

Perbedaan Antara Air Botol dan Air Keran Rumahan

Dampak Air Minum Kemasan- Global Estetik Dental Care
Dampak Air Minum Kemasan- Global Estetik Dental Care

Salah satu perbedaan utama antara air kemasan dan air keran adalah fluorida. Sumber air umum biasanya fluorinated untuk membantu mencegah kerusakan gigi. Fluorida sebenarnya adalah garam yang terbentuk dari kombinasi fluorin dan mineral lainnya. Ini membantu mengurangi risiko kerusakan gigi karena setiap kali anda minum air fluorinated, fluoride sebenarnya menambahkan mineral ke gigi kita dan memperkuatnya. Ini membantu mengatasi kehilangan mineral yang bisa menyebabkan rongga.

Sementara mayoritas negara bagian dan kota menambahkan fluorida ke air mereka, air kemasan biasanya tidak. Mereka tidak diamanatkan oleh badan pemerintahan manapun, jadi keputusan diserahkan sepenuhnya kepada produsen. Sebagian besar tidak akan, karena mereka mengiklankan air mereka sebagai “murni” dan “100% alami.” Mereka yang menambahkan fluoride melakukannya dalam jumlah minimal, jauh di bawah tingkat optimal yang diperlukan untuk membantu mencegah kerusakan gigi.

Dampak pada Gigi Anak

Hampir 70% orang tua memberi anak air kemasan, baik secara eksklusif atau sampingan dari air keran. Saat ini, hingga 42% anak-anak memiliki gigi berlubang pada gigi susu, dan banyak ahli percaya jumlah ini dapat dikurangi jika anak-anak minum lebih banyak air dengan fluoride yang lebih banyak. Jika seorang anak minum air kemasan, mereka kehilangan sumber fluorida yang besar. Bahkan jika mereka menyikat gigi dua kali sehari dengan pasta gigi fluoride, ini tidak banyak membuat defisit yang dibuat dengan tidak minum air fluoridated.

Air itu sendiri benar-benar membantu membasmi plak dan bakteri yang bisa menyebabkan rongga. Efek ini berlipat ganda karena air sering dikonsumsi berkali-kali dalam sehari. Hal ini dianggap sebagai salah satu dari 10 pencapaian kesehatan terbesar abad ke-20, dan telah terbukti mengurangi kerusakan gigi hingga 25%.

Jadi apa yang Bisa Orang Tua Lakukan?

Banyak orang tua mengandalkan air kemasan untuk anak-anak mereka karena kenyamanan, atau mereka menganggapnya lebih sehat. Sebenarnya, sumber air publik harus melewati panduan kesehatan yang lebih ketat daripada air kemasan, dan wadah plastik sederhana yang berisi air keran bisa sama mudahnya. Fluorida adalah bagian penting dari rejimen kesehatan mulut, oleh karena itu dokter gigi selalu menyertakan perawatan fluorida setiap kali anda membawa anak anda untuk check-up dan pembersihan. Anda tidak harus benar-benar menyerah dari air kemasan, hanya mengerti bahwa menambahkan lebih banyak air dengan flourida ke makanan anak secara efektif dapat membantu gigi mereka tumbuh dengan sehat dari waktu ke waktu.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat