Cosmetic Dentistry di Zaman Purbakala, Emang Ada? Ada Lho…

Global Estetik – Peninggalan yang baru-baru ini ditemukan dari fosil seorang wanita yang digali di Meksiko tengah terkenal karena memberi kita sekilas tentang teknik kedokteran gigi kosmetik pada masa lebih 1600 tahun yang lalu. Fosil ini tidak hanya datang dengan perhiasan gigi di gigi atasnya, ia juga memiliki semacam implan gigi di gigi bawahnya. Wanita ini, yang digambarkan sebagai wanita bangsawan, tentu memiliki banyak perawatan yang dilakukan, karena dia juga memiliki dahin yang dibentuk sesuai dengan standar kecantikan setempat pada saat itu.

Cosmetic Dentistry- Global Estetik Dental Care
Cosmetic Dentistry- Global Estetik Dental Care

Fosil qanita itu digali dari lokasi kota kuno Teotihuacan, sekitar 30 mil sebelah utara Mexico City. Nama kota berarti, “tempat di mana manusia menjadi dewa,” tetapi bukan hanya penduduk setempat yang mungkin mendapat manfaat dari pendewaan ini, karena wanita yang dimaksud itu diketahui berasal dari tempat lain.

Baca Juga :  Cara Menyikat Gigi yang Benar dan Akurat

Bagaimana para arkeolog tahu dia berasal dari tempat lain? Sebagian karena giginya. Wanita itu memiliki dua batu permata pirit di gigi atasnya. Kebiasaan ini umum di antara orang Maya, yang tinggal beberapa ratus mil ke selatan, menempati hutan-hutan Meksiko, Belize, dan Guatemala. Dan tidak mengherankan mengapa wanita itu akan datang ke kota, yang pada saat itu adalah salah satu kota terbesar di dunia, dengan mungkin 100.000 penduduk.

Tapi mengapa dia didorong untuk datang? Mungkin karena kecantikannya yang eksotis. Tidak hanya dia memiliki batu pirit (sejenis emas) di gigi atasnya, tetapi dia juga memiliki galian di gigi di rahang bawah, semacam implan gigi primitif, salah satu contoh paling awal dari upaya tersebut untuk mengembalikan gigi yang hilang. Gigi bawah prostetik terbuat dari serpentine, batu hijau dengan pola marmer yang dramatis.

Baca Juga :  8 Futuristic Teknologi dalam Dunia Kedokteran Gigi - Part 3

Namun, ini bukan satu-satunya gigi yang hilang. Dia juga kehilangan gigi insisivus lateral atas, yang seharusnya mengapit gigi dengan permata pirit. Wanita itu juga mendapat manfaat dari prosedur kosmetik yang dilakukan di kepalanya. Prosedur-prosedur ini, dikenal sebagai kompresi tengkorak. Kepalanya terikat pada papan yang merupakan cara paling mudah untuk memberikan bentuk yang memanjang. Para peneliti mengatakan bahwa ini adalah salah satu contoh paling ekstrem dari reshaping kepala yang telah mereka lihat.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat