CONTOH GIGI PALSU JAKARTA UTARA

Contoh gigi palsu jakarta utara

Contoh gigi palsu jakarta utara

 

Yuk Simak!

globalestetik.com Tidak hanya membuat susah mengunyah makanan dan berbicara, gigi yang ompong juga dapat menurunkan rasa percaya diri. Oleh sebab itu, melakukan prosedur pemasangan gigi palsu dapat menjadi solusi terbaik untuk mengembalikan senyum indah anda.

Gigi palsu 

Contoh gigi palsu jakarta utara – Gigi palsu yaitu gigi tiruan yang dapat dilepas pasang dengan tujuan untuk menggantikan gigi asli yang hilang. Jenis gigi palsu ini juga sering disebut dengan gigi palsu lepasan. Prosedur ini menjadi salah satu cara untuk merapikan gigi yang bisa menjadi opsi apabila terdapat banyak gigi yang hilang. Gigi tiruan akan dibuat semirip mungkin dengan Gigi asli agar kondisinya kurang lebih sama persis seperti sedia kala.

Tidak hanya untuk masalah estetika, gigi tiruan juga berfungsi untuk mengembalikan kemampuan mengunyah atau berbicara secara normal. Gigi lepasan biasanya lebih direkomendasikan dibandingkan dengan gigi palsu yang permanen. Hal ini disebabkan karena biayanya yang jauh lebih murah dan prosedur pemasangannya juga relatif lebih cepat.

Jenis gigi palsu 

Contoh gigi palsu jakarta utara  – Secara garis besar gigi palsu terbagi menjadi dua jenis yaitu yang permanen dan pelepasan. Gigi palsu permanen merupakan gigi yang dipasang secara permanen oleh dokter gigi yang tidak dapat dilepas pasang oleh pemakainya. Sedangkan gigi palsu lepasan yaitu gigi palsu yang dapat dilepas pasang sendiri oleh pemakainya. Mari kita bahas satu persatu jenis-jenis gigi palsu yang permanen dan lepasan.

Gigi palsu permanen

Contoh gigi palsu jakarta utara – Sejauh ini terdapat tiga macam gigi palsu permanen yang sudah dikenal, yaitu implan, crown, dan bridge.

  • Implant gigi atau dental implant

Implan gigi adalah gigi palsu permanen yang ditanam di dalam gusi dan berdiri sendiri. Implan gigi terdiri dari 2 bagian, yaitu implant dan crown+abutment. Implant adalah bagian yang ditanam di dalam gusi dan berfungsi sebagai akar buatan. Sedangkan crown+abutment adalah bagian yang membentuk struktur mahkota gigi. Selang waktu dari pemasangan implant ke pemasangan crown biasanya memerlukan waktu minimal 1,5 bulan.

Selang waktu tersebut diperlukan agar implant menyatu kuat dengan gusi, kemudian baru dipasang crown. Apabila gigi yang ompong adalah gigi depan, biasanya akan dibuatkan gigi palsu sementara. Mengenai biaya dibanding dengan gigi palsu jenis lain, implant gigi memang terbilang cukup mahal, namun tingkat kenyamanannya paling tinggi. Dan apabila anda memakai implant, tidak akan berasa seperti memakai gigi palsu.

  • Crown atau mahkota tiruan

Crown adalah mahkota palsu yang dipasang dengan tujuan untuk menggantikan struktur mahkota gigi yang rusak akibat lubang, keropos, atau patah. Crown hanya menggantikan mahkota yang rusak namun tidak menggantikan akar gigi, jadi gigi anda tidak harus dicabut dan akar gigi harus cukup kuat. Untuk kondisi gigi yang patah dapat dipasang crown. Biasanya perawatan saraf untuk gigi seri memerlukan 2-3 kali kunjungan, kemudian dapat dibuatkan pasak dan crownnya. Selama crown belum selesai dibuat, gigi anda akan dipasang crown yang bersifat sementara agar anda tetap dapat tersenyum.

Untuk anda yang dikondisi giginya keropos atau patah, jangan terlalu terburu-buru memutuskan untuk mencabut gigi. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter gigi apakah mungkin masih dapat dipertahankan dan dicrown. Karena apabila sudah terlanjur dicabut, tentu biaya pemasangan gigi palsu akan lebih mahal jika Anda memilih yang permanen, atau jika Anda memilih yang dapat dilepas pasang walaupun biayanya tidak terlalu mahal, namun tingkat kenyamanannya masih di bawah crown atau gigi palsu permanen yang lain.

  • Bridge 

Apabila anda kehilangan 1 gigi atau lebih, salah satu alternatif lainnya adalah brige. Berbeda dengan implant gigi yang ditanam di dalam gusi, bridge di sangga oleh gigi-gigi di sampingnya dan gigi-gigi tersebut akan dikecilkan dan di crown.

Gigi palsu lepasan

Contoh gigi palsu jakarta utara  – Gigi palsu lepasan secara umum juga terdapat tiga macam tergantung dari bahan pembuatannya, yaitu akrilik, valplast, dan frame (kerangka logam).

  • Akrilik

Gigi palsu lepasan dari bahan akrilik adalah yang paling ekonomis dibandingkan dengan Gigi lepasan lainnya. Platnya relatif lebih tebal dan terdapat cengkeram kawat sebagai tambahan pegangan ke gigi yang masih tersisa.

  • Valplast (flexi denture)

Gigi palsu ini tidak menggunakan cengkeram kawat dan lebih lentur serta tipis dibandingkan dengan gigi palsu akrilik dan tentunya lebih nyaman digunakan.

  • Frame (kerangka logam)

Gigi palsu frame menggunakan plat logam di bagian dalamnya. Sebab bahannya yang terbuat dari logam, plat gigi palsu dapat dibuat sangat tipis sehingga dibandingkan dengan gigi palsu lepasan lainnya, jenis ini merupakan yang paling nyaman digunakan. Seperti akrilik, jenis ini memiliki cengkeram kawat yang memegang gigi-gigi yang tersisa supaya gigi palsu lebih stabil dan tidak goyang ketika digunakan berbicara atau juga mengunyah makanan.

Persiapan sebelum memasang gigi palsu 

Contoh gigi palsu jakarta utara  – Sebelum memasang gigi palsu, konsultasikan kondisi anda dengan dokter bedah mulut. Dokter kemudian akan memeriksa keadaan gusi dan tulang penyokong gigi untuk selanjutnya menentukan rencana perawatan yang tepat. Pemeriksaan ini akan melibatkan rontgen gigi, film panorama, atau CT scan. Selain prosedur ini, dokter juga akan menanyakan riwayat medis secara menyeluruh.

Jangan lupa untuk menyampaikan kepada dokter apabila anda memiliki riwayat penyakit tertentu atau sedang rutin meminum obat. Apabila ditemukan masalah pada bagian tulang penyokong gigi, dokter akan terlebih dahulu menjalankan bedah mulut. Ini bertujuan untuk memperbaiki dan mencegah masalah gigi palsu nantinya.

Dalam kasus lain, Anda juga mungkin harus terlebih dahulu menjalani prosedur cabut gigi sebelum nantinya gigi buatan dipasang, terlebih apabila kondisi Gigi sudah tidak sempurna lagi. Apabila kondisi Gigi dan Mulut pada bagian sekitar lokasi pemasangan sudah dalam keadaan yang baik, Anda baru dapat menjalani prosedur pemasangan gigi palsu.

Hal-hal yang dilakukan setelah prosedur pemasangan gigi palsu

Contoh gigi palsu jakarta utara  – Sama halnya seperti gigi yang asli, Anda juga memerlukan perawatan untuk gigi palsu agar fungsinya tetap optimal dan awet ketika digunakan. Berikut ini merupakan beberapa langkah yang harus diperhatikan setelah anda memasang gigi palsu, yaitu:

  • Lepas dan cuci gigi tiruan dengan air yang mengalir setelah selesai makan agar gigi palsu bersih dari plak dan sisa-sisa makanan yang menempel.
  • Alasi gigi palsu dengan kain lap atau tisu untuk menghindari gigi pecah atau terjatuh ke tempat yang tidak bersih ketika membersihkannya.
  • Pastikan anda tidak menekuk pengait atau plastik supaya tidak rusak ketika membersihkannya.
  • Gunakan sikat gigi yang memiliki bulu lembut dan pasta gigi yang tidak bersifat abrasif.
  • Gerakan tangan secara perlahan ketika menyikat gigi palsu kemudian bilas dengan air bersih.
  • Bersihkan gigi tiruan sesuai dengan alur gigi dan gusi untuk menghilangkan perekat yang kemungkinan masih tersisa.
  • Hindari menggunakan pemutih gigi sebab hanya akan membuat gigi palsu berubah warna menjadi kemerahan.
  • Rendam gigi palsu ke dalam larutan khusus atau air bersih semalaman untuk menjaga kelembaban gigi dan mempertahankan bentuknya.
  • Hindari menggunakan air panas atau hangat untuk merendam gigi palsu sebab Hal ini dapat mengubah bentuknya menjadi lebih melengkung.
  • Sebelum digunakan kembali alangkah baiknya bersihkan terlebih dahulu.

Apabila selama proses ini Anda menemukan masalah pada mulut, seperti kursi yang berdarah atau juga bau mulut yang tidak wajar, sebaiknya segera konsultasikan dan kunjungi dokter gigi anda. Hal ini dapat terjadi sebab gigi palsu lepasan tidak pas sehingga dokter perlu mengecek dan menyesuaikannya kembali.

Sama halnya dengan perawatan gigi dan mulut lainnya, anda tetap disarankan untuk memeriksakan secara rutin ke dokter gigi setiap enam bulan sekali. Pemeriksaan ini bertujuan untuk memantau kesehatan gigi dan mulut Anda, sekali sekaligus juga untuk membersihkan gigi palsu dari plak dan sisa makanan yang masih menempel.

Konsultasikan kesehatan gigi Anda dengan dokter gigi yang berpengalaman. Jangan lupa kunjungi klinik kami untuk mendapatkan perawatan gigi yang optimal.

Global Estetik Cabang Jakarta Utara di

Amanyaak Building Loft Of Pluit

Jl. Pluit Selatan No.5 – 9, RT.1/RW.9, Pluit, Kec. Penjaringan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14450

Telpon Klinik: 0857-7145-2584

https://wa.me/6285771452584

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00 

Rute Google Maps

https://www.google.com/maps/dir/-6.22592,106.8302336/amanyaak/@-6.180592,106.7725125,13z/data=!3m1!4b1!4m9!4m8!1m1!4e1!1m5!1m1!1s0x2e6a1deda2032761:0x2c650975d69c46dc!2m2!1d106.7975779!2d-6.1244435

Rute  Waze :

https://www.waze.com/id/live-map/directions/id/daerah-khusus-ibukota-jakarta/amanyaak-building-loft-of-pluit?to=place.ChIJYScDou0dai4R3Eac1nUJZSw

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik

 

Penulis oleh Drg. Arnof