Cegah Karies Gigi Sedini Mungkin

dokter gigi depok

Cegah Karies Gigi Sedini Mungkin

Global Estetik -Karies di gigi disebabkan oleh kerusakan pada email yang akan berlanjut hingga dentin. Proses karies di gigi diperlukan empat faktor utama yang saling berinteraksi. Faktor-faktor tersebut, adalah host, agent, substrat, dan waktu. Nah, mekanisme terjadinya karies gigi dimulai dengan munculnya plak beserta bakteri penyusunnya.

Karies servikal merupakan kareis yang posisinya ada di sepertiga daerah mahkota gigi yang paling dekat dengan gingia atau daerah yang paling denkat dengan mahkota. Perlu Anda ketahui kalau bentuk karies servikal bisa berbentuk bulat, oval, bahkan bulan sabit. Karies bisa terjadi di satu area gigi atau lebih.

Karies bisa meluas secara radial dan bergabung dengan area lainnya. Warna yang kerap muncul dari karies adalah cokelat, hitam, maupun putih dengan tepi yang tidak beraturan meski ada atau tidaknya kavitas di akar yang terbuka. Karies servikal tidak mempunyai gejala meski akan ada rasa nyeri di sesi selanjutnya. Hal inilah yang menjadi alasan kenapa banyak pasien usia dewasa hingga lanjut usia mempunyai lesi kareis servikal namun tidak pergi ke dokter gigi untuk  perawatan.

Gejala umum yang dialami dari karies servikal adalah sensitive terhadap makanan/minuman dingin, panas, manis, maupun asam. Nah, perlahan karies akan meluas secara cepat ke daerah akar. Terbentuknya karies servikal ini karena beberapa faktor, seperti penyebab primer yang memengaruhi biofilm – lapisan tipis di permukaan gigi yang berasal dari saliva.

Kemudian, faktor modifikasi yang tidak langsunsg memnegaruhi biofilm. Lapisan sementum permukaan luar akan yang terbuka bisa hilang seiring berjalannya waktu. Khususnya dentin di bagian servikal gigi yang mempunyai tubulin dentin lebih sedikit daripada dentin mahkota gigi. Oh iya, proses terbentuknya karies servikal dipengaruhi oleh adanya cement enamel junction (CEJ).

Tidak hanya faktor primer saja, faktor kausatif karena usia, iatrogenic (ortodontik/perawatan prostetik) dan merokok, serta penggunaan sikat gigi yang tidak tepat akan memngaruhi kualitas kebersihan gigi. Perawatan terhadap karies servikal bisa dilakukan sedini mungkin meski lubang yang tampak masih kecil. Tipe karies ini akan memengaruhi jaringan lain yang mengarah ke akar sehingga jika tidak dilakukan perawatan, karies akan meluas dan menyebabkan gigi mudah keropos.

Kalau saja karies servikal berada sedalam enamel atau lapisan terluar gigi, maka tindakan yang wajib Anda lakukan adalah fluoridasi guna me-remineralisasi enamel.  Kalaupun kedalaman karies servikal mencapai daerah ruang pulpa sehingga gejala nyeri sepontan Anda rasakan, maka perawatan yang perlu dilakukan adalah perawatan saluran akar.

Jika sudah melakukan perawatan, selanjutnya Anda bisa berkonsultasi kepada dokter gigi Bandung yang sudah teruji kemampuannya. Dan, jangan lupa untuk mengunjungi Klinik gigi Global Estetik yang selalu memberikan ulasan terbaik.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat