Cegah Gigi Berlubang Dengan Perawatan Fluoridasi

klinik gigi bandung

Cegah Gigi Berlubang Dengan Perawatan Fluoridasi

Global Estetik – Gigi yang berlubang memang menjadi masalah besar untuk kebanyakan orang. Selain menimbulkan rasa yang tidak nyaman ketika makan, gigi berlubang juga kerap membuat bau mulut menjadi tidak sedap. Berbagai cara dilakukan untuk mencegah gigi berlubang, seperti rajin menggosok gigi, memakan buah-buahan dan sayur-sayuran, tapi masih saja timbul lubang dalam gigi. Salah satu cara yang patut dicoba untuk mencegah berlubangnya gigi anda yaitu dengan fluoridasi.

Fluoridasi adalah suatu tindakan pencegahan dengan mencuci gigi dengan fluoride di seluruh permukaan gigi sehingga gigi akan lebih tahan terhadap potensi gigi berlubang. Melalui perawatan fluoridasi, akan terbentuk lapisan tahan asam. Proses terbentuknya yaitu melalui peningkatan proses pembentukan struktur mineral gigi atau disebut reminiralisasi, kandungan fluoride pada saat remineralisasi akan membentuk fluor apatit yang tahan terhadap asam.

Perlu diketahui, gigi berlubang terjadi ketika terdapat ketidakseimbangan antara faktor pertahanan (protektif) dengan faktor penyebab (patologik) yang akan menimbulkan gangguan pelarutan struktur mineral gigi atau disebut demineralisasi. Apabila terdapat sisa makanan yang menempel pada permukaan gigi maka akan terfermentasi bakteri yang memproduksi asam.

dokter gigi depokAsam yang timbul ini akan membuat PH air liur rendah yang menyebabkan proses demineralisasi lebih banyak terjadi dari pada proses remineralisasi. Dari situlah timbul lubang pada gigi. Untuk itu perawatan fluoridasi agar gigi tahan terhadap asam dapat mencegah gigi anda berlubang. Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa fluoridasi memiliki tingkat keberhasilan hingga 43 persen dalam mencegah gigi berlubang dan penumpukan plak pada gigi.

Perawatan fluoridasi sangat dianjurkan bagi anak-anak berusia 2-14 tahun. Ini dikarenakan anak-anak memang lebih rentan mengalami gigi berlubang dibandingkan orang dewasa. Fluoridasi dapat dilakukan pada anak-anak maupun pada orang dewasa. Sekarang bahan fluoridasi sudah dapat ditemukan pada produk-produk gigi bahkan terdapat fluor, garam, susu bahkan ada apa air mineral.

Akan tetapi kadar fluor yang ditemukan dalam air minum yang berasal dari tanah, air PAM, dan air kemasan sangatlah rendah yaitu jauh di bawah 0,3 ppm. Untuk itu perlu juga penambahan kadar fluor dalam tubuh. Untuk proses fluoridasi yang dilakukan oleh dokter gigi melalui beberapa proses.

Pertama dokter akan terlebih dulu melakukan scalling untuk menghilangkan sisa makanan dan karang gigi. Kemudian pasta fluoride akan dioleskan pada seluruh permukaan gigi lalu baru setelah itu dokter akan mengedukasi instrusi.

Tentunya Anda tidak menginginkan gigi Anda berlubang bukan? Beberapa klinik kesehatan gigi telah menawarkan perawatan untuk fluoridasi gigi ini.

Tertarik untuk melakukan perawatan fluoridasi? Perawatan fluoridasi juga dapat dilakukan di pelayanan kedokteran gigi modern futuristic dengan service terbaik di Global Estetik. Klinik gigi depok ini menawarkan beberapa perawatan gigi dengan promo sehingga harganya akan lebih terjangkau.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat