2 Cara Termudah Membersihkan Karang Gigi Menyeluruh

Cara termudah membersihkan karang gigi cara alami menghilangkan karang gigi Cara Mencegah Karang Gigi

2 Cara Termudah Membersihkan Karang Gigi Menyeluruh

Global Estetik – Plak merupakan campuran lengket antara bakteri dan zat-zat yang mereka keluarkan. Bakteri memproduksi bahan kimia perekat disebut mucopolysaccharides. Di sinilah kemudian bakteri hidup dan menempel pada gigi.

Pada awalnya, campuran lengket ini hanya seperti lapisan berlendir yang rapuh dan mudah luruh saat tersapu sikat gigi. Banyak yang mengatakan bahwa lapisan biofilm ini seperti lapisan kotoran di akuarium yang sangat mudah dibersihkan dengan kain lap. Namun itu jika Anda memiliki kebiasaan rajin menyikat gigi.

Jika tidak, bakteri yang bertahan akan melepaskan zat asam yang dapat membuat lapisan lendir perlahan mengeras yang pada akhirnya membentuk karang gigi atau kalkulus. Tak hanya itu, pelepasan asam yang tak terkendali juga berpotensi merusak enamel gigi. Dalam jangka waktu lama, kondisi ini akan menyebabkan munculnya lubang pada gigi.

Karang gigi bisa dikatakan plak yang membatu. Jika sudah terbentuk, tak akan bisa terkikis atau luruh dengan sikat gigi. Proses pengangkatannya harus melibatkan dokter gigi disinilah cara termudah membersihkan karang gigi menjadi krusial.

Gejala-Gejala Karang Gigi

Karang gigi juga memiliki gejala-gejala tertentu. Apa saja gejalanya? Berikut penjelasannya!

  1. Rasa sakit saat mengunyah
  2. Gusi sakit dan berdarah saat menyikat gigi
  3. Bau mulut yang tidak hilang
  4. Gusi merah dan bengkak
  5. Gigi goyang dan sensitive
Cara Termudah Membersihkan Karang Gigi

Pembersihan karang gigi yang paling mudah adalah dengan menyerahkannya kepada dokter gigi dengan bantuan alat secara manual atau dengan alat ultrasonic, dimana alat ini bekerja dengan getaran ultrasonik pada bagian ujungnya yang berbentuk sedikit runcing agar dapat memecah karang gigi hingga ke tempat yang sulit dijangkau, termasuk karang gigi yang ada di bawah gusi.

Dengan cara penggunaan yang benar dan tepat sesuai petunjuk pemakaian, alat ultrasonic ini cukup aman bagi permukaan gigi dan akar. Dan tidak ada sejenis obat atau cairan tertentu yang dapat digunakan untuk membersihkan karang gigi.

Salah satu opsi murah yang perlu rutin dilakukan dalam tips cara membersihkan karang gigi adalah benang gigi. Produk ini dapat kamu beli di apotik atau dokter gigi. Gunakan floss gigi untuk membersihkan gigi secara menyeluruh.

Cara termudah membersihkan karang gigi adalah dengan mengunjungi dokter gigi di klinik Global Estetik yang tetap buka selama pandemi COVID-19. Pastikan untuk booking via WA terlebih dahulu ya!

Tags:

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat