Cara Splinting Gigi Goyang Jakarta Selatan 

Cara splinting gigi goyang jakarta selatan

Cara splinting gigi goyang jakarta selatan

 

Yuk Simak!

globalestetik.com – Gigi goyang merupakan suatu kondisi di mana salah satu gigi menjadi longgar atau mudah digerakkan, terutama jika dirasakan dengan lidah atau jari tangan. Gigi dapat mengalami kelonggaran karena akar mulai terpisah dari gusi dan tulang yang menopang rahang.  Kondisi ini sangat umum terjadi pada anak-anak. Gigi sulung yang goyang menandakan bahwa gigi sulung sudah tanggal dan siap untuk digantikan oleh gigi tetap. Namun, apabila gigi goyang terjadi pada orang dewasa, kondisi tersebut bisa menjadi pertanda adanya masalah yang lebih serius.

Cara splinting gigi goyang jakarta selatan – Solusi yang dapat dilakukan apabila gigi goyang terjadi pada orang dewasa ialah dengan melakukan pemasangan splint gigi. Splinting gigi merupakan suatu metode yang dilakukan dengan teknik menempelkan gigi yang lepas ke gigi bagian dekatnya yang masih kuat. Cara ini bisa dilakukan saat gigi masih sedikit mencengkeram gusi dan tulang rahang. Gigi yang longgar dapat diikat dengan kawat tipis yang dirancang khusus untuk prosedur ini. Bahan pengikat dengan serat dan serat khusus juga tersedia dan dapat digunakan untuk meningkatkan penampilan dan keindahan gigi. 

Gejala Gigi Goyang

Cara splinting gigi goyang jakarta selatan  – Gejala gigi goyang sangat bervariasi dari satu orang ke orang lain, tergantung pada penyebab yang mendasarinya. Namun, secara umum, tanda-tanda yang harus diwaspadai adalah: 

  • Gigi akan bergerak saat Anda menyikat atau flossing.  
  • Gusi mengalami bengkak dan berwarna kemerahan.  
  • Gusi yang mudah berdarah.  
  • Gigi bermasalah dan terasa sakit bahkan dengan rangsangan sekecil apa pun.  
  • Gusi tampak kendur atau retraksi (gusi surut). 
  • Akar pada gigi terlihat.

Apabila Anda mengalami tanda tersebut atau gejala yang tidak tercantum di atas. Jika Anda khawatir tentang kondisi tertentu, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter gigi atau bertanya langsung kepada mereka. Jika gigi Anda goyang dengan demam tinggi, nyeri yang berlangsung lebih dari 2 hari, tidak membaik dengan pengobatan, dan Anda kesulitan membuka mulut lebar-lebar,

Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter. Setiap tubuh kemungkinan memiliki reaksi yang berbeda – berbeda. Semakin cepat penyakit ini diperhatikan dan langsung ditangani dokter semakin rendah risiko komplikasi. Pergerakan gigi yang mudah (gigi goyang) pada orang dewasa biasanya karena adanya riwayat masalah gigi dan mulut. 

Masalah Penyebab Gigi Goyang

Cara splinting gigi goyang jakarta selatan – Berikut penyakit yang menyebabkan gigi Anda goyang:

  • Penyakit periodontal

Gigi yang keras seringkali disebabkan oleh penyakit gusi (periodontitis). Penyakit gusi adalah infeksi gigi serius yang disebabkan oleh kebersihan mulut dan kondidi gigi yang buruk. Jika Anda tidak sering menyikat dan menggunakan benang gigi, maka partikel makanan yang menempel di permukaan gigi akan menjadi plak.  Plak itu sendiri adalah lapisan licin dan lengket yang diisi dengan partikel makanan dan jutaan bakteri.

Plak yang terus menumpuk lama kelamaan bisa mengeras dan membentuk karang gigi atau tartar. Kalkulus biasanya terbentuk di atas dan di bawah garis gusi. Semakin gelap karang gigi, menandakan semakin banyak plak yang menumpuk. Gigi yang dipenuhi karang gigi lebih rentan terhadap infeksi. Jika gigi yang berkarang tidak segera diobati, maka akan mengakibatkan infeksi yang dapat berpengaruh pada pengikisan tulang dan jaringan di sekitar gigi. Dalam kondisi ini, gigi menjadi longgar dan rontok atau mudah rontok. 

  • Kerusakan gigi

Gigi goyang juga dapat ditimbulkan oleh pukulan keras ke mulut atau wajah. Dampak parah ini dapat disebabkan oleh kecelakaan, jatuh, cedera olahraga, atau teknik perawatan gigi yang tidak tepat.  Selain membuat gigi lebih goyang, cedera mulut juga dapat mematahkan gigi atau merusak tulang dan jaringan yang menopangnya. Jadi jika Anda mengalami luka di area mulut, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter gigi. Mungkin gigi Anda bisa terlihat cantik dari luar. Namun, masalah dengan tulang dan jaringan yang menopang gigi dapat terjadi, yang mana memerlukan perawatan segera.

  • Kebiasaan menggemertakan gigi 

Cara splinting gigi goyang jakarta selatan  – Dalam kedokteran, kebiasaan menggemeretakkan gigi disebut bruxism (braxomania). Jika Anda memberi banyak kekuatan pada gigi Anda, Anda mungkin secara tidak sadar meretakkan atau mengendurkannya. Kondisi ini juga dapat menyebabkan gigi sensitif, sakit rahang parah, kelainan bentuk rahang, sakit kepala, dan gigi bengkok. 

  • Perubahan hormonal selama kehamilan

Fakta yang sedikit diketahui adalah bahwa perubahan hormonal selama kehamilan juga dapat mengendurkan gigi. Faktanya, hormon progesteron dan estrogen meningkat selama kehamilan, menyebabkan tulang dan jaringan lunak di sekitar gigi mengendur. Saat wanita sedang hamil, gigi wanita tersebut akan tumbuh kembali. Namun, jangan abaikan munculnya gejala pada gigi dan mulut saat hamil. Apalagi jika Anda sudah memiliki riwayat penyakit gigi atau mulut. Hal ini penting agar Anda dapat mengenali kemungkinan masalah pada gigi Anda atau masalah lain di mulut Anda. 

  • Osteoporosis

Osteoporosis adalah penyakit yang menyebabkan tulang menjadi rapuh, rentan berlubang dan rusak. Meskipun kondisi ini lebih sering terjadi pada tulang belakang dan pinggul, kondisi ini juga dapat mempengaruhi tulang yang menopang gigi.  Wanita dengan osteoporosis tiga kali lebih mungkin memiliki gigi goyang daripada wanita sehat. Hal ini dapat terjadi karena osteoporosis juga dapat menyerang jaringan tulang di rahang yang menopang gigi. Dampak yang dihasilkan yaitu tulang rahang menjadi rapuh dan tidak bisa lagi menopang gigi seperti dulu. Akibatnya, gigi menjadi longgar atau rontok. 

Faktor apa yang menyebabkan gigi goyang?

Cara splinting gigi goyang jakarta selatan Ada banyak faktor yang meningkatkan risiko gigi goyang. Berikut adalah beberapa faktor penyebabnya diantaranya:

  • Mengabaikan kebersihan mulut dan gigi. 
  • Kebiasaan merokok atau mengunyah tembakau.  
  • Kekurangan fluorida. 
  • Terlalu banyak makan makanan dan minuman yang terlalu manis atau terlalu asam.  
  • Sedang dirawat karena osteoporosis dengan bifosfonat. 
  • Mempunyai riwayat penyakit tertentu, seperti diabetes, HIV/AIDS, atau kanker. 
  • Penuaan juga merupakan faktor penyebab kerusakan gigi. Ini karena seiring bertambahnya usia, gigi kita aus dan gusi kita mulai surut. Sehingga membuat gigi lebih mudah rontok. 

Prosedur tindakan diagnosis gigi goyang dengan pemasangan splint gigi

Cara splinting gigi goyang jakarta selatan – Pertama, pasien harus diperiksa secara fisik. Dokter terlebih dahulu mengamati gigi pasien, kemudian menggerakkan gigi yang bermasalah dengan alat khusus untuk menentukan seberapa longgar gigi tersebut. Setelah itu, pasien harus menjalani pemeriksaan lebih lanjut seperti menjalani pemeriksaan rontgen gigi dengan rontgen. Rontgen gigi dapat membantu pasien dan dokter mendapatkan gambar rahang, gigi, dan gusi yang jelas.

Rontgen biasanya diambil segera setelah dokter selesai melakukan pemeriksaan fisik.  Rontgen itu sendiri memakan waktu sekitar 10-15 menit.  Jika hasil rontgen mengungkapkan masalah gigi, dokter akan mendiskusikan rencana perawatan yang tepat untuk mengobati kondisi tersebut. Biasanya dokter akan merekomendasikan tes lain untuk membuat diagnosis. 

Seperti disebutkan di atas, gigi bengkok atau goyang dapat memiliki banyak penyebab. Untuk itu, sebelum mengonsumsi obat apa pun atau mengambil tindakan untuk merawat gigi yang goyang, terlebih dahulu harus ditentukan penyebabnya. Karena penyebabnya relatif kecil, beberapa orang bisa berhasil dengan perawatan gigi sederhana. Jika gigi yang goyang masih menempel kuat pada gusi, biasanya dokter akan memasangkan splint gigi.

Prosedur pemasangan splint gigi dilakukan dengan menempelkan sepotong logam pada gigi di sebelah gigi yang goyang.  Pemasangan potongan logam ini dimaksudkan untuk membantu menopang gigi agar posisinya tetap kokoh di gusi.  Pilihan lainnya adalah perawatan root planing. Dalam metode ini, dokter melakukan teknik dengan menghaluskan permukaan akar untuk membantu gusi menempel pada gigi yang goyang. Sehingga tujuan pemasangan splint gigi ialah untuk menguatkan gigi yang goyang.

Konsultasikan kesehatan gigi Anda dengan dokter gigi yang berpengalaman. Jangan lupa kunjungi klinik kami untuk mendapatkan perawatan gigi yang optimal.

Global Estetik Cabang Jakarta Selatan di

Grand ITC Permata Hijau Lantai 1 Blok D9/B 

Jl. Arteri Permata Hijau, RT.11/RW.10, Grogol Utara, Kec. Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12210

( Sebelah Toko Emas Princess )

https://wa.me/6285813313640 

Telpon Klinik :  085813313640 

Buka senin s/d minggu

Jam 10.00 – 20.00

Rute GMaps: https://www.google.co.id/maps/dir/-6.3910531,106.8296376/global+estetik+itc+permata+hijau/@-6.3076677,106.7219183,12z/data=!3m1!4b1!4m9!4m8!1m1!4e1!1m5!1m1!1s0x2e69f13fe789eabb:0x66059b13fa2076e5!2m2!1d106.7834065!2d6.2205372

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik  

Temukan saya di Google Maps! https://maps.app.goo.gl/wJzC2AXd9KbjWLGO2 

 

Penulis oleh Drg Arnof