Cara Mudah Pantau Kesehatan Gigi Menggunakan Sensor Gigi

dokter gigi depok

Global Estetik – Satu lagi penemuan teknologi terbaru pada dunia kedokteran gigi, yaitu sensor gigi. Sesuai dengan namanya, sensor ini dipasang pada gigi dan berguna untuk mencatat berbagai asupan makanan maupun minuman dalam sehari. Sensor canggih yang satu ini merupakan hasil temuan dari seorang Ilmuwan yang berasal dari Tufts University.

Cara penggunaan sensor ini sangat mudah, yaitu cukup di pasang di gigi maka secara nirkabel akan terhubung pada ponsel pnggunanya. Meskipun ukurannya kecil hanya 2×2 milimeter, sensor ini mampu mencatat informasi mengenai berbagai asupan makanan seperti gula, alkohol dan garam. Tak hanya itu saja, sensor ini juga bisa digunakan untuk memantau kesehatan gigi, sehingga bisa membantu anda untuk menjaga kesehatan gigi.

Hadirnya sensor ini memang sengaja diciptakan oleh para peneliti untuk membantu mengelola asupan nutrisi dalam tubuh. Dengan begitu diharapkan akan membantu menjaga pola makan dan meningkatkan kesehatan tubuh seseorang. Sensor gigi ini juga bisa dipakai untuk mengumpulkan sampel liur yang nantinya akan digunakan untuk mengukur komplikasi pada tubuh seseorang.

Pantau Kesehatan Gigi Menggunakan Sensor Gigi-Global Estetik
Pantau Kesehatan Gigi Menggunakan Sensor Gigi-Global Estetik

Dengan munculnya sensor terbaru ini diharapkan bisa menjadi solusi terbaik dibandingkan teknologi sebelumnya yang lebih terbatas. Sebab pada alat sebelumnya, para pasien harus menggunakan pelindung mulut. Namun sensor ini tidak membutuhkan pelindung mulut, karena alat ini bisa melekat dengan baik di permukaan gigi meskipun tidak merata.

Selain bisa dipasang di gigi, perangkat sensor ini juga bisa diletakkan pada bagian tubuh lainnya lalu digunakan untuk pengambilan berbagai senyawa kimia secara berbeda. Berdasarkan hasil penelitian terhadap sensor ini, diketahui bahwa lapisan bioresponsif pada sensor bisa digunakan untuk senyawa lainnya.

Bahkan pada sensor ini juga digunakan teknologi RFID umum, sehingga menjadikan kerja alat ini secara dinamis mampu membaca serta mengirimkan informasi sesuai tempatnya di dalam mulut. Meskipun sensor yang satu ini terdengar sangat canggih, namun belum bisa dipastikan kapan alat ini akan tersedia di publik.

Dengan adanya sensor gigi ini diharapkan memudakan masyarakat untuk mengontrol asupan makanan yang dikonsumsi sebagai bahan pertimbangan untuk kesehatan tubuh dan gigi. Dengan penggunaan yang sederhana, maka diharapkan akan semakin meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga kesehatan gigi.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat