5 Cara Merawat Gigi Behel Praktis Agar Tidak Kuning

cara merawat gigi behel praktis

Global Estetik – Saat ini, kawat gigi atau lebih dikenal behel sangat digandrungi semua kalangan baik remaja, muda mudi maupun yang sudah dewasa dan karenanya cara merawat gigi behel praktis menjadi informasi penting untuk diperhatikan.

Behel dipasang dengan tujuan agar gigi yang tumbuh tidak rapi, boneng, dan cenderung tumbuh menghadap keluar menjadi lebih rapi dan tertata. Secara fungsi, kawat gigi yang dipasang meratakan posisi gigi dengan cara mendorong dan menahan pergerakan pada gigi sehingga lambat laun menjadi benar-benar rapi sesai yang diinginkan.

Contohnya kulit (kikil), daging, berondong jagung dan tulang. Makanan-makanana seperti itu harus dijauhi. Malah terkadang bagi gigi dengan sela-sela lebih lebar menimbulkan masalah baru yaitu banyaknya makanan yang terselip dan membuat gusi berlubang. Tahan dulu mengkonsumsi makanan seperti itu sampai keadaan gigi siap setelah behel gigi sudah layak lepas.

  • Sikat gigi secara teratur

Jangan malas menggosok gigi. Usahakan gosok gigi dengan perlahan dan hati-hati karena ada benda non-gigi di seputar gigi yaitu kawat behel gigi.

Cari sikat yang lembut agar bisa menyikat sampai ke sela-sela gigi, sela-sela kawat dan tidak menimbulkan rasa nyeri di gigi. Bisa juga dengan sikat gigi dan pasta gigi sesuai rekomendasi dokter gigi. Bisa juga menggunakan pasta gigi yang ada fluoride-nya yang bisa mencegah segala masalah di gigi.

  • Gosok gigi sehabis makan

Usahakan setelah makan menggosok gigi. Makan apapun, usahakan bila bisa menggosok gigi. Hal ini untuk mencegah sisa makanan mengendap di sela-sela gigi atau di sela-sela kawat behel giginya.

  • Hindari makanan yang lengket dan meninggalkan remah-remah

Makanan yang terlalu lengket seperti dodol dapat menyelinap ke dalam sela-sela gigi dan kawat behel. Hal ini tentu akan meninggalkan sisa makanan pada gigi yang justru dapat memicu timbulnya kuman dan mengakibatkan pengeroposan gigi.

Selain itu makanan yang memiliki remah-remah ketika dikunyah seperti kacang, cokelat, karamel, kerupuk usahakan sehabis makan langsung kumur-kumur atau gosok gigi agar tidak ada sisa makanan tertinggal di sela-sela gigi atau kawat behel.

  • Gunakan obat kumur seperti mouth wash agar mulut dan gigi bersih.
  • Rutin periksakan ke dokter

Lakukan chek up minimal 1 kali sebulan dan maksimal 6 bulan sekali agar perawatan gigi behel terjamin.

  • Gunakan benang gigi atau Dental floss

Benang gigi atau Dental floss dapat membantu membersihkan sisa sisa makanan disela sela gigi yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi.

Itulah beberapa tips untuk menjelaskan cara merawat gigi behel praktis khusus untuk kamu yang mempunyai gigi berbehel. Semoga bermanfaat!

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat