Cara Merangsang Gigi Bayi untuk Cepat Tumbuh

klinik gigi bandung Cara Merangsang Gigi Bayi

Cara Merangsang Gigi Bayi untuk Cepat Tumbuh

Global Estetik – Perlu diketahui, makanan yang lunak kurang cukup untuk menjadi cara merangsang gigi bayi untuk tumbuh. Justru dengan diberi makanan yang agak sedikit lebih keras, otot-otot pengunyahan, gigi dan tulang rahang akan bekerja lebih keras dan memberi stimulasi bagi pertumbuhan gigi dan tulang.

Pertumbuhan gigi juga dapat dirangsang dengan memberi anak mainan yang dapat digigit-gigit. Fungsinya sama, yaitu untuk memberi stimulasi bagi gigi dan tulang. Namun jangan lupa memperhatikan kebersihan mainan tersebut mengingat mainan itu akan masuk ke mulut anak, dan pilih mainan yang aman dan bebas zat beracun.

Cara Merangsang Gigi Bayi

Memberi mainan yang berguna untuk menstimulus pertumbuhan gigi sering disebut dengan teether. Sebenarnya penggunaan mainan ini dianjurkan sejak umur 5 bulan, sebab dipercaya bahwa teether memang berguna untuk mempercepat tumbuh gigi. Pilihlah teether yang terbuat dari bahan yang aman.

Kandungan kalsium pada susu juga sangat membantu pertumbuhan gigi anak, oleh karena itu walaupun anak sudah lebih dari 6 bulan usahakan tetap memberi ASI yang cukup. Tips ini sebenarnya adalah cara merangsang gigi bayi yang paling paripurna untuk dikerjakan para orang tua.

Selain itu, beri makanan pembantu ASI yang mengandung kalsium seperti ikan laut dan beberapa jenis sayuran. Orang tua juga jangan terlalu khawatir, sebab banyak juga bayi yang bakan aru tumbuh gigi pada umur 10 bulan bahkan 1 tahun.

Bagi sebagian bayi, pertumbuhan gigi dapat diartikan sebagai suatu masa ketidaknyamanan yang teramat dan juga suatu waktu dimana ia akan banyak menangis karena pertumbuhan tersebut. Sedangkan bayi yang lain mungkin saja melewati masa pertumbuhan gigi dengan cukup cepat, bahkan tanpa adanya terlalu banyak keluhan.

Tanda-tanda bayi akan tumbuh gigi diantaranya adalah si kecil mulai sering menggigit jari atau benda, kadang digigit seperti orang yang gemas bahkan jari orang tua pun akan diarahkannya mulut untuk digigit. Orang tua juga dapat melihat pembengkakan pada gusi bayi, biasanya hal ini lebih dulu terlihat pada gusi bawah. Jika sudah mulai terlihat, cobalah untuk mengadopsi cara merangsang gigi bayi yang paling akurat untuk buah hati Anda.

Karena kebiasaan ini, ketika umur bayi sudah mencapai 6 – 7 bulan, orang tua sebaiknya jangan meletakkan sembarangan benda di dekat mereka. Sebab pada saat ini anak sangat suka menggigit apapun yang dapat dijangkaunya.

Selalu pastikan mereka mengenakan pakaian yang bersih dan tidak ada juntaian mainan atau pernak pernik pada baju tersebut karena akan sangat berbahaya jika pernak-pernik tersebut digigit dan tertelan. Untuk konsultasi lebih lanjut, kunjungi klinik Global Estetik ya!

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat