Tips Ampuh: Cara Menggosok Gigi yang Baik dan Benar

dokter gigi depok Cara Menggosok Gigi yang Baik dan Benar

Tips Ampuh: Cara Menggosok Gigi yang Baik dan Benar

Global Estetik – Cara paling tepat membersihkan gigi adalah dengan menggosok gigi. Ada banyak cara untuk membersihkan gigi baik alami maupun dengan obat kumur, namun menggosok gigi-lah cara terbaik membersihkan gigi, karena dapat menjangkau keseluruh bagian gigi.

Menggosok gigi tidaklah hal yang baru di telinga kita, karena dari sejak masih anak-anak telah diajarkan dan diwajibkan untuk menggosok gigi dengan teratur. Namun masih banyak orang menggosok gigi dengan cara yang salah. Lalu bagaimana cara menggosok gigi yang baik dan benar ?

Cara Menggosok Gigi yang Baik dan Benar

Sebelum kepada cara menggosok gigi, pilihlah sikat gigi yang baik untuk digunakan serta pasta gigi yang mengandung bahan yang dibutuhkan oleh gigi untuk mencegah terjadinya kerusakan pada gigi. Banyak cara menggosok gigi yang benar. Salah satu cara yang benar dan aman bagi gigi dan gusi sekitarnya yang akan saya paparkan lengkap beserta gambarnya, adalah sebagai berikut :

  • Permukaan luar gigi. Pegang sikat gigi dengan sudut kemiringan 45 derajat. Letakan permukaan bulu sikat pada gusi. Lalu gerakkan sikat ke arah mahkota gigi dengan gerakan setengah memutar dan satu arah, jangan bolak balik! Lakukan 8 kali setiap permukaan luar gigi kedua rahang dengan tekanan yang ringan.
  • Permukaan kunyah. Permukaan kunyah gigi digosok dengan cara horizontal maju – mundur (dua arah) sebanyak 8 kali baik di rahang atas maupun di rahang bawah.

Cara Menggosok Gigi yang Baik dan Benar

  • Permukaan dalam gigi. Permukaan dalam gigi yang berada di sebelah kiri dan kanan lakukan seperti gerakan menggosok permukaan luar gigi. Untuk permukaan dalam gigi bagian depan, letakkan sikat gigi pada gigi dengan posisi lurus kedepan. Gosok gigi dengan gerakkan menarik sikat ke depan secara satu arah, jangan bolak balik! Lakukan 8 kali dengan tekanan yang ringan.
  • Permukaan lidah. Permukaan lidah sering dilupakan untuk dibersihkan. Gosok lidah dengan permukaan sikat dengan lembut dan tekanan ringan sekali saja.
  • Berkumur. Berkumurlah sekali saja atau sekedar membilas busa pasta gigi yang ada. Agar kandungan flouride pasta gigi tidak larut.

Demikianlah tips Cara Menggosok Gigi yang Baik dan Benar. Ingat! Waktu yang tepat untuk menggosok gigi adalah, pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Menggosok gigi minimal 3 menit tiap kali menggosok gigi dan jangan menggosok gigi lebih dari 3 kali dalam sehari. Menggosok gigi yang berlebihan dapat membunuh bakteri baik di dalam mulut. Berikan tekanan yang ringan agar tidak melukai gusi di sekitar gigi.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat