6 Langkah Cara Mencabut Gigi yang Aman

alternatif cabut gigi cara mencabut gigi yang aman

6 Langkah Cara Mencabut Gigi yang Aman

Global Estetik – Mencabut gigi sendiri di rumah atau tanpa pergi ke dokter gigi, biasanya dilakukan saat fase gigi susu tanggal. Karena gigi susu yang akan tanggal memiliki akar yang pendek dan sangat mudah untuk dicabut tanpa menggunakan alat bantu. Gigi susu atau nama lainnya gigi sulung adalah gigi sementara yang nantinya akan digantikan dengan gigi permanen.

Menjelang tanggal, akar dari gigi susu akan mengalami resorbsi sehingga memendek sedikit demi sedikit, sehingga gigi akan mengalami kegoyangan karena kehilangan perlekatan. Lalu bagaimana cara mencabut gigi yang aman?

Cara Mencabut Gigi yang Aman

Perhatikan beberapa hal dibawah ini agar pencabutan gigi dapat dilakukan dengan baik dan aman. Gigi yang dapat dicabut adalah gigi susu, dan tidak dapat dilakukan pada gigi permanen. Karena gigi permanen memiliki akar yang panjang dan tidak mudah goyang tanpa adanya kelainan.

  1. Pastikan gigi susu sudah waktunya tanggal. Hal yang pertama adalah memastikan bahwa gigi susu sudah waktunya tanggal dan goyang. Untuk mencegah agar tidak terjadinya tanggal prematur dari gigi susu. Maksudnya adalah agar benih gigi permanen tidak kehilangan arah tumbuhnya, karena gigi susu merupakan petunjuk arah tumbuhnya gigi permanen.
  2. Cara Mencabut Gigi yang AmanJari tangan harus bersih. Jari tangan hingga pergelangan tangan harus dalam keadaan bersih. Cuci tangan dengan sabun terlebih dahulu. Karena mencabut gigi akan membuat sebuah luka di gusi. Maka dari itu tangan harus bersih, agar bakteri dan kuman pada tangan yang kotor tidak masuk melalui luka pada gusi dan menyebabkan infeksi.
  3. Goyangkan terlebih dahulu. Goyangkan sedikit demi sedikit. Hindari melakukan pencabutan apabila gigi belum sangat goyang. Lakukan dengan sedikit tekanan agar jaringan yang melekat terlepas dari akar gigi.
  4. Cabut. Lakukan gerakan mencabut dengan hati – hati dan pelan – pelan. Agar pegangan dapat terkontrol dan gigi dapat terlepas dengan aman.
  5. Bius alami. Apabila merasa kurang percaya diri atau sedikit takut dengan rasa sakit, lakukanlah bius atau anastesi alami dengan es batu. Tempelkan es batu pada gusi dibawah gigi yang akan dicabut sekitar 1 – 2 menit, sampai gusi benar – benar terasa dingin. Sensasi dingin juga mempercepat pembekuan darah setelah pencabutan.
  6. Jangan terlalu banyak berkumur. Kumur secukupnya. Karena berkumur yang berlebihan malahan membuat darah susah membeku, sehingga darah akan terus mengalir.

Itulah beberapa tips cara mencabut gigi yang aman atau tanpa pergi ke dokter gigi untuk gigi susu. Namun apabila gigi susu tidak goyang walau sudah waktunya tanggal, pergilah ke Global Estetik agar mendapat penanganan yang baik.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat