Cara Menambal Gigi Berlubang Sendiri Bogor

 

 

Gigi Berlubang

Cara menambal gigi berlubang sendiri Bogor, Jawa Barat – Gigi berlubang adalah suatu kondisi masalah yang terjadi pada gigi. Kondisi ini bisa dialami oleh semua orang, baik muda maupun tua. Gigi berlubang disebabkan oleh plak yang tercipta dari sisa makanan, bakteri, dan air liur. Pada saat gigi jarang dibersihkan, maka bakteri yang ada di dalam plak dapat menghasilkan asam yang mengikis gigi. Gigi yang berlubang sering kali menimbulkan rasa sakit dan nyeri yang luar biasa. Bahkan untuk sebagian orang tidak bisa menahannya apabila kondisi gigi berlubang sampai menyebabkan bengkak pada gusi dan pipi sebagai area sekitar gusi. Apabila tidak segera ditangani, kondisi tersebut dapat menyebabkan gigi terinfeksi bahkan lepas dengan sendirinya.

 

cara menambal gigi berlubang sendiri bogor

cara menambal gigi berlubang sendiri bogor

 

Cara mengatasi gigi berlubang

Cara menambal gigi berlubang sendiri Bogor – Apabila rasa sakit akibat gigi berlubang sudah tidak bisa ditahan, ada beberapa cara yang dapat dilakukan sebagai usaha untuk meredakan rasa sakit dan nyeri. Berikut merupakan cara yang aman untuk dilakukan.

  1. Kompres

Cara mengatasi gigi berlubang yang dapat dilakukan pertama yaitu dengan mengompres gigi. Suhu dingin pada es batu dapat menyebabkan rasa sakit di bagian gigi mereda untuk jangka waktu sementara. Cara melakukannya yaitu bungkus bongkahan es batu dengan menggunakan kain yang lembut. Selanjutnya, tempelkan di bagian pipi yang terasa sakit.

  1. Kumur air garam

Cara yang dapat dilakukan selanjutnya adalah dengan berkumur menggunakan air garam. Berkumur dengan air garam dapat membantu membunuh bakteri yang menyebabkan gigi berlubang. Garam mengandung suatu senyawa yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri melalui proses osmotik sehingga bakteri dapat mati. Tidak hanya itu, berkumur menggunakan air garam juga akan membantu dalam melepaskan sisa-sisa makanan yang ada di sela-sela gigi.

  1. Rutin menyikat gigi

Meskipun terasa sakit bukan berarti menjadi alasan untuk tidak menyikat gigi. Hal tersebut dapat membuat bakteri semakin berkembang dan rasa sakit akan semakin bertambah parah. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk tetap menjaga kebersihan gigi dengan menyikat gigi sebanyak dua kali sehari. Agar tidak menambah rasa sakit, gunakan sikat gigi yang memiliki bulu halus dan lembut.

  1. Konsumsi obat

Cara yang dapat dilakukan selanjutnya untuk mengatasi rasa sakit akibat gigi berlubang adalah dengan mengonsumsi obat-obatan. Ada banyak obat pereda rasa sakit pada gigi dijual di apotek. Cukup dengan menyampaikan keluhan ke apoteker, maka apoteker akan memberikan obat yang sesuai dengan kebutuhan lengkap dengan anjuran dosis dan anjuran pakaiannya.

  1. Periksa ke dokter gigi

Apabila semua cara dibatas tidak dapat meredakan rasa nyeri akibat gigi berlubang, sebaiknya segera periksakan ke dokter gigi. Dokter gigi akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut dan melakukan tindakan penanganan medis dengan menambal atau mencabut gigi sesuai dengan tingkat keparahan kerusakan pada gigi.

Bagaimanakah prosedur menambal gigi di dokter gigi?

Cara menambal gigi berlubang sendiri Bogor – Gigi yang mengalami kerusakan berlubang biasanya merupakan gigi belakang. Proses penambalan gigi berlubang kurang lebih memiliki tahapan yang sama dengan penambalan gigi depan akibat terdapat celah pada gigi. Hal yang membedakan adalah tingkat ketelitian akibat lokasi gigi belakang berada djauh di dalam rongga mulut dibandingkan gigi depan. Berikut adalah proses yang dilalui ketika menambal gigi berlubang.

  1. Pemeriksaan gigi berlubang

Proses pertama yang dilakukan dokter gigi adalah melakukan pengecekan pada kondisi gigi berlubang. Ketika melakukan pengecekan, dokter gigi akan membersihkan area gigi berlubang dari berbagai macam kotoran agar bakteri yang terdapat di dalam lubang bisa hilang. Hal tersebut bertujuan agar setelah ditambal, tidak terjadi karies sekunder atau lubang lanjutan akibat sisa bakteri. Pada tahap ini biasanya terasa nyeri dan ngilu karena dokter gigi menggunakan alat but gigi untuk membersihkan.

  1. Pemberian anestesi local

Ketika melakukan penambalan gigi berlubang, dokter gigi akan memberikan anestesi lokal untuk mematikan rasa pada sekitar gigi yang berlubang.

  1. Pengikisan gigi

Tahap selanjutnya adalah tahap pengikisan gigi. Dokter gigi akan mengikis gigi dengan menggunakan larutan asam. Tujuannya adalah untuk mempermudah bahan tambalan menempel pada gigi.

  1. Menambal gigi

Biasanya sebelum menambal gigi dokter akan mengisolasi bagian yang akan ditambal dengan sebuah perekat. Proses ini dilakukan untuk mencegah berbagai hal yang dapat mengganggu proses penambalan. Jika terdapat kotoran di sekitar akar, dokter gigi akan memasukkan lapisan yang terbuat dari resin komposit atau ionomer kaca. Penggunaan bahan tersebut dilakukan untuk melindungi saraf gigi agar tidak terinfeksi. Setelah itu, dokter akan mengisi gigi berlubang dengan tambalan.

  1. Menggosok gigi

Pada tahap terakhir dokter akan menggosok gigi yang sudah ditambal. Tujuannya untuk menghaluskan dan meratakan dengan gigi sekitar.

 

cara menambal gigi berlubang sendiri di bogor

cara menambal gigi berlubang sendiri di bogor

 

Apakah bisa menambal gigi sendiri? Bagaimana caranya?

Menambal gigi sendiri merupakan suatu kegiatan yang sebenarnya tidak dianjurkan. Menambal gigi harus ditangani dan dilakukan oleh dokter gigi profesional. Akan tetapi, saat ini banyak toko kesehatan yang menyediakan produk penambal gigi yang disebut temptooth. Cara pemasangan atau penggunaan temptooth sebagai berikut.

  1. Wajib sterilisasi dan bersihkan bagian gigi yang ingin dipasangkan temptooth agar sisa makanan dan kuman tidak bersarang.
  2. Keringkan bagian yang ingin dipasangkan temptooth dengan menggunakan tisu agar dapat merekat dengan baik. kondisi basah akan membuat temptooth sulit merekat.
  3. Siapkan air panas atau mendidih pada wadah secukupnya.
  4. Rendam temptooth pada wadah air panas hingga berubah menjadi bening.
  5. Setelah berubah menjadi bening, ambil temptooth, bulatkan, dan tempel pada bagian yang ingin dipasangkan. Bentuk gigi dan bandingkan dengan gigi sampingnya agar hasil maksimal. Pastikan saat pemasangan temptooth posisi sesuai dan merekat dengan baik agar nyaman dan aman saat digunakan.
  6. Selanjutnya, setelah gigi terbentuk masukan air es kedalam mulut. Diamkan dalam mulut beberapa menit sampai temptooth mengeras dan berubah seperti gigi asli.

Menambal gigi juga dapat dilakukan dengan kapas. Biasanya upaya ini dilakukan untuk meredakan rasa nyeri pada gigi berlubang. Caranya adalah dengan membasahi kapas dengan minyak angin, larutan garam, atau bahan pereda alami lainnya. Menutup lubang gigi dengan menggunakan kapas memang dapat meredakan gejala gigi berlubang, namun hal itu tidak menyelesaikan masalah gigi tersebut.

Kondisi gigi berlubang yang menimbulkan rasa sakit dan nyeri biasanya taraf kerusakan sudah mencapai lapisan dentin serta mendekati saraf gigi. Gigi akan terasa sakit dan nyeri ketika terkena makanan ataupun tekanan saat mengunyah.Menutup kapas dalam jangka waktu lama dapat mengakibatkan tertelannya kapas saat makan. Selain itu juga memungkinkan sisa makanan yang mengendap di lubang gigi, maka sisa makanan dapat menyebabkan kerusakan berlanjut ke lapisan saraf gigi. Dengan demikian, gigi akan semakin sakit.

 

Global Estetik Cabang Bogor di

Jl.KS Tubun No.19

Kelurahan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara,

Kota Bogor.16151,Sebelah Toko Herbal Nabawi (Persis diseberang Pintu Keluar Informa Bogor)

Telpon Klinik: 0857-7145-2584

https://wa.me/6285771452584

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00

Rute Google Maps

https://www.google.com/maps/dir//Jl.+K+S+Tubun+No.19,+RT.03%2FRW.02,+Cibuluh,+Kec.+Bogor+Utara,+Kota+Bogor,+Jawa+Barat+16151/@-6.5668256,106.8074394,17z/data=!4m8!4m7!1m0!1m5!1m1!1s0x2e69c4227acab565:0x6dc5a7b05f66cd66!2m2!1d106.8096281!2d-6.5668256

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik

Kotak Bogor – https://globalestetik.com/kota-bogor/

 

    Penulis oleh Drg. Arnof