Cara Ampuh Hindari Rongga pada Gigi – Pengobatan di Rumah

Cara Ampuh Hindari Rongga pada Gigi – Pengobatan di Rumah

Global Estetik – Rongga gigi, atau karies, adalah lubang kecil di permukaan gigi yang keras. Mereka disebabkan oleh bakteri pada permukaan gigi yang menciptakan asam dari gula. Pelakunya yang paling umum adalah bakteri yang dikenal sebagai Streptococcus mutans.

Bakteri membentuk film lengket yang dikenal sebagai plak. Asam dalam plak menghilangkan mineral dari (demineralize) enamel gigi anda – lapisan gigi yang sebagian besar terbuat dari kalsium dan fosfat. Erosi ini menyebabkan lubang kecil di enamel. Setelah kerusakan asam menyebar ke lapisan dentin di bawah enamel maka terbentuklah rongga.

Menyingkirkan Rongga pada Gigi di Rumah
Rongga pada Gigi- Global Estetik Dental Care
Rongga pada Gigi- Global Estetik Dental Care

Banyak perawatan di rumah didasarkan pada penelitian dari tahun 1930an yang menyarankan bahwa rongga disebabkan oleh kekurangan vitamin D dalam makanan. Dalam penelitian ini, anak-anak yang menambahkan vitamin D ke makanan mereka menunjukkan penurunan timbulnya rongga pada giig. Namun, mereka yang menambahkan vitamin D sambil juga mengeluarkan produk gandum dari makanan mereka memiliki hasil terbaik. Ini mungkin karena biji-bijian bisa menempel pada gigi.

Tidak mendapatkan cukup vitamin D bisa membuat gigi lebih rentan terhadap rongga, tapi sekarang kita mengerti bahwa ini hanya bagian dari teka-teki. Faktor risiko lain untuk gigi berlubang adalah:

  • Mulut kering atau memiliki kondisi medis yang mengurangi jumlah air liur di mulut
  • Mengonsumsi makanan yang menempel pada gigi, seperti permen dan makanan lengket
  • Sering ngemil pada makanan bergula atau minuman, seperti soda, sereal, dan es krim
  • Mulas (karena asam)
  • Pembersihan gigi tidak sempurna
  • waktu menyusui bayi

Begitu rongga telah menembus dentin, anda tidak akan bisa mengobatinya di rumah. Pengobatan di rumah berikut dapat membantu mencegah gigi berlubang atau mengobati “pra-rongga” dengan membuat remah-remah pada area email anda yang lemah sebelum rongga berkembang:

1. Permen bebas gula

Rongga pada Gigi- Global Estetik Dental Care
Rongga pada Gigi- Global Estetik Dental Care

Mengunyah permen karet bebas gula setelah makan telah ditunjukkan dalam uji klinis dapat membantu remineralisasi email. Gum mengandung xylitol telah diteliti secara ekstensif karena kemampuannya untuk merangsang aliran air liur, meningkatkan pH plak, dan mengurangi S. mutans, namun penelitian jangka panjang diperlukan.

Permen karet bebas gula yang mengandung senyawa yang disebut casein phosphopeptide-amorf fosfat kalsium (CPP-ACP) telah terbukti mengurangi S. mutans bahkan lebih dari permen karet yang mengandung xylitol. Anda bisa menemukan permen karet jenis ini di toko-toke sekitar anda.

2. Vitamin D

Vitamin D penting untuk membantu menyerap kalsium dan fosfat dari makanan yang anda makan. Studi menunjukkan adanya hubungan terbalik antara mengonsumsi makanan tinggi vitamin D dan kalsium, seperti yogurt, dan gigi berlubang pada anak kecil. Anda bisa mendapatkan vitamin D dari produk susu, seperti susu dan yogurt. Anda juga bisa mendapatkan vitamin D dari sengatan sinar matahari. Penelitian yang lebih baru telah menantang bagaimana vitamin D dapat mempengaruhi kesehatan gigi.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat