Cabut Gigi Bungsu Jakarta Selatan

Cabut gigi bungsu jakarta selatan

Cabut gigi bungsu jakarta selatan

Yuk Simak!

globalestetik.com – Gigi bungsu merupakan gigi geraham terakhir yang ada di paling belakang bagian gigi. Biasanya, gigi bungsu tumbuh terakhir setelah gigi permanen yang lain. Biasanya, kamu akan merasakan gigi ini erupsi sekitar usia 18 hingga 20 tahun. Tidak semua orang memiliki gigi bungsu ini. Pada beberapa orang ternyata tidak tumbuh sama sekali, karena gigi ini tumbuh paling akhir saat dewasa, gigi bungsu ini sering menimbulkan masalah. Masalah gigi bungsu sering muncul karena tulang rahang tidak lagi berkembang, sehingga tidak ada ruang untuk tumbuhnya gigi bungsu.

Cabut gigi bungsu jakarta selatan – Seperti disebutkan di atas, gigi bungsu dikenal sebagai penyebab banyak masalah bagi mereka yang menderitanya. Namun, gigi bungsu sangat penting dalam menyelaraskan gusi. Ketika gigi bungsu masuk, struktur gigi menjadi lengkap dan seimbang, yang sangat membantu dalam makan dan mengunyah lebih lancar dan merata.

Keseimbangan di sini berarti kamu dapat menggunakan semua geraham dari depan ke belakang hingga gigi bungsu untuk mengunyah secara bergantian. Seperti yang kamu ketahui, proses mengunyah makanan merupakan proses yang paling lama dibandingkan dengan tugas gigi seri atau gigi taring. Oleh karena itu, tanpa munculnya gigi geraham bungsu, geraham lainnya akan terkikis dan semakin dalam. Tentunya hal ini sangat bermanfaat untuk perawatan gigi jangka panjang.

Cabut gigi bungsu jakarta selatan – Sayangnya, karena gigi bungsu muncul paling akhir, seringkali menimbulkan rasa sakit. Pasalnya, susunan gusi di tulang rahang sudah diperbaiki dan tulang rahang tidak lagi didorong masuk untuk memberi ruang bagi gigi bungsu, sehingga menimbulkan rasa sakit atau perih. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jika gigi bungsu baru tumbuh sekitar 18-20 tahun, sedangkan gigi terakhir baru tumbuh sekitar 12 tahun, artinya susunan gigi dan gusi tidak banyak berubah.

Ciri-ciri Munculnya Gigi Bungsu

Cabut gigi bungsu jakarta selatan – Tumbuhnya gigi bungsu ini pasti akan membuat seseorang yang mengalami akan ada rasa tidak nyaman atau nyeri. Terdapat beberapa ciri-ciri munculnya gigi bungsu, diantaranya: 

  • Gusi iritasi

Kamu mungkin akan merasa iritasi di gusi bagian belakang tempat tumbuhnya gigi bungsu.

  • Sakit dan nyeri

Nyeri ini dirasakan di bagian belakang rahang

  • Bintik putih kecil

Bintik putih kecil ini muncul di belakang gigi geraham 

  • Kemerahan

Saat gigi mulai tumbuh, terlihat gusi berwarna merah muda gelap

Bahaya Gigi Bungsu

Cabut gigi bungsu jakarta selatan – Dalam banyak kasus, tulang rahang tidak cukup besar untuk menampung gigi, sehingga tidak dapat erupsi sepenuhnya, atau gigi tetap berada di bawah gusi atau di dalam tulang. Terjadinya impaksi dimana suatu keadaan dimana gigi mengalami hambatan dalam arah tumbuh/tumbuh dan tidak dapat mencapai posisi yang benar.

Diteorikan bahwa perkembangan rahang dan gigi cenderung maju sehingga jika ada sesuatu yang terhambat (infeksi, trauma, keropos atau kehilangan gigi susu sebelum waktunya), akan terjadi gigi. Sedangkan teori Mendel mengemukakan bahwa perkembangan rahang dan gigi dipengaruhi oleh faktor keturunan.

Tidak semua orang mempunyai bentuk gigi bungsu yang normal layaknya gigi lain. Kebanyakan orang mempunyai gigi bungsu yang tumbuh miring, atau bahkan tertanam di dalam tulang (impaksi gigi). Kondisi itu terkadang memperlukan perawatan khusus sampai pencabutan gigi. Apabila gigi bungsu yang tumbuh tidak normal didiamkan, akan terdapat macam-macam risiko gangguan kesehatan yang bisa terjadi.

Cabut gigi bungsu jakarta selatan – Berikut beberapa bahaya dari gigi bungsu yang tumbuh miring jika tidak dicabut:

  • Karies 

Karies dapat terjadi pada semua jenis gigi. Karies terjadi karena sisa makanan dan bakteri yang menempel pada permukaan gigi, sehingga semakin lama permukaan gigi dimakan oleh bakteri tersebut. Permukaan gigi memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap perkembangan karies. Jika permukaan lebih cenderung tersumbat oleh sisa-sisa makanan, risiko kerusakan gigi juga lebih tinggi. Keadaan ini membuat sisa makanan lebih mudah menempel dan lebih sulit  dibersihkan. Akibatnya, masalah karies dapat terjadi. 

  • Gingivitis 

Bahaya lain dari gigi miring adalah risiko terkena gingivitis atau radang gusi. Gingivitis disebabkan oleh karang gigi yang tidak dibersihkan sehingga menjadi infeksi antara gusi dan gigi. Gejala yang dapat terjadi akibat penyakit ini adalah gusi berdarah saat menyikat gigi. 

  • Perikoronitis 

Cabut gigi bungsu jakarta selatan – Perikoronitis adalah peradangan yang terjadi pada permukaan gigi. Tidak seperti gingivitis yang terjadi di leher antara gigi dan gusi, perikoronitis terjadi pada gusi yang menutupi permukaan gigi karena posisi pertumbuhan yang tidak sempurna. 

  • Infeksi 

Bakteri yang terkumpul di ujung akar menyebabkan infeksi bakteri. Infeksi tersebut terasa sangat tidak nyaman, bahkan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Jika kondisi ini tidak diobati, akan menyebabkan abses atau pembengkakan. 

  • Pusing 

Bahaya lain dari tidak mencabut gigi adalah pusing. Kondisi ini merupakan salah satu gejala khas ketika seseorang memiliki gigi bungsu yang miring. 

Cabut gigi bungsu jakarta selatan – Operasi gigi bungsu bisa dilakukan oleh dokter gigi atau ahli bedah mulut. Prosedur ini biasanya memakan waktu 20 menit atau lebih. Sebelum memulai prosedur, pasien menerima anestesi atau anestesi lokal di sekitar gigi. Untuk mencabut gigi bungsu, dokter menggerakkan gigi ke depan dan ke belakang untuk memperluas ruang gusi. 

Dalam kasus-kasus tertentu, sebelum pencabutan gigi bungsu, biasanya  dilakukan prosedur tambahan, di mana gigi dipecah menjadi bagian-bagian yang lebih kecil atau dibuat sayatan pada gusi untuk memudahkan pencabutan gigi bungsu. 

Tips Mengatasi Sakit Gigi Pasca Operasi Gigi bungsu 

Cabut gigi bungsu jakarta selatan – Setelah operasi gigi bungsu, biasanya  terjadi pembengkakan dan rasa sakit di sekitar mulut yang berlangsung sekitar 1-4 hari. Kamu dapat menggunakan obat pereda nyeri seperti parasetamol atau pereda nyeri yang diresepkan oleh dokter untuk meredakan nyeri. Jika pipi terasa bengkak atau lebam, kompres es atau perawatan khusus dapat digunakan sesuai petunjuk dokter. Jangan lupa untuk mengganti kain kasa di tempat gigi dicabut sesuai petunjuk dokter.

Setelah operasi gigi bungsu, biasanya ada beberapa hal yang harus dilakukan, antara lain: 

  • Istirahat
  • Menghindari aktivitas berat 
  • Tidak menyikat gigi, gunakanlah obat kumur selama 2 jam pertama setelah operasi gigi bungsu 
  • Makan hanya makanan bertekstur lembut, hindari makanan  panas atau pedas, banyak minum  air putih, jangan minum melalui sedotan, dan hindari alkohol, kafein, dan minuman berkarbonasi
  • Jangan merokok minimal 3 hari setelah operasi gigi bungsu 

Dimana kita mencabut gigi bungsu?

Cabut gigi bungsu jakarta selatan – Kamu bisa mencabut gigi bungsu di Puskesmas, Rumah Sakit, atau Klinik Gigi. Untuk wilayah Jakarta Selatan, kamu bisa datang ke klinik Global Estetik Dental Care. Sebelum cabut gigi, kamu bisa berkonsultasi terlebih dahulu tentang kondisi gigi dan kesehatanmu, jadi jangan ragu untuk cabut gigi bungsu yang bisa membahayakan diri kamu sendiri.

Konsultasikan kesehatan gigi Anda dengan dokter gigi yang berpengalaman. Jangan lupa kunjungi klinik kami untuk mendapatkan perawatan gigi yang optimal.

Global Estetik Cabang Jakarta Selatan di

Grand ITC Permata Hijau Lantai 1 Blok D9/B 

Jl. Arteri Permata Hijau, RT.11/RW.10, Grogol Utara, Kec. Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12210

( Sebelah Toko Emas Princess )

https://wa.me/6285813313640

Telpon Klinik :  085813313640

Buka senin s/d minggu

Jam 10.00 – 20.00

Rute GMaps: https://www.google.co.id/maps/dir/-6.3910531,106.8296376/global+estetik+itc+permata+hijau/@-6.3076677,106.7219183,12z/data=!3m1!4b1!4m9!4m8!1m1!4e1!1m5!1m1!1s0x2e69f13fe789eabb:0x66059b13fa2076e5!2m2!1d106.7834065!2d6.2205372

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik 

Temukan saya di Google Maps! https://maps.app.goo.gl/wJzC2AXd9KbjWLGO2

 

Penulis oleh Drg Arnof