Cabut Gigi Bungsu Depok

Cabut gigi bungsu depok

Cabut gigi bungsu depok

 

Cabut Gigi Bungsu Depok

Bagaimana Penjelasan Mengenai Gigi

Cabut gigi bungsu depok – Gigi merupakan salah satu bagian dari tubuh manusia yang sangat unik. Mempunyai struktur yang keras menyerupai tulang, namun bedanya gigi tidak dibalut dengan kulit. Letak gigi sendiri berada di dalam mulut dan perlu tumbuh panjang untuk pertumbuhannya. Saat anak lahir, gigi tidak langsung muncul begitu saja. Anak akan melalui fase dalam memproses makanan tanpa gigi terlebih dahulu. Gigi sendiri juga tidak langsung tumbuh secara menetap. Awalnya saat masih bayi yang tumbuh adalah gigi susu, baru seiring bertambahnya umur gigi susu akan berganti dengan gigi permanen. Gigi permanen mulai tumbuh di sekitar umur 6 tahun sampai 12 tahun. Apabila dilihat dari jenisnya, ada gigi seri, premolar, gigi taring, gigi geraham, dan gigi geraham bungsu. Sekian banyak jenis gigi, gigi geraham bungsulah yang paling sering dikeluhkan pertumbuhanya.tidak sedikit orang yang mengatakan rasanya sangat sakit dan nyeri saat gigi bungsu tumbuh. Mari kita mengenal lebih jauh mengenai gigi geraham bungsu.

Perbedaan Gigi Geraham dan Gigi Geraham Bungsu

Operasi gigi bungsu di depok – Pada dasarnya, gigi geraham merupakan gigi yang mempunyai fungsi untuk mengunyah makanan. Hal ini dilakukan secara bekerja sama dengan premolar. Tumbuh pada saat kamu berumur 12 tahun sampai 28 tahun, total gigi geraham sendiri berjumlah sebanyak 8 buah.

Cabut gigi bungsu depok – Berbeda dengan gigi geraham, gigi geraham bungsu dapat tumbuh atau justru tidak sama sekali. Posisinya gigi geraham bungsu berada setelah gigi geraham atau paling belakang. Gigi ini dapat muncul saat umurmu mulai menginjak belasan atau dua puluhan tahun. Dan tak jarang ketika tumbuh, akan menyebabkan sakit dan nyeri yang luar biasa karena posisinya mendesak gigi lain. Tindakan yang biasanya diambil oleh dokter gigi adalah dengan cabut gigi geraham bungsu tersebut.

Cara Mengatasi Persoalan yang Timbul karena Gigi Geraham Bungsu

Cabut gigi depok – Cara yang paling tepat untuk mengatasi berbagai permasalahan yang timbul karena gigi geraham bungsu, yaitu dengan berkonsultasi dengan dokter gigi anda. Jika sudah menyangkut gigi bungsu tidak ada penanganan yang lebih baik, selain dari rekomendasi dokter gigi itu sendiri. Hal ini dikarenakan setiap individu mempunyai kondisi kesehatan mulut dan gigi yang berebdeda-beda, sehingga dibutuhkan tindakan terapi yang berbeda pula. Meskipun demikian, untuk beberapa kasus yang terbilang umum, penanganan tertentu biasanya akan menjadi pilihan. Salah satu contohnya, yaitu jika terjadi impaksi pada gigi geraham bungsu, sehingga mengganggu geraham yang di sebelahnya, dokter gigi biasanya akan memberikan saran untuk mencabut si gigi geraham bungsu tersebut. kenyataanya mencabut gigi geraham bungsu biasanya tidak semudah saat mencabut gigi lainnya. Posisi geraham bungsu yang berada di bagian mulut paling belakang dan terkadang belum muncul atau tumbuh seutuhnya atau masih terbenam di gusi, hal tersebut akan menyulitkan proses pencabutan gigi seperti gigi biasa. Jika hal ini terjadi, maka opsi yang dapat dipilih biasanya mengambil tindakan melalui operasi kecil pencabutan gigi geraham.

Cabut gigi bungsu depok – Apabila gigi geraham patah dalam keadaan sudah muncul seutuhnya dan tidak terbenam di gusi, kemungkinan anda mempunyai opsi yang lebih baik serta berkesempatan untuk menyambungkan kembali gigi yang patah. Caranya, yaitu segeralah rendam patahan gigi di dalam segelas air susu, kemudian langkah selanjutnya bawa ke dokter gigi. Kemungkinan besar, dokter akan bisa menyambungnya kembali. Pada intinya konsultasi dengan dokter adalah langkah prioritas yang harus dilakukan paling awal jika mengalami permasalahan dengan gigi geraham bungsu.

Kondisi yang Diperlukan Pencabutan Gigi

a. Saraf Mati pada Gigi Berlubang

Infeksi bakteri adalah penyebab dari terjadinya kondisi gigi berlubang. Jika tidak cepat segera untuk ditangani, infeksi ini bisa melebar hingga ke lapisan gigi yang paling dalam,  yaitu saraf. Hal ini bisa menyebabkan terjadinya kematian pada saraf gigi. Jika semakin parah dan tidak bisa lagi untuk dirawat melalui perawatan saluran akar, pencabutan gigi ini akan menjadi jalan terbaik yang harus dilakukan.

b. Gigi Tidak Beraturan

Susunan gigi seringkali tidak beraturan ini disebabkan oleh adanya keterbatasan ruang di dalam rahang untuk menampung semua gigi yang ada. saat menjumpai masalah seperti ini, seorang dokter gigi biasanya akan memberikan anjuran untuk melakukan pencabutan gigi serta untuk dipasangkan kawat gigi agar menjadi lebih rapi. Dilakukannya cabut gigi ini bertujuan supaya rahang nentinya bisa memiliki banyak ruang untuk bergeser, sehingga kawat gigi bisa terpasang. Sehingga pada kahirnya permasalahan susunan gigi yang tidak beraturan ini pun akan bisa teratasi.

c. Risiko Terinfeksi

Ada sebuah kondisi yang membuat seseorang begitu rentan terhadap infeksi. Contohnya saja ketika menjalani sebuah pengobatan kemoterapi atau setelah transplantasi organ. Karenanya, supaya terhindar dari risiko terinfeksi pada gigi berlubang, dilakukanlah proses pencabutan gigi.

d. Penyakit Gusi yang Parah

Radang jaringan pada pendukung gigi dapat membuat kerusakan jaringan di sekitar gigi dan juga tulang penunjangnya. Apabila dibiarkan secara terus-menerus, gigi dapat menjadi goyang sehingga tidak bisa melakukan sebagaimana fungsinya dengan normal. Kalau sudah begini khasusnya, pencabutan gigi merupakan cara yang paling benar.

Keempat alasan di atas dapat menjadi yang paling utama ketika seseorang memerlukan tindakan cabut gigi. Akan tetapi, ada juga kondisi lainnya yang memerlukan cabut gigi seperti yang akan dijelaskan di bawah ini :

  • Gigi patah sampai ke akar dan sarafnya mati akibat dari benturan atau trauma.
  • Supernumerary teeth atau sebuah kondisi jumlah gigi yang melebihi dari kondisi normalnya.
  • Kesulitan ekonomi tidak untuk menjangkau perawatan lainnya.
  • Penyakit infeksi akut pada rongga mulut, seperti abses yang bersumber pada gigi.

Mengatasi Keluhan Pascaoperasi Gigi Bungsu

Cabut gigi bungsu depok – Setelah melewati proses operasi pencabutan gigi bungsu, ada beberapa hal yang mungkin terjadi, misalnya:

  • Perdarahan kemungkinan masih dapat terjadi. Oleh karena itu, hindari untuk meludah berlebihan. Jangan lupa untuk rajin mengganti kasa seperti yang sudah diarahkan oleh dokter gigi.
  • Apabila rasa sakit masih terjadi, gunakan es batu untuk mengurangi rasa sakitnya.
  • Banyak minum air putih serta hindari penggunaan sedotan pada saat minum karena dapat menyebabkan gumpalan darah kembali keluar. Pastikan hanya minum air putih saja.
  • Bersihkan mulut dengan cara berkumur menggunakan obat kumur, hindari menggosok gigi pada 24 jam pertama.
  • Pilihlah makanan yang cukup lembut seperti yogurt dan bubur selama 24 jam. Hindari makanan yang keras untuk dikunyah, panas, dan pedas karena akan dapat menyebabkan iritasi.
  • Biasanya setelah pencabutan gigi bungsu, perawatan untuk gigi hanya rawat jalan. Operasi gigi bungsu tidak memerlukan rawat inap. Tetapi pada beberapa kasus mungkin saja rawat inap diperlukan, apabila proses pencabutan gigi bungsu cukup rumit. Terpenting adalah perhatikan selalu kesehatan gigi dan mulut pasca operaso gigi bungsu dilakukan.

 

Global Estetik Cabang Depok di

Gedung ITC Depok Lantai Mezanine No.1 ( Persis di Sebelah Samsat ITC Depok Di Dalam Gedung ITC nya yaa.. )

Telpon Klinik: 021 2931 8795 

https://wa.me/6285775569694 

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00

Rute Gmaps : 

https://www.google.co.id/maps/dir/-6.3910531,106.8296376/global+estetik+itc+depok/@-6.3926825,106.8217773,16z/data=!3m1!4b1!4m9!4m8!1m1!4e1!1m5!1m1!1s0x2e69ebe1acdf3707:0x44a5e05c694dad46!2m2!1d106.8226318!2d-6.3926372 

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik 

Kotak Depok – https://globalestetik.com/kota-depok/

 

Penulis oleh Drg. Arnof

 

.