Bunda Hati-hati! Kalau Tidak Dijaga, Dot Bisa Banyak Bakterinya Lho!

klinik gigi bandung Cara Merangsang Gigi Bayi

Bunda Hati-hati! Kalau Tidak Dijaga, Dot Bisa Banyak Bakterinya Lho!

Global Estetik -Kita telah sama-sama menyaksikan kekuatan magis dari dot yang kini tidak lagi dapat disangkal untuk dapat menenangkan bayi yang sedang dalam kesusahan atau bahkan bagi anak-anak kecil yang sedang  di tengah-tengah amukan mereka. Tetapi ada satu fakta tentang dot yang harus diketahui oleh setiap orang tua diluar sana.

Selain dari masalah yang akan berdampakan pada proses pembentukan gigi anak Anda, para ilmuwan telah melaporkan bahwa di bawah mikroskop, sejumlah besar bakteri, jamur, dan virus penyebab penyakit sebenarnya kerap menggunakan dot  – yang telah digunakan lama dan tidak dibersihkan dengan sempurna  – sebagai rumah mereka. Bukan hal yang aneh bagi orang tua untuk memasukkan dot kembali ke mulut bayi mereka setelah dijatuhkan ke lantai dan sebenarnya disinilah letak utama masalahnya.

R. Thomas Glass dan tim penelitinya dari Oklahoma State University melakukan penelitian kecil terhadap tujuh dot baru dan sepuluh dot bekas yang diambil dari bayi yang sehat. Meskipun semuanya tampak hampir bersih, lima dari dot yang digunakan sedikit terkontaminasi, dan lima lainnya sangat terkontaminasi dengan Staphylococcus aureus, Klebsiella pneumonia, dan jamur. Secara total, para peneliti telah menemukan lebih dari 40 spesies bakteri yang berbeda pada tiap dot-nya.

“Dot tersebut mungkin terlihat kokoh di tangan Anda,” kata Dr. Glass. Tetapi ketika kita melihatnya di bawah mikroskop elektron pemindaian, bentuknya tampak seperti spons. ”

Sejauh ini tidak ada penelitian lain yang dapat membuktikan bahwa dot yang kotor benar-benar dapat menyebabkan penyakit yang sebenarnya, tetapi para ahli gizi dan tumbuh kembang anak telah sepakat bahwa para orang harus mengganti dot setiap bulannya.

“Mengganti dot bagi Anda setiap dua minggu adalah alternatif dan obat paling murah untuk menghindari masalah ini,” tambah Dr. Glass.

Meski tidak ada penjelasan yang lebih jauh dari penelitian ini dan skala penelitiannya yang mungkin terlihat terlalu kecil namun fakta potensi bahaya yang disimpan oleh dot tidak dapat dibiarkan begitu saja. Sebagai orang tua, Anda pasti menginginkan yang terbaik dan seperti pepatah mengatakan “mencegah lebih baik daripada mengobati” maka mengganti dot secara berkala adalah opsi terbaik bagi para orang tua.

Tags:

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat