Bruxism 101: Kok Saya Menggertakkan Gigi Pas Siang Ya?

klinik gigi depok

Bruxism 101: Kok Saya Menggertakkan Gigi Pas Siang Ya?

Global Estetik – Beberapa orang hanya menggertakkan gigi pada malam hari, tetapi mereka masih cenderung untuk menggerakkan rahang sedikit dari sisi ke sisi atau depan ke belakang – dan berakhir dengan penekanan gigi ke bawah. Saat gigi digertakkan dan menjadi rata, mereka dapat mulai terlihat tidak sedap dipandang.

Gigi belakang mungkin mulai saling memukul ketika gigi depan menyusut. Gigi semakin pendek, mudah patah, menjadi longgar – dan senyum indah Anda bisa saja hilang. Sendi rahang benar-benar mendapatkan tekanan kala pasien memiliki bruxism . Ligamen di dalam dan sekitar TMJ dapat rusak karena daerah sekitarnya meradang. Hasilnya adalah rasa sakit yang kadang-kadang terasa akut.

Anda bahkan bisa mendapatkan sakit telinga dari tekanan luar biasa yang diberikan pada area ini. Telinga bagian dalam hanya dipisahkan dari TMJ dalam skala milimeter. Jadi jika area tersebut meradang dan sakit, telinga bagian dalam bisa ikut kesakitan juga.

Faktanya, beberapa dokter gigi dan spesialis telinga, hidung dan tenggorokan percaya bahwa menggertakkan gigi dapat menyebabkan tinitus, atau dering di telinga. Dalam kasus yang jarang terjadi, bruxism juga dapat menyebabkan kerusakan parah pada seluruh sendir TMJ. Dokter gigi menyebutnya disfungsi sendi temporomandibular (TMD).

Awal Mula Kondisi Misterius Ini

Jadi mengapa orang menggertakkan giginya di malam hari? Jawaban singkatnya adalah “tidak ada yang tahu.” Beberapa dokter gigi terkemuka telah menyarankan berbagai alasan yang mungkin untuk masalah ini termasuk gigi yang tidak selaras, tekanan besar atau hanya kebiasaan yang terbentuk selama bertahun-tahun.

Pada tingkat tertentu, pasti ada sesuatu yang memuaskan tentang hal itu. Dokter gigi yang berspesialisasi dalam merawat anak-anak (disebut pedodontists) telah melaporkan bahwa mayoritas anak-anak di bawah usia 6 tahun menggertakkan gigi susu mereka. Dan sepertinya sangat tidak mungkin sebagian besar anak berusia 5 tahun menderita stres, bukan?

Mungkin beberapa orang dewasa hanya mempertahankan kebiasaan ini dari masa muda mereka? Apa pun alasannya, jika Anda menggertakkan gigi, Anda perlu bantuan untuk berhenti melakukannya.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat