Bruxism 101: Cara Menghentikan Kebiasaan Menggertakkan Gigi

klinik gigi jakarta

Bruxism 101: Cara Menghentikan Kebiasaan Menggertakkan Gigi

Global Estetik – Sebelum melakukan hal lain, Anda harus mempelajari teknik sederhana: Pertemukan bibir dan pisahkan gigi. Gerakan ini adalah postur optimal untuk menjaga rahang Anda tetap rileks. Ketika mulut Anda tertutup, gigi atas dan bawah Anda harus terbuka, dengan lidah Anda sedikit ke depan di antara mereka.

Keadaan ini akan mencegah Anda untuk menggertakkan gigi di siang hari – dan, jika beruntung, Anda akan mengurangi kebiasaan itu saat Anda tertidur. Setiap orang harus tahu dan menggunakan teknik ini, terserah apakah mereka menggertakkan gigi mereka atau tidak.

Tetapi Anda masih membutuhkan bantuan dari pihak yang lebih profesional. Ada berbagai aliran pemikiran tentang perawatan dalma masalah bruxism, jadi berhati-hatilah dalam memilih seseorang untuk membantu Anda. Mulailah dengan berbicara dengan dokter gigi Anda.

dokter gigi depokTanyakan dahulu tentang pelatihan atau keahlian mereka dalam perawatan bruxism. Jika Anda puas, buatlah jadwal untuk berkonsultasi. Jika tidak, hubungi ahli periodonta lokal (spesialis penyakit gusi) atau minta teman dan tetangga Anda untuk merekomendasikannya.

Ingat! Perawatan untuk bruxism harus sesuai dengan tingkat gejala Anda. Misalnya, jika Anda hanya memiliki beberapa gigi depan yang sedikit aus atau terkelupas, Anda tidak perlu mengikuti CT scan TMJ Anda, yang kadang-kadang dilakukan untuk menyingkirkan masalah serius.

Perawatan Bruxisme yang Paling Umum Dilakukan

Dokter gigi Anda mungkin akan merekomendasikan pelindung gigi yang dipasang khusus di gigi atas.  Biasanya pelindung gigi ini memiliki permukaan datar dan halus di belakang sehingga tidak ada area bebas untuk digertakkan.

Beberapa dokter gigi mungkin akan menyarankan jenis pelindung mulut yang hanya memungkinkan gigi depan bersatu, dengan gigi belakang tetap terpisah – atau, dalam kasus yang parah, peralatan ganda untuk gigi atas dan bawah.

Dokter gigi Anda akan membuat tayangan gigi Anda, tetapi pelindung gigi itu sendiri biasanya dibuat di laboratorium. Alat ini harus duduk dengan nyaman, dan akan dapat bertahan selama 2-4 tahun.

Tapi apakah pelingdung gigi akan menghentikan Anda dari menggertakkan gigi Anda pada permukaan plastiknya? Mungkin. Pelindung gigi yang dibuat dengan benar akan memprogram ulang otot dan jalur saraf.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat