Bonding Gigi dan Durasi Perawatannya

dokter gigi jakarta karet behel motif

Bonding Gigi dan Durasi Perawatannya

Global Estetik – Proses pemasangan kawat gigi ke gigi telah berubah secara signifikan dalam 30 tahun terakhir. Hal ini terutama disebabkan oleh pengenalan bahan dan metode yang memungkinkan ikatan yang efektif dari kawat gigi langsung ke enamel gigi Anda. Saat ini ada dua metode penempatan behel pada gigi.

  • Bonding tidak langsung adalah metode penembaatan bracket pada kawat gigi ke gigi sedemikian rupa sehingga seluruh rangkaian kawat gigi dapat diterapkan
  • Bonding langsung adalah metode di mana kawat gigi ditempatkan pada masing-masing gigi, satu per satu.

Kedua teknik memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun, hari ini kita akan fokus pada teknik bonding langsung yang merupakan metode yang paling umum digunakan di kalangan dokter gigi. Sebagian besar dokter gigi ortodontis menghindari bonding lengkung atas dan bawah pada jadwal yang sama untuk memperkenalkan kawat gigi kepada pasien secara bertahap. Seluruh proses memasang bracket dan menempatkan kabel lengkung dapat memakan waktu sekitar 15-30 menit.

Penempatan bracket telah kami break dalam proses langkah demi langkah dibawah ini:

  1. Gigi dipoles dengan pasta tanpa rasa untuk memastikan bahwa bracket akan mengikat dengan benar, setelah itu dikeringkan dengan udara.
  2. Retractor pipi digunakan untuk menjaga gigi tetap terlihat dan kering selama prosedur berlangsung.
  3. Gigi dikeringkan dengan udara ringan, dan kondisioner (gel biru) ditempatkan pada permukaan depan gigi selama sekitar 30 detik. Rasa gel ini bisa sedikit asam dan pahit.
  4. Kondisioner dibilas dan gigi dikeringkan kembali menggunakan pengisapan dan udara.
  5. Primer perekat diletakkan pada gigi untuk meningkatkan proses ikatan dan di treatment dengan lampu LED biru.
  6. Akhirnya, semen ikatan ditempatkan di sisi belakang kawat gigi, yang kemudian ditempatkan pada gigi.
  7. Bracket ditempatkan pada posisi yang tepat pada gigi, dan semen yang melekat akan dilepas. Jika semen ikatan sensitif terhadap cahaya, lampu biru LED akan digunakan untuk mengatur media tersebut. Beberapa agen pengikat tidak membutuhkan cahaya karena mereka memiliki bahan kimia.
  8. Retractor pipi dilepas dan kabel ditempatkan.

Penempatan Cincin

Banyak ortodontis masih akan menempatkan band (cincin) di geraham belakang. Keuntungan daari menggunakan pita molar ini termasuk peningkatan stabilitas perlekatan pada gigi besar di bagian mulut yang sangat aktif. Mereka juga menyediakan lampiran tambahan di sisi lidah, serta tube untuk headgear dan peralatan lainnya.

Tags:

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat